Pentingnya Mengenali Pasangan sebelum Menikah

Smart Viewers yang khususnya berasal dari Generasi Z, pasti sudah mulai mengalami perubahan kehidupan, karena beberapa dari Gen Z sudah memasuki usia yang pantas untuk menikah. Terlebih lagi, unggahan-unggahan dari orang lain di media sosial mengenai pernikahan atau tentang keluarga kecil yang mereka miliki, mungkin bisa saja menjadi trigger bagi kamu yang belum memiliki pasangan untuk buru-buru mempunyai pasangan dan segera menikah. Hal lain tidak terlepas dari dorongan orang tua yang ingin segera anaknya menikah karena mengejar usia atau kepentingan lain. Dari hal-hal tersebut sebenarnya dapat menimbulkan masalah baru, karena tak jarang dari mereka melangsungkan pernikahan ketika kedua pihak belum benar-benar mengenal satu sama lain. Jika Smart Viewers penasaran dengan pentingnya mengenali pasangan sebelum menikah, berikut penjelasannya!

Pentingnya Mengenali Pasangan sebelum Menikah!

Salah satu hal yang penting dalam memilih pasangan hidup adalah dengan saling mengenal satu sama lain. Hubungan persahabatan bisa menjadi awalan yang baik untuk saling mengenal, membangun kepercayaan, dan komunikasi pasangan. Menyadari hal demikian, banyak pasangan yang membangun romansa mereka di atas dasar persahabatan. Ini mungkin cara yang baik untuk memastikan bahwa pernikahan kamu memiliki semua faktor yang tepat sebelum kamu naik ke pelaminan. Sebelum kamu menikah, penting untuk berbicara tentang tujuan karirmu dan apa yang kamu harapkan dari satu sama lain di masa depan.

Anak-anak juga merupakan salah satu aspek kehidupan yang paling penting dalam kehidupan pernikahan dan dapat mengubah hampir setiap aspek kehidupan seseorang. Jangan lupa juga untuk memikirkan bagaimana kamu akan melihat hubungan romantismu satu sama lain berubah setelah kamu memiliki anak. Dengan cara ini, Smart Viewers dapat memastikan bahwa pasangan kamu mendukung perubahan tersebut. Kenapa sepenting itu? Karena anak-anak juga memengaruhi keuangan, cara hidup, dan pekerjaan. Melakukan diskusi semacam ini sebelum memutuskan untuk menikah dapat membantu menghindari masalah dengan pasangan dan memastikan bahwa kamu memiliki masa depan yang bahagia bersama.

Lalu, gimana cara mengenali pasangan sebelum menikah?

Cara Mengenali Pasangan Sebelum Menikah

  1. Tanya Hal-hal yang Kamu Mau Tau

Coba tanyakan dan bahas tentang yang akan dilalui dalam pernikahan. Misalnya, cara mendidik, finansial, dan perilaku spontan lainnya. Hal ini dapat membuat kamu mengetahui pola pikir pasanganmu, kalau udah kenal kan nantinya gampang untuk menyelesaikan masalah.

  1. Beri Tantangan

Coba berikan tantangan untuk mengetahui apakah perbuatannya sejalan dengan perkataannya. Kemudian perhatikan reaksinya, jika sejalan artinya yang diucapkan adalah kejujuran, jika tidak Smart Viewers kayaknya harus pertimbangin lagi deh..

  1. Cara Dia Menanggapi Masalah

Emosi itu sangat penting untuk dikendalikan ya, Smart Viewers. Jangan sampai dia bisa bertindak melampaui batas. Hal ini dilakukan untuk menilai bagaimana dia mengendalikan emosinya pada sesuatu yang bisa atau tidak bisa di-handle. Selain itu, cara ini biasanya bisa Smart Viewers lakukan jika ingin memiliki pasangan yang solutif dan peduli sekitarnya.

  1. Perannya Dalam Keluarga

Coba cari tahu dari keluarganya, apakah pasanganmu mempunyai luka batik sejak kecil atau tidak. Hal ini karena dapat menentukan karakter pasangan dan berdampak pada hubungan.

  1. Pandangannya pada Masa Depan

Coba tanyakan tentang rencananya selama 5 tahun kedepan, apakah kamu menjadi bagian dari rencananya atau tidak? Kalau kamu tidak termasuk didalamnya, siap-siap mundur perlahan ya Smart Viewers.

Itulah Smart Viewers kira-kira bagaimana cara kita dalam mengenali pasangan sebelum menikah. Jadi, jika memang belum yakin dan siap secara mental dan materi, sebaiknya tak perlu buru-buru untuk mengambil keputusan untuk menikah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Smart Viewers.

Nazli Humaira