Makanan-makanan yang Tangkal Bau Badan

Smart Viewers, saat berbicara mengenai bau badan, pasti salah solusi yang terlintas dalam kepala kita adalah deodorant, perfume, atau body mist. Masalah bau badan memang terbilang cukup harus ditanggapi secara serius, ya. Kita harus menghindari segala sesuatu yang dapat memicu bau badan semakin parah, agar tidak mengganggu diri sendiri dan orang lain.

Bahkan, berdasarkan kutipan Well and Good, seorang ahli diet bernama Jenny Beth Kroplin menyatakan bahwa setidaknya terdapat lima jenis makanan yang dapat memicu bau badan. Diantaranya adalah sayuran yang mengandung allium (bawang putih, bawang bombay, bawang merah, dan daun bawang), asparagus, sayuran kubis dan kembang kol, rempah-rempah yang beraroma tajam, dan daging merah.

Selain beberapa makanan yang dapat memicu bau badan, teryata ada juga asupan-asupan makanan yang bisa mengatasi bau badan loh, Smart Viewers. Kira-kira apa saja, ya? Simak artikel di bawah ini, yuk!

Makanan Penghilang Bau Badan

Di kutip dari beberapa sumber, di bawah ini BINUS TV merangkum makanan-makanan yang dapat menghilangkan bau badan. Kamu bisa mencobanya untuk menyeimbangkan asupan tubuhmu agar terhindar dari bau badan.

  1. Buah-buahan Sitrus

Berdasarkan kutipan dari Be Beautiful yang menyebutkan bahwa, buah-buahan sitrus, seperti jeruk mampu mendorong aliran air, sehingga mengurangi akumulasi racun pada tubuh. Hal ini dapat membatasi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Selain jeruk, mengonsumsi lemon dapat mengusir bau badan. Kamu bisa membuat air lemon hangat atau jus jeruk untuk menyegarkan kembali tubuhmu.

  1. Makanan Tinggi Serat

Dikutip dari laman LifeHack, kacang polong, lentil, buncis, biji-bijian, wortel, atau makanan yang mengandung serat, dapat mengurangi bau tak sedap pada tubuh kita. Makanan-makanan yang kaya akan serat ini dapat melancarkan pencernaan, sehingga membuat senyawa yang berbau dalam makanan yang kita konsumsi dapat diproses lebih cepat serta nantinya akan lebih sedikit yang dikeluarkan melalui keringat.

  1. Sayuran Hijau

Sayur-sayuran yang berwarna hijau mengandung klorofil yang dipercaya dapat menetralkan senyawa yang menyebabkan bau di dalam tubuh. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sayuran berwarna hijau mengandung begitu banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bahkan dalam sebuah penelitian yang berjudul “Evolution and Human Behavior Journal” menyatakan bahwa seorang pria yang mengonsumsi makanan yang berbahan dasar sayur dan buah-buahan memiliki aroma tubuh yang baik. Kamu dapat mengonsumsi kale, bayam, dan selada air yang mengandung klorofil tingkat tinggi.

  1. Minuman Herbal

Selain makanan, minuman-minuman juga mampu menghalau bau tidak sedap. Salah satu minuman yang dapat dijadikan alternatif adalah minuman yang berbahan herbal. Minuman berbahan herbal ini memiliki kandungan anti bakteri yang menghentikan pertumbuhan bakteri pada tubuh. Minuman herbal yang dapat dikonsumsi diantaranya adalah teh herbal yang dibuat dari peppermint atau jasmine. Dengan meminum teh berbahan herbal, tidak akan ada lagi racun dan zat berbahaya dalam sistem pencernaan.

  1. Kayu Manis

Kayu manis dikenal sebagai bahan makanan yang efektif yang dapat menyegarkan nafas karena minyak atsiri yang terkandung di dalamnya membantu mengurangi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Selain bau mulut, kayu manis juga dapat menghilangkan bau yang tidak sedap pada tubuh manusia. Cara mengonsumsinyapun mudah, diantaranya adalah dengan membuat the, merendam sebatang kayu manis berukuran sedang, dan masak selama 10 menit. Dengan mengonsumsi ini, kamu dapat menghilangkan bau badan sekaligus melancarkan pencernaan. Kamu juga dapat menggunakan ramuan ini sebagai obat kumur untuk menghilangkan bau mulut.

  1. Tomat

Makanan selanjutnya yang cukup ampuh dalam mengatasi bau badan adalah tomat. Tomat yang bersifat antibakteri dan antiseptik alami, membantu mengurangi bakteri penyebab bau badan. Astrigen alami pada tomat juga membantu mengecilkan pori-pori dan mampu menyumbat saluran yang mengeluarkan keringat pada tubuh. Hal inilah yang membuat tomat mampu mengontrol keringat berlebih pada tuubuh manusia.

  1. Jamur Kancing

Siapa sangka bahwa jamur kancing atau jamur champignon  ternyata dapat menghilangkan bau badan. Ini dibuktikan dalam “Journal of Traditional and Complementary Medicine” yang meneliti terhadap efek yang diberikan saat kita mengonsumsi jamur kancing dapat mempengaruhi bau badan, bau mulut, bahkan feses pada manusia.

  1. Makanan Mengandung Zinc

Makanan yang mengandung zinc juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bakteri pemicu bau badan. Makanan-makanan yang kaya akan zinc diantaranya adalah makanan laut (kerang, lobster, dan kepiting), kacang-kacangan, gandum utuh, produk olahan susu (yoghurt, kefir, dan susu). Zinc yang memang telah ada alami dari makanan-makanan, biasanya zinc juga ditambahkan ke dalam produk deodorant yang dipakai untuk mencegah bau badan.

Smart Viewers , itulah tadi beberapa makanan yang bisa dijadikan rekomendasi serta bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa melakukan beragam cara lainnya, seperti mandi secara teratur menggunakan sabun, memakai deodorant, ataupun memakai wewangian tubuh lainnya. Selamat mencoba ya, Smart Viewers!

Anis Sahara