MTA-IBHATY 2023 : ‘Harmony in Silver Jubilee of PPI India’, Semangat 25 Tahun Lahirnya PPI India

PPI India adalah organisasi Perhimpunan Pelajar Indonesia yang menempuh Pendidikan di negara India. PPI India memiliki tujuan menjembatani komunikasi antar pelajar, alumni, dan masyarakat Indonesia. Selain itu, PPI bertujuan meningkatkan wawasan kebangsaan dan kualitas keilmuan pelajar Indonesia yang menempuh Pendidikan di India. Tak hanya itu, menjalin dan meningkatkan hubungan kerja sama dengan organisasi pelajar Indonesia di negara lain dan pelajar internasional. Serta, memperkenalkan Indonesia ke masyarakat internasional.

Sebagai organisasi yang memiliki tujuan sosial, PPI India memiliki program kerja rutin yang digelar setiap tahunnya. Adalah Indoneshiyaee Aur Bharatiya Tyohar (MTA-IBHATY), Musyawarah Tahunan Anggota dan festival Indonesia-India. MTA-IBHATY merupakan program penutupan sebelum berakhirnya masa kepemimpinan PPI periode ini sebelum digantikan pengurus baru.

Tahun ini, MTA-IBHATY mengambil tema ‘Harmony in Silver Jubilee of PPI India’. Tema ini merupakan cerminan dari PPI India yang akan memasuki usia 25 tahun. Seluruh rangkaian acara akan diselenggarakan di gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) New Delhi, India. Acara ini akan dibuka oleh Duta Besar RI untuk India dan, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi.

Acara ini rencananya akan digelar selama 3 hari berturut-turut mulai dari 28 hingga 30 Juli 2023. Pada hari pertama akan digelar diskusi panel yang diisi oleh para pembicara dari berbagai atase KBRI. Seperti atase pendidikan, perdagangan, dan pertahanan. Selain itu, akan terdapat sharing session dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) New Delhi terkait prosedur menjelang pemilu 2024. Acara pun akan dilanjutkan dengan cultural session dan pembukaan sidang pleno.

Pada hari kedua akan dilakukan rangkaian sidang pleno membahas hal yang berkaitan dengan pemilihan ketua baru PPI India. Antara lain pembahasan AD/ART, debat calon ketua, dan proses pemilihan. Kemudian rangkaian akan ditutup dengan pengumuman ketua PPI India baru terpilih. Sesi pun lalu akan diakhiri dengan apresiasi untuk peserta yang hadir dan telah menyelesaikan masa studinya di tahun ini. Apresiasi tersebut akan diberikan langsung oleh Duta Besar RI. Acara terakhir adalah pemilihan tuan rumah MTA-IBHATY di tahun 2024. Serta beberapa ucapan dari peserta dan stakeholder kedutaan besar.