Fakta Film Disney Terbaru, “Elemental: Forces of Nature”

Disney memang tidak pernah kehabisan ide untuk memproduksi film-film animasi ya, Smart Viewers. Setelah sukses di film-film animasi sebelumnya, kini Disney kembali memproduksi animasi berjudul “Elemental: Forces of Nature”. Film yang tayang perdana di Indonesia pada tanggal 17 Juni 2023 dan ditulis oleh Peter Sohn, John Hoberg, Kat Likkel, dan Brenda Hsueh ini memakan budget sebesar  $200 juta atau sekitar hampir 3 Miyar Rupiah, fantastis bukan? Kalau Smart Viewers penasaran dengan sinopsisnya, simak artikel berikut!

Sinopsis Elemental: Forces of Nature

Singkatnya, film ini menceritakan tentang kehidupan empat elemen antropomorfik alam, yaitu elemen air, api, udara, dan tanah. Keempat elemen tersebut hidup berdampingan di sebuah kota yang dinamakan Elemen City. Walaupun mereka bersama-sama, ternyata ada dua elemen yang sulit bersatu. Kedua elemen tersebut adalah api dan air. Elemen api bernama Ember Lumen yang memiliki karakter keras dan sulit mengontrol emosinya. Sedangkan elemen air adalah Wade Ripple yang mempunyai karakter tenang, menyenangkan dan mengikuti alur seperti air.  Pada suatu hari, Ember sedang menjaga toko miliknya sendirian, tapi dia tidak tahan dengan perilaku pelanggan sehingga emosinya memuncak. Ia kemudian melampiaskan emosi tersebut di sebuah gudang, tapi efek dari ‘ledakan’ emosi tersebut menimbulkan kebocoran air. Akhirnya pipa yang bocor tersebut mengeluarkan Wade Ripple yang bekerja sebagai petugas inspeksi kota. Wade melihat banyak pelanggaran di toko Amber dan mencatatnya untuk diberikan sanksi. Ember berusaha mencegah Wade memberikan catatan pelanggaran tersebut ke otoritas kota.  Tapi di sisi lain, kebocoran saluran air tersebut rupanya disebabkan oleh masalah bendungan kota yang rusak. Mereka akhirnya bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut. Karena sering bersama, tumbuhlah benih-benih cinta di antara keduanya. Kira-kira hubugannya berhasil ngga ya?

Nah, kalau sudah tau sinopsisnya, tidak afdol jika kamu belum tahu fakta-fakta menarik dibalik film ini. Daripada penasaran, berikut fakta-faktanya!

Fakta Menarik Film “Elemental: Forces of Nature”!

  1. Carl’s Date Sebagai Pembuka

Carl’s Date menceritakan tentang karakter Carl Fredricksen, seorang kakek di film Up yang mulai kembali berkencan setelah sekian lama sendiri karena istri tercintanya meninggal dunia. Carl dibantu oleh Dug yang merupakan anjing peliharaannya yang bisa bicara.

  1. Dubber yang Berbakat

Leah Lewis yang merupakan seorang aktris dipercaya untuk mengisi suara Ember dari elemen api, Mamoudou Athie sebagai pengisi suara Wade dari elemen air, Wendi McLendon-Covey untuk Gale dari elemen udara, dan Mason Wertheimer mengisi suara karakter Clod dari elemen tanah.

  1. Lamanya Proses Produksi

Ternyata memakan waktu selama 7 tahun untuk menyelesaikan proses produksi film ini. Pembuatan film ini dilakukan di studio dan di rumah.

  1. Kisah Nyata Sang Sutradara

Ternyata cerita dari film ini salah satunya terinspirasi dari pengalaman pribadi sang sutradara. Cerita Ember dan keluarganya yang bermigrasi dari kota api ke Element City terinspirasi dari Peter Sohn dan keluarganya yang pindah dari Amerika Serikat ke Korea. Toko kelontong yang dirintis oleh ayah Ember pun sama seperti ayah Peter Sohn yang memiliki toko bernama Sohn’s Fruits and Vegetables.

  1. Elemen Air Paling Susah Diselesaikan

Karakter air menjadi kendala terberat bagi tim, karena air memiliki pantulan dan pembiasan di dalamnya. Tim menggunakan beberapa “hacks” untuk membuat karakter menjadi realistis dan kartun, dengan banyak lapisan masuk ke setiap karakter. Fakta paling keren adalah bahwa karakter air memiliki garis luar yang membantu menentukan tubuh dan ekspresi karakter bersama dengan eksterior yang selalu mengalir sehingga terasa dan terlihat seperti air dan bukan kaca.

Wah ternyata memang sangat menarik dan makin membuat penggemar Disney penasaran ya dengan keseruan ceritanya. Segitu dulu ya Smart Viewers artikel seputar fakta-fakta menarik mengenai film “Elemental: Forces of Nature”, segera ajak kerabat dan teman tersayangmu untuk menonton bersaama, ya!

Nazli Humaira