Solusi-solusi bagi Haidmu yang tidak Lancar

Smart Viewers, bagi yang perempuan yang telah memasuki usia remaja pastinya sudah mengalami mentruasi. Tapi, apakah Smart Viewers sering kesal jika tiba-tiba siklus haid kamu tidak sesuai jadwal atau bahkan tidak lancar sama sekali? Kira-kira apa ya yang menyebabkan haid seseorang tidak lancar? Kalau Smart Viewers penasaran, simak artikel berikut, ya!

Mengapa Haid Tidak Lancar?

Seseorang dikatakan mengalami menstruasi yang tidak teratur jika panjang dari siklus menstruasi atau jarak antara periode awalnya tersebut selalu berubah-ubah. Normalnya, siklus menstruasi rata-rata berlangsung selama 28 hari, meskipun normal jika sedikit lebih pendek atau lebih lama dari itu. Setelah perempuan pubertas, banyak wanita mengembangkan siklus reguler dengan jarak waktu yang sama antar periode, tapi itu tidak biasa untuk bervariasi beberapa hari setiap kali.

Terdapat beberapa kemungkinan yang menyebabkan haid manjadi tidak teratur. Penyebab umumnya yang pertama adalah pubertas, menstruasi kamu mungkin tidak teratur selama satu atau dua tahun pertama awal menopause yang biasanya antara usia 45 dan 55 tahun. Kemungkinan kedua adalah awal kehamilan, coba lakukan tes kehamilan ketika ada masalah dengan siklus haid kamu. Kemungkinan ketiga adalah beberapa jenis kontrasepsi hormonal seperti pil KB atau intrauterine system (IUS). Tapi bisa juga karena penurunan berat badan yang ekstrim atau penambahan berat badan, bisa juga karena olahraga berlebihan atau stres. Kemungkinan lain adalah kondisi medis seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah dengan tiroid

Namun, tidak teraturnya siklus haid yang dialami oleh seorang wanita bisa dihindari dengan beberapa cara yang dapat dicoba. Hal-hal ini mungkin dapat memperbaiki secara perlahan siklus haid kamu dan kemudian akan mengembalikan siklusnya menjadi normal. Beikut solusi menghindari haid yang tidak lancar.

Solusi Menghindari Haid Tidak Lancar

  1. Tidur Teratur

Waktu tidur merupakan waktu bagi tubuh untuk menyembuhkan diri, regenerasi sel, dan produksi hormon. Jadi, jika seseorang kurang tidur, maka kadar hormon dalam tubuh bisa terganggu. Hormon yang terganggu bisa merupakan esterogen dan progesteron.

  1. Kelola Stress

Hormon stress dapat menghambat siklus menstruasi juga loh, Smart Viewers. Hormon kortisol dalam tubuh bisa tidak seimbang dan memengaruhi hypothalamus. Hypothalamus sendiri merupakan kelenjar di otak yang mengontrol sistem hormon manusia.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga ringan yang rutin dilakukan setiap hari bukan hanya bermanfaat agar tubuh lebih bugar, tapi bisa juga membantu melancarkan haid.

  1. Pola Makan Sehat

Kebiasaan mengonsumsi makanan sehat juga berpengaruh loh, Smart Viewers. Jika Smart Viewers suka mengonsumsi fast food atau makanan mengandung pemanis buatan, hal itu dapat membuat siklus menstruasi tidak lancar.

Nah, di bawah ini BINUS TV akan menyampaikan beberapa makanan yang dapat memperlancar haid kamu!

Makanan Pelancar Haid 

  1. Jahe

Dikenal sebagai obat bumbu dapur, jahe ternyata juga merupakan obat tradisional untuk melancarkan haid dan mengurangi nyeri haid. Sampai sekarang, sebenarnya belum ada studi yang menyatakan bahwa jahe dapat memperlancar haid, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif yang mampu melancarkan darah diseluruh tubuh. Selain itu, efeknya juga mirip dengan hormon esterogen sehingga mampu memperlancar haid.

  1. Sayur

Sayur mengandung folat yang dapat mendukung proses ovulasi secara teratur dan meningkatkan kada hormon reproduksi. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan dan membuat haid lancar.

  1. Ikan

Asupan lemak sehat ternyata juga dibutuhkan loh, Smart Viewers. Asupan tersebut dapat didapatkan dari ikan, seperti ikan sarden, teri, salmon, yang dapat mendukung fungsi hormonserta proses pelepasan telur.

  1. Peppermint

Dinilai efektif dalam melancarkan haid, sebenarnya belum diketahui pasti bagaimana cara kerjanya. Namun, teh herbal ini dapat meredakan kram haid.

Sakit karena haid memang membuat setiap wanita tidak nyaman ya, Smart Viewers. Maka dari itu, sebagian besar wanita akan sangat sensitif ketika sedang haid. Dan beberapa orang lainnya, terutama laki-laki masih bertanya-tanya mengapa pada saat haid, para wanita menjadi lebih sensitif dari biasanya. Nah, dalam program FOMO (Find Out My Opinion) pada episode “Karyawan BINUS Mencoba Fokus Bekerja Saat Menstruasi Pertama Kalinya” melakukan eksperimen kepada para laki-laki untu menggunakan alat menstruasi simolator. Seperti apa ya kira-kira respon yang dirasakan mereka setelah simulasi menstruasi ini? Yuk, saksikan episodenya pada link video di bawah ini!

Smart Viewers juga bisa menyaksikan keseruan episode-episode FOMO (Find Out My Opinion) lainnya pada YouTube Channel BINUS TV Official yang tayang setiap hari Senin, pukul 19.00 WIB.

Sekian dulu ya, Smart Viewers informasinya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu!