Jakarta Fair Kembali dibuka! Ini Fakta-fakta Seputar PRJ

Smart Viewers yang anaknya ‘event banget’ terutama anak Jakarta pasti udah tidak asing dengan acara Jakarta Fair. Acara tahunan yang pertama kali dilaksanakan 55 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 5 Juli 1968 dibuat oleh PT Jakarta International Expo. Acara ini digelar untuk memperingati hari jadi kota Jakarta. Pada tahun 2023, Jakarta Fair akan diisi oleh pesta UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan dimeriahkan oleh deretan artis ternama dan akan membuat pengunjungnya tidak merasa kelelahan karena akan berkeliling Jakarta Fair sembari menikmati musik. Nah, bagi Smart Viewers yang sudah sering ke Jakarta Fair belum mengetahui sebenarnya apa sih  Jakarta Fair, simak artikel berikut ya!

Kilas Balik Jakarta Fair

Event Jakarta Fair 2023 kabarnya akan dilaksanakan selama 33 hari berturut-turut, mulai pada tanggal 14 Juni hingga 16 Juli 2023. Acara ini kembali dilaksanakan di JIEXPO, Kemayoran. Awalnya, acara ini dilaksanakan di Monas dengan nama Djakarta Fair. Cikal bakal diselenggarakannya Djakarta Fair adalah karena adanya Pasar Malam Gambir. Pada masanya, Djakarta Fair dibuka oleh Presiden Soeharto secara simbolis dengan melepas burung merpati.

Haji Mangan merupakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yang mana pada masanya, ia merupakan pencetus digelarnya pameran besar guna. Hal ini dicanagkan dengan tujuan utamanya adalah mendongkrak pemasaran produk dalam negeri. pada tahun 1992, Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) dipindahkan dari Monas ke Kemayoran karena lebih luas dan dapat menampung lebih banyak massa. Sebelumnya, event ini sempat dihentikan selama 2 tahun akibat COVID-19, tapi sejak tahun 2022 PRJ kembali dilaksanakan.

Selanjutnya BINUS TV akan membahas mengenai fakta-fakta seputar Jakarta Fair. Penasaran?  Berikut faktanya!

Fakta-fakta Jakarta Fair!

  1. Pertama Kali Dilaksanakan di Monas

Awalnya, Jakarta Fair dilaksanakan pada tahun 1968. Kawasan Monas ditunjuk sebagai tempat untuk menggelar Jakarta Fair. Acara tersebut dibuka oleh presiden kala itu, Presiden Soeharto.

  1. Sempat Berganti Nama

Acara yang terkenal dengan sebutan PRJ ini, sebelum berubah menjadi Jakarta Fair sempat bernama DF atau singkatan dari Djakarta Fair. Seiring dengan berjalannya waktu, ejaannya berubah menjadi Jakarta Fair dan sekarang populer dengan sebutan Pekan Raya Jakarta.

  1. Jadi Agenda Resmi

Sejak tahun 1968, pemerintah DKI Jakarta secara resmi mengeluarkan Perda nomor 8 tahun 1968. Peraturan ini berisi tentang Jakarta Fair yang menjadi agenda tetap tahunan yang diselenggarakan menjelang Hari Ulang Tahun Jakarta.

  1. Miss Jakarta Fair

Salah satu rangkaian Jakarta Fair merupakan kehadiran ajang beauty pageant bernama Miss Jakarta Fair. Kontes ini mendapat respon positif sejak acara perdana pada tahun 2006 silam.

  1. Salah Satu Rekomendasi untuk Keluarga

Dari pada bosen hanya berkumpul di café atau di mall mulu, tidak ada salahnya jika pergi ke Jakarta Fair bersama teman, kerabat, atau orang-orang teerkasih. Event ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk berkumpul, kulineran, dan bersenang-senang menikmasi festival musik yang meriah. Tak lupa juga terdapat berbagai tenant yang menjual berbagai produk dengan harga yang lebih murah dari biasanya.

Segitu dulu ya, Smart Viewers informasi mengenai fakta-fakta menarik seputar event Jakarta Fair. Jangan lupa untuk datang dan ikut meramaikan Jakarta Fair, yang sudah dibuka dan akan berlangsung sebulan kedepan. Kalau Smart Viewers tertarik, silahkan klik link berikut! Tiket masuk dapat dibeli tanpa bundling konser, maupun bundling.

Nazli Humaira