Udara Jakarta semakin Buruk. Intip Kota-kota dengan Polusi Terburuk di Indonesia

Smart Viewers apakah kalian sadar bahwa saat-saat ini jika kita naik motor atau transportasi umum, wajah kita akan terlihat sangat kusam setelah sampai di tujuan? Atau jika sudah selesai beraktivitas dan sampai rumah, saat membersihkan wajah dengan cleanser, maka kapas pembersihnya akan terlihat sangat kotor. Mungkin, hal itu dapat terjadi salah satunya karena udara di Jakarta yang tidak lagi sehat karena penuh dengan polusi. Smart Viewers tau ngga kenapa udara di Jakarta bisa semakin buruk? Kalau penasaran, simak artikel berikut, ya!

Buruknya Kualitas Udara Jakarta

Menurut Diya Farida, Climate Impact Associate dari Yayasan Indonesia Cerah manyatakan bahwa salah satu yang diduga menjadi kontributor paling besar terhadap pencemaran udara di Indonesia adalah kawasan industri yang ada di daerah-daerah sekitar ibu kota. Hal ini disebabkan oleh polusi udara yang timbul dari PLTU yang terletak di daerah-daerah seperti Jawa Barat dan Banten cenderung terbawa dan melintas perbatasan daerah alias transboundary air pollution. Selain itu, banyaknya masyarakat yang memilih untuk menggunakan transportasi pribadi dibandingkan dengan transportasi umum membuat jumlah polusi udara semakin banyak dan menjadikan kondisi udara di Jakarta semakin buruk. Jadi tidak heran jika kapas pembersih wajah kamu jadi hitam, kan?

Bicara soal polusi udara, Smart Viewers pernah ngga sih kepikiran untuk tinggal di kota yang kualitas udaranya buruk banget? Sayangnya, ternyata kota-kota tersebut terletak di Indonesia, kalau Smart Viewers penasaran tentang kota-kota apa saja di Indonesia yang memiliki polusi terburuk, berikut list-nya!

5 Kota di Indonesia dengan Polusi Terburuk!

  1. Cileungsir, Jawa Barat

Saat ini, Cileungsir menempati posisi pertama kota dengan polusi terburuk di Indonesia. Indeks AQI-nya mencapai 165 dan sudah berstatus merah. Ini berarti tingkat polusi udaranya sudah tidak sehat yang mana dengan polutan utama sebesar PM2.5 . Untuk Smart Viewers yang sedang berada di daerah Cileungsir, kamu dapat melindungi diri dengan menghindari aktivitas di luar ruangan. Namun jika tidak memungkinkan, setidaknya kamu dapat menggunakan masker saat beraktivitas di luar. Kemudian, kamu dapat menutup jendela untuk menghindari udara luar yang tercemar, dan menyalakan penyaring udara di ruanganmu.

  1. Pasar Kemis, Jawa Barat

Masih di wilayah Jawa Barat, posisi kedua dengan AQI sebesar 157 dan tingkat polusi udara yang tidak sehat adalah Pasar Kemis. Smart Viewers dapat berupada untuk menghindari diri dari polusi dengan menggunakan masker, menutuo jendela, dan menyalakan penyaring udara.

  1. Tangerang Selatan, Provinsi Banten

Selanjutnya berasal dari Provinsi Banten, dengan indeks kualitas udara sebesar 155 AQI US. Smart Viewers masih diminta untuk tetap menggunakan masker ketika beraktivitas di outdoor, menutup jendela dan juga menyalakan penyaring udara.

  1. Kota Bekasi, Jawa Barat

Kota Bekasi menjadi kota pertama yang statusnya berwarna oranye, karena 3 kota sebelumnya berstatus merah. Kota Bekasi memiliki indeks kualitas udara sebanyak 114 dan berstatus ‘tidak sehat bagi kelompok sensitif’. Bagi yang termasuk kedalam kelompok tersebut, disarankan untuk memakai masker saat sedang keluar, menutup jendela, menyalakan penyaring udara, dan mengurangi aktivitas outdoor.

  1. Kota Bogor, Jawa Barat

Menjadi Kota pertama berstatus kuning yaitu ‘sedang’, Bogor memiliki indeks kualitas udara sebesar 74. Bagi kelompok sensitif disarankan untuk memakai masker diluar, menutup jendela, kmenggunakan pembersih udara, dan mengurangi aktivitas outdoor.

Sekian dulu ya Smart Viewers informasi mengenai kota-kota di Indonesia dengan polusi terburuk. Data diatas diambil perhari Jumat, tanggal 9 Juni 2023, pukul 13.00 WIB. Data sewaktu-waktu dapat berubah. Jangan lupa untuk mengurangi sumbangan polusi udara dengan cara yang sederhana dan mudah, salah satunya dengan menggunakan transportasi umum.

Nazli Humaira