Kiat-kiat Bagi Kamu yang Sering ‘Mood Swing’

Smart Viewers, siapa yang suka tiba-tiba mood swing? Sering Mood swing itu emang ngga enak banget ya, Smart Viewers? Selain bikin mood diri sendiri berantakan, secara tidak langsung hal itu dapat mempengaruhi mood orang-orang disekitar kita. Setiap orang pasti pernah mengalami perubahan suasana hati dan itu adalah bagian alami dari kehidupan kebanyakan orang. Seseorang yang memiliki periode masa perubahan suasana hati ini terkadang merasa di puncak dunia, dan kemudian di hari yang sama merasa lelah, lesu, dan kalah.

Perubahan suasana hati yang minim memang terkadang menjadi hal yang wajar, namun perubahan suasana hati beberapa orang ada yang begitu ekstrim dan cepat, sehingga mengganggu fungsi individu tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Gangguan bipolar adalah contoh dari gangguan yang ditandai dengan perubahan suasana hati, dari panik menjadi depresi. Namun, Smart Viewers dapat mengalami perubahan suasana hati di antara dua suasana hati atau emosi apapun, sedih ke marah, atau senang ke kontemplatif.

Sebenarnya Mood Swing Itu Apa Sih?

Mood swing adalah ketika seseorang mengalami fluktuasi emosi untuk waktu yang lama, dikenal sebagai perubahan suasana hati. Beberapa indikasi bahwa seseorang mungkin mengalami mood swing adalah suasana hati yang sangat rendah selama lebih dari dua minggu, tanda-tanda perasaan naik turun, dan ketidakmampuan untuk menjelaskan mengapa orang tersebut merasakan hal tertentu.

Mood swing yang paling umum terjadi saat perempuan sedang mendekati masa datang bulan atau biasa disebut dengan PMS, tapi ini tidak menutup kemungkinan dapat terjadi pada laki-laki juga. Selain itu, kondisi hormon yang tidak stabil dan berubah-ubah juga dapat menjadi penyebab mood swing. Penyebab lainnya adalah ketidakseimbangan kimia otak seperti serotonin dan dopamin, atau bisa juga menderita penyakit tertentu lainnya misalnya kerusakan paru-paru, ginjal, penyakit thyroid, dan kelainan otak. Tapi, yang paling menyedihkan adalah mood swing bisa saja terjadi karena orang tersebut merupakan pengidap gangguan mental, seperti depresi, bipolar, gangguan kepribadian ambang, dan ADHD (Attention deficit hyperactivity disorder). Nah, kalau Smart Viewers merasa sering kali mengalami mood swing, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

Kiat-kiat Mengatasi Mood Swing

  1. Berobat

Obat-obatan yang disebut mood stabilizer, psikoterapi atau konseling, dan intervensi seperti terapi perilaku kognitif (CBT) dapat membantu jika penyakit mental yang mendasarinya menyebabkan perubahan suasana hati atau memperburuknya.

  1. Olahraga

Smart Viewers dapat melakukan olahraga yang menenangkan seperti yoga atau melakukan work out. Penambahan aromatherapy juga sangat membantu dalam proses relaksasi selama kamu berolahraga, sehingga membuat pikiranmu lebih rileks.

  1. Hindari Minuman Berikut

Ada beberapa minuman yang harus dihindari dalam mengatasi mood swing, yaitu alkohol, kafein, dan minuman yang mengandung mood-altering substances atau zat pengubah suasana hati.

  1. Tidur yang Cukup

Dengan memiliki pola tidur yang teratur dan durasi tidur yang cukup, kamu pasti akan lebih nyaman dalam menjalani hari. Karena jika kamu kurang tidur, itu akan menimbulkan kemungkinan terjadinya mood swing yang intens selama kamu menjalani hari.

  1. Dukungan sosial

Tetap terlibat secara sosial dengan teman dan keluarga sangatlah penting. Cobalah untuk menghindari isolasi dan tetap berhubungan dengan orang-orang tepercaya. Memiliki koneksi-koneksi ini akan memudahkan kamu saat kamu merasa lebih mungkin mengalami depresi atau cemas.

Mungkin ada kekhawatiran saat suasana hati kamu mengganggu fungsi harianmu, dan mungkin berguna untuk mencoba dan merenungkan perilaku kamu saat ini. Kalau gejala kamu mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, mungkin sudah saatnya mencari bantuan profesional ya, Smart Viewers.

Nazli Humaira