Bukan Hanya di Hubungan Kekasih, Red Flag dapat Terdeteksi di Hubungan Pertemanan

Smart Viewers pasti sudah tidak asing lagi dengan kata Red Flag, kan? Terlebih di jaman sekarang, kata-kata Red Flag sudah banyak sekali di temui di media sosial. Tapi, apakah kamu tahu apa arti sebenarnya tentang Red Flag?

Red Flag sendiri merupakan istilah dari suatu tanda peringatan yang buruk atau “warning sign” terhadap suatu hubungan. Jika dalam suatu hubungan sudah terlihat atau terasa Red Flag, maka berarti hubungan tersebut tentu tidak baik untuk dilanjutkan.

Konsep Red Flag yang kerap kali dikaitkan dengan suatu hubungan yang romantis, baik hubungan sepasang kekasih atau pernikahan ini, nyatanya bukan hanya berlaku di hubungan romantis saja. Ternyata, Red Flag juga hadir di hubungan pertemanan.

Red Flag dalam suatu hubungan pertemanan memang jarang sekali dibahas atau dketahui. Lalu sebenarnya, bagaimana tanda-tanda hubungan pertemanan atau persahabatanmu dapat dikatakan Red Flag? Yuk, simak artikel yang BINUS TV rangkum terkait Red Flag yang terdapat di hubungan persahabatan.

Tanda-tanda Red Flag dalam Hubungan Pertemanan

Pasti kalian setuju kan bahwa tidak semua hubungan pertemanan dapat memberikan dampak yang positif bagi kehidupan kita? Maka dari itu, kita harus pandai-pandai dalam memilih siapa saja orang-orang yang “worth” untuk menetap di hidup kita sebagai teman. Karena, tak jarang kita tidak menyadari bahwa ikatan pertemanan kita ternyata memiliki Red Flag yang berdampak negatif, loh!

  1. Tidak Berbahagia Mendengar Kabar Baik Darimu

Keadaan ini dimana saat kamu memberikan suatu kabar baik tentangmu, namun kamu mendapatkan respon yang kurang baik dari temanmu. Jika temanmu tidak turut excited atau berbahagia dengan kabar baikmu, bisa jadi ada kecemburuan yang menyelimuti hatinya pada kamu. Bahkan mungkin, ada hal-hal dalam kebahagiaanmu yang dianggap sebagai kompetisi baginya. Jadi, dia tidak ingin kamu lebih unggul dibanding dirinya. Jika ini terjadi, berarti hubungan pertemananmu tidak sehat. Karena dalam hubungan pertemanan, rasa kecemburuan atau kompetisi bukan lah hal yang baik. Sahabat yang sesungguhnya akan selalu mendukung akan apapun yang membuatmu bahagia.

  1. Hubungan Terasa Sepihak

Coba kamu pikirkan, apakah ada seorang temanmu yang hanya menghubungi kamu ketika ia butuh bantuan? Jika iya, maka itu pertanda pertemananmu dalam kondisi yang Red Flag. Karena dalam suatu persahabatan yang baik, kalian akan selalu saling terhubung. Kalian juga akan saling bertukar cerita tentang kejadian-kejadian atau masalah-masalah yang terjadi di kehidupan kalian. Selain itu, hubungan pertemanan dapat terasa sepihak ketika hanya kamu saja yang selalu berusaha untuk mengadakan pertemuan atau berkumpul. Saat ada wacana perencanaan bertemu, ia tidak ikut andil untuk mengatur pertemuan atau tidak mengatur dan menyediakan waktunya.

  1. Energimu Terkuras saat Bertemu

Tidak jarang jika sebuah pertemanan mengadakan pertemuan untuk sekedar mengobrol atau berkumpul-kumpul menghabiskan waktu. Karena, bertemu dengan orang-orang terkasih atau teman baikmu menjadi salah satu refreshing atau hiburan bagi dirimu sendiri. Namun, apa jadinya jika saat bertemu teman-temanmu, justru kamu malah merasa kelelahan? Nah, ini berarti hubungan pertemananmu juga dapat dikatakan Red Flag. Jika saat bertemu atau berkumpul dengan teman-temanmu dan kamu merasa lelah, berarti energimu terkuras oleh mereka. Kondisi ini membuat kamu lelah secara psikologis dan emosional.

  1. Kamu tidak Menjadi Dirimu Sendiri

Apakah dalam lingkungan pertemananmu, kamu tidak pernah meluapkan isi pikiranmu atau malah merubah gaya hidup dengan meninggikan atau merendahkan levelmu ketika bersama mereka? Apabila hal ini terjadi, sepertinya kamu terjerat dalam lingkungan pertemanan yang Red Flag. Karena jika kamu tidak menjadi dirimu sendiri dan mengubah dirimu hanya untuk membuat mereka senang, itu akan membahayakan bagi dirimu.

  1. Gaslighting dan Guilt-Tripping

Gashlighting adalah kondisi dimana seseorang memanipulatif orang lain dengan menyebarkan informasi-informasi palsu. Sedangkan Guilt-Tripping dimana kondisi yang membuat orang lain merasakan perasaan bersalah karena di manipulasi. Jika ada dua hal dalam lingkup pertemananmu, sudah dapat dipastikan bahwa hubungan pertemanan kalian adalah Red Flag. Terlebih jika dalam lingkungan pertemananmu hanya saling menjatuhkan satu sama lain atau topik pembicaraan hanya mengenai keburukan-keburukan orang lain. Karena tidak menutup kemungkinan jika kamu tidak bersama mereka, maka kamulah yang menjadi topik pembicaraan bagi mereka. Jika hal ini kamu rasakan dalam pertemananmu, maka kamu sepertinya harus bersiap untuk meninggalkan ruang lingkup pertemananmu.

  1. Melewati Batas Boundaries

Hal yang disebut juga sebagai Red Flag dalam pertemanan adalah jika teman-temanmu tidak menghargai atau telah melewati batas yang kamu berikan. Kondisi ini terjadi jika ada hal-hal yang dilakukan oleh temanmu sampai akhirnya menyinggungmu. Padahal, kamu telah memberitahukannya bahwa kamu tidak nyaman,  namun mereka masih tetap melakukannya. Atau mereka selalu mengungkit-ungkit topik yang membuatmu tidak nyaman dan jengkel.

  1. Mengabaikanmu di lingkungan Tertentu

Kondisi ini seharusnya sangat mudah dideteksi jika kamu mengalaminya. Saat di suatu  lingkungan yang berbeda, jika temanmu bersikap berbeda padamu, maka hubungan pertemananmu terdeteksi sebagai Red Flag. Misalnya adalah pada saat di acara social gathering, teman yang kau anggap sangat dekat malah mengabaikanmu di lingkungan social gathering tersebut. Ia lebih memilih untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang lain dan tidak menyertakanmu dalam obrolan mereka.

Smart Viewers, jika kamu telah melihat salah satu atau bahkan beberapa tanda-tanda Red Flag dari pertemananmu seperti yang telah disebutkan di atas, mungkin waktunya kamu harus meninggalkan lingkungan pertemananmu tersebut. Karena, hubungan pertemanan yang sehat seharusnya yang membuat dirimu menjadi pribadi yang lebih baik. Teman yang baik juga seharusnya menjadi tempat terbaik untuk menghiburmu dari perasaan sedih dan kepenatan.

Anis Sahara