Mengenal Stiff Person Syndrome, Penyakit Langka yang Dialami Celine Dion

Smart Viewers, siapa sih yang gak kenal sama Celine Dion? Penyanyi senior asal Kanada ini terkenal dengan suaranya yang merdu sampai-sampai berhasil menembus pasar Amerika Serikat. Bakat yang dimilikinya sejak kecil berasal dari keluarganya, lahir sebagai anak ke-14 dari keluarga penikmat musik, sudah membuat kemampuan yang dimilikinya tidak perlu diragukan lagi. Sejak awal karirnya, Celine sudah mendapat banyak penghargaan walaupun dirinya sempat bertahun-tahun vakum dari dunia tarik suara, tapi kembalinya Celine Dion ke panggung membuat namanya semakin bersinar. Tidak heran, jika sekarang Celine Dion menjadi Diva ya, Smart Viewers. Namun, beberapa waktu kebelakang dunia tarik suara mendapat berita duka karena penyakit yang dideritanya. Penasaran penyakit apa? Simak artikel berikut!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Stiff Person Syndrome!

Stiff Person Syndrome adalah sindrom langka dan progresif yang memengaruhi sistem saraf, khususnya otak dan sumsum tulang belakang. Gejalanya mungkin termasuk kekakuan otot yang ekstrim, kekakuan dan kejang yang menyakitkan di batang tubuh dan tungkai, hal ini sangat mengganggu mobilitas. Spasme dapat menghasilkan kekuatan yang cukup untuk mematahkan tulang. Orang yang menderita Stiff Person Syndrome sering kali memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kebisingan, gerakan tiba-tiba, dan tekanan emosional, yang dapat memicu kejang otot.

Gejala-gejala penyakit yang demikian, membuat Celine Dion harus vakum kedua kalinya dari dunia tarik suara. Untuk Smart Viewers yang penasaran tentang fakta-fakta mengenai penyakit yang diderita Celine Dion, berikut BINUS TV akan merangkum fakta-fakta dari Stiff Person Syndrome!

5 Fakta Stiff Person Syndrome!

  1. Mempengaruhi Wanita Dua Kali Lebih Banyak Daripada Pria

Stiff Person Syndrome disebabkan oleh peningkatan aktivitas otot karena penurunan penghambatan sistem saraf pusat. Diperkirakan memiliki komponen autoimun dan sering dikaitkan dengan diabetes, serta penyakit autoimun lainnya seperti tiroiditis, vitiligo, dan anemia pernisiosa.

  1. Gejala Penyakit Ini Mungkin Mulai Muncul Saat Dewasa

Gejala usia mungkin mulai muncul berbeda-beda antar penyakit. Gejala dapat dimulai dalam satu rentang usia, atau selama beberapa rentang usia. Gejala dari beberapa penyakit dapat dimulai pada usia berapapun (tergantung dari penyakit yang diderita). Mengetahui kapan gejala mulai muncul dapat membantu penyedia medis menemukan diagnosis yang tepat, jadi Smart Viewers harus aware, ya!

  1. Penurunan Performa Tubuh

Seiring dengan berjalannya waktu, orang pendeita Stiff Person Syndrome dapat mengembangkan postur membungkuk. Bahkan beberapa orang mungkin terlalu cacat untuk berjalan atau bergerak, bahkan banyak juga yang sering jatuh karena mereka tidak memiliki refleks normal untuk menahan diri. Hal ini dapat menyebabkan cedera serius. Sedihnya lagi, penderita Stiff Person Syndrome mungkin takut keluar rumah karena suara jalanan, seperti suara klakson mobil, karena hal-hal tersebut bisa memicu kejang dan jatuh.

  1. Sering Salah Didiagnosis

Stiff Person Syndrome sering salah didiagnosis sebagai penyakit Parkinson, multiple sclerosis, fibromyalgia, psikosomatis, atau kecemasan dan fobia. Diagnosis definitif dapat dibuat dengan tes darah yang mengukur tingkat antibodi dekarboksilase asam glutamat (GAD).

  1. Tingkat Antibodi GAD yang Lebih Tinggi

Kebanyakan orang dengan Stiff Person Syndrome memiliki tingkat antibodi GAD yang lebih tinggi (lebih tinggi). Titer antibodi penting untuk diagnosis Stiff Person Syndrome. Titer merupakan tes laboratorium yang mengukur keberadaan dan jumlah antibodi dalam darah. Titer GAD yang meningkat, hingga 10 kali di atas normal, juga terlihat pada diabetes tetapi pada Stiff Person Syndrome titernya sangat tinggi (setidaknya 10 kali di atas kisaran yang terlihat pada diabetes) atau terdapat dalam cairan tulang belakang.

Gimana nih Smart Viewers fakta-fakta dan informasi mengenai Stiff Person Syndrome yang dialami oleh Celine Dion? Mari kita doakan untuk kesembuhan Celine Dion agar beliau bisa berkarir dan berkarya lagi dikemudian hari, ya!

Nazli Humaira