Rekomendasi Museum ‘Kekinian’ di Kawasan Jakarta!

Sebentar lagi akan ada libur sekolah dan libur semester nih, Smart Viewers! Biasanya saat waktu liburan dan gak ada jadwal berlibur ke luar kota atau luar negeri alias di rumah aja, mungkin pada awalnya senang karena bebas dari tugas dan deadline, tapi lama kelaman bosen juga gak sih? Dari pada bosen nonton Netflix seharian di rumah, mendingan diisi oleh kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat, salah satu kegiatan yang bisa Smart Viewers lakuin sama siapa aja adalah Museum Date! Buat Smart Viewers yang jomblo tenang aja, karena Museum Date bisa dilakukan bareng teman dan keluarga.

Belakangan ini sedang banyak perusahaan yang membuat instalasi dan menjadikannya sebagai museum kontemporer. Niche-nya adalah anak-anak muda seperti Millenials dan Gen Zs yang jaman sekarang memang kerjaannya foto-foto dan cuci mata ke tempat-tempat baru. Museum-museum kekinian ini biasanya disebut dengan Art Museum.

Kenapa Harus ke Art Museum?

Singkatnya, mengapa kita harus ke Art Museum adalah karena museum memberikan wawasan tentang sejarah umat manusia, meskipun tidak ada museum yang dapat mengklaim memberikan gambaran lengkap, pelajaran yang dapat kita pelajari dari peristiwa, keajaiban, dan tragedi masa lalu sangat berharga. Art Museum memberikan jendela ke masa lalu seni dan seniman serta karya baru yang sedang dibuat pada masa kini. Selalu menarik untuk melihat apa yang terjadi di dunia seni rupa melalui periode yang berbeda. Beberapa tren baru telah berkembang dari waktu ke waktu sementara yang lain telah memudar menjadi buku sejarah.

Nah, buat Smart Viewers yang tertarik buat ke Art Museum yang ada di Jakarta, artikel ini cocok banget untuk di simak. Berikut rekomendasi museum ‘kekinian’ di kawasan Jakarta yang Smart Viewers harus datangi!

5 Rekomendasi Art Museum di Jakarta 

  1. Museum Macan

 

Preview
Sumber Foto: Instagram (@museummacan)

Museum yang satu ini pastinya sudah terkenal banget dan mainstream di kalangan anak muda, tapi jangan salah karena instalasi yang ada dalam museum ini berganti secara berkala. Sukses dengan kolaborasinya bersama Yayoi Kusama tahun 2018 silam, Museum Macan sempat berkolaborasi dengan Chiharu Shiota dengan tema The Soul Trembles’ yang berakhir pada 30 April kemarin. Kali ini Museum Macan kembali dengan tema ‘di sini, d.l.l.’ mulai tanggal 3 Juni 2023. Museum Macan berlokasi di AKR Tower Level M Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk Jakarta Barat.

  1. Moja Museum

 

Preview
Sumber Foto: Instagram (@mojamuseum)

Kali ini buat Smart Viewers yang kalau ke museum gak cuma mau ngeliatin instalasi yang eye pleasing tapi juga melakukan aktivitas, cocok banget buat dateng ke Moja Museum yang terletak di Pintu Biru (zona 8), Stadion Utama Gelora Bung Karno. Sebenarnya banyak instalasi dan kegiatan yang disediakan di Moja, diantaranya adalah #MoPaint, #MoJAMart, #RoJAbyMoja, #GOLFbyMoja #MoJAatPantjoran #MoJAPhotobooth #MoJAPhotoStudio.

  1. IMAGISPACE

 

Preview
Sumber Foto: Instagram (@imagi.space)

Art Museum kali ini bener-bener bikin pengunjung pengen foto di semua sisi karena instalasinya Instagramable banget. Selain itu, ada instalasi ikonik yang mana pengunjung dapat bermain perosotan kolam bola yang bakal nyenengin inner child kamu. Kalau Smart Viewers penasaran, IMAGISPACE terletak di lantai 3 Plaza Senayan. Oiya, Museum ini hanya ada sampai bulan Juli 2023 ya!

  1. Museum Nasional
Preview
Sumber Foto: Instagram (@museumnasionalindonesia)

Museum Nasional yang terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No.12 emang udah terkenal banget ya, Smart Viewers. Tapi, biar makin banyak yang kenal dan berkunjung, Museum Nasional membuat ruang baru imajinasi bernama imersifA. Museum ini memiliki instalasi permanen yang menggunakan proyeksi video mapping 360° ke dinding serta menyajikan sensasi berkelana lintas waktu.

  1. Holeo Museum
Preview
Sumber Foto: Instagram (@holeomuseum)

Kalau mau ke museum sambil main golf dan ngelukis, Smart Viewers bisa banget buat berkunjung ke Holeo Golf & Museum. Main Golf dengan nuansa yang super kekinian, bikin Smart Viewers gak bisa berhenti buat foto-foto.  Holeo terletak di Jl. Cilamaya No. 3.

Nah, itu dia rekomendasi museum kekinian yang bisa Smart Viewers kunjungi. Jadi, udah tau belom mau ngajak siapa? Hehehe….