Mengenal Fenomena FOPO dan Cara Menghindarinya

Bicara mengenai social media, memang tidak pernah ada habisnya ya, Smart Viewers. Melalui social media, banyak sekali informasi-informasi terbaru yang bisa didapat penggunanya. Banyak juga istilah-istilah yang tak jarang viral hingga mendunia. Akhir-akhir ini, istilah FOPO juga sedang banyak dibicarakan di dunia social media.

Lalu, apa sih FOPO sebenarnya? FOPO sendiri merupakan singkatan dari Fear of People’s Opinions yang merupakan rasa takut terhadap pendapat orang lain. Dilansir melalui laman Kompas.com, menurut Michael Gervais yang merupakan seorang Psikolog dari Los Angeles mengemukakan pernyataan, bahwa pendapat dari seseorang memang penting dan dapat berdampak signifikan terhadap jalan hidup seseorang. Namun, Michael juga menambahkan bahwa FOPO juga dapat membatasi potensi seseorang karena menghalangi sesuatu yang penting dari orang tersebut.

Meskipun mendengarkan nasihat dari orang lain adalah hal yang penting, namun beberapa orang memiliki ketakutan yang berlebih terhadap opini dari publik. Agar tidak terjebak dalam FOPO, di bawah ini BINUS TV akan merangkum beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari FOPO!

Cara Menghindari FOPO

Smart Viewers, sangat penting bagi seseorang untuk membuat pilihan yang tepat dalam suatu kondisi terhadap suatu keputusan, terutama untuk kepentingan diri sendiri. Namun, terkadang pendapat dan opini-opini orang lain kerap kali menghantui kita atau bahkan membuat kita tidak percaya diri dengan keputusan yang akan kita buat. Untuk menghindari sikap FOPO atau khawatir berlebih terhadap pendapat orang lain, berikut rekomendasi langkah-langkah yang dapat dilakukan:

1. Fokus dalam Pengendalian Diri

Perlu diingat bahwa kendali penuh terhadap segala kondisi atau hal-hal yang terjadi di dalam hidup kita adalah tanggung jawab kita sendiri. Kamu harus menyadari bahwa pendapat orang lain tidak dapat mengendalikan dirimu, apalagi kehidupanmu. Ketika seseorang memberikan pendapat atau opininya, kamu harus tetap fokus dalam mengendalikan respon yang baik terhadap pendapatnya, termasuk respon pikiran, tindakan, dan sikap.

2. Perjelas Prinsip Diri

Jika seseorang sudah fokus dalam mengendalikan dirinya terhadap pendapat orang lain, selanjutnya adalah memperjelas prinsip-prinsip yang telah kita punya untuk hidup kita sendiri. Jika prinsip-prinsip dalam hidupmu sudan jelas, maka saran apapun dari orang lain hanya akan menjadi kesempatan atau suatu cara pandang yang lain yang bisa kamu pertimbangkan, bukan hal yang menentukan langkah final untuk membuat suatu keputusan dalam hidupmu. Dalam memperjelas prinsip diri, kamu juga bisa mengambil referensi terhadap orang-orang yang menginspirasimu dalam menjalani hidup, sehingga dapat memperkuat prinsipmu.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri dalam diri seseorang adalah suatu hal yang sangat penting, terlebih untuk menjalani kehidupan. Jika seseorang memiliki kepercayaan diri yang rendah, maka segala pendapat atau opini dari orang lain akan sangat menganggu bagi kehidupan kita, bahkan dapat menimbulkan perasaan cemas, malu, khawatir, dan tidak ada harapan. Maka dari itu, sebagi seorang manusia, kita wajib membangun dan terus menumbuhkan rasa percaya diri untuk menjadi pribadi yang utuh dan mandiri dalam menjalani hidup. Energi percaya diri yang telah dibangun tersebut akan menjadikan kita untuk tidak akan mudah memiliki rasa cemas terhadap pendapat-pendapat orang sekitar.

Nah Smart Viewers, itulah tadi penjelasan mengenai FOPO dan cara menghindarinya. Pada intinya, orang lain memang bebas untuk berpendapat, namun kamu sendiri yang memiliki kendali penuh untuk kehidupanmu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang pendapat orang lain tentang kamu, terlebih untuk keputusan yang akan kamu ambil untuk hidupmu sendiri.

Anis Sahara