Cuaca Panas Ekstrem Bikin Geram? Ini Penjelasan BMKG!

Smart Viewers, belakangan ini apakah kamu merasakan jika cuaca di Indonesia sedang panas-panasnya? Saking panasnya, sepertmelihat mantan posting Instagram Story bareng pacar barunya! Berbicara tentang cuaca panas, di daerah-daerah Indonesia sendiri banyak yang mengeluhkan bahwa cuaca sedang tidak karuan. Terkadang, panas terik, lalu kemudian hujan tiba-tiba, ataupun sebaliknya. Cuaca panas ekstrem akhir-akhir ini memang membuat orang-orang mudah emosi dan marah-marah.

Kenapa Indonesia Bisa Panas Banget?

Menurut situs BMKG, suhu panas di Indonesia merupakan fenomena akibat adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun. Potensi suhu udara panas dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya. Namun, Indonesia tidak termasuk dalam gelombang panas, karena suhu panas di Indonesia termasuk kategori biasa dan bisa terjadi berulang. Sementara itu, salah satu faktor gelombang panas adalah suhu maksimum harian pada suatu wilayah yang melebihi ambang batas statistik, contohnya lima derajat celicus lebih panas, dari rata-rata klimatologis suhu maksimum. Selain itu, fenomena gelombang panas juga dapat terjadi selama lima hari berturut-turut atau lebih. Dengan itu, Indonesia tidak terkena fenomena gelombang panas.

Smart Viewers pernah kepikiran atau penasaran ngga sih, kira-kira kenapa Indonesia bisa memiliki cuaca ekstrem? Kalau Smart Viewers penasaran, berikut penjelasan BMKG mengenai cuaca ekstrem di Indonesia!

6 Penjelasan BMKG Mengenai Cuaca Ekstrem di Indonesia!

  1. Dinamika Atmosfer yang tidak biasa

Hal ini terjadi di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Suhu panas bulan April pada wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, dan lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah.

  1. Gerak Semu Matahari

Gerak semu matahari yang terjadi setiap tahun menyebabkan bertambahnya lonjakan panas di wilayah sub-kontinen Asia Selatan, kawasan Indochina, serta Asia Timur pada sekitar tahun 2023.

  1. Terdapat Tren Pemanasan Global

Climate change yang terjadi menimbulkan tren pemanasan global. Maka dari itu, secara tidak langsung menimbulkan cuaca yang semakin panas.

  1. Berubahnya Iklim yang Menyebabkan Gelombang Panas Semakin Sering Terjadi

Fenomena perubahan iklim semakin mengkhawatirkan, serta memicu dampak yang lebih luas. Hal itu terlihat jelas dari berbagai peristiwa alam terkait iklim, dari suhu udara yang lebih panas, terganggunya siklus hidrologi, hingga maraknya bencana hidrometeorologi di berbagai belahan dunia.

  1. Dominasi Monsun Australia

Saat ini Indonesia memasuki musim kemarau,  angin monsun dingin Australia merupakan penyebabnya. Prediksi BMKG menyatakan bahwa monsun Australia akan mendominasi sebagian wilayah Indonesia bagian garis ekuator mulai bulan Mei.

  1. Intensitas Maksimum Radiasi

Adanya intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan menyebabkan munculnya cuaca panas.

Nah, kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers penjelasan mengenai kenapa akhhir-akhir ini di Indonesia sedang memiliki cuaca ekstrem? Jangan lupa untuk terus menjaga lingkungan demi kesehatan planet bumi ya, Smart Viewers. Smart Viewers bisa menerapkan prinsip 4R, reboisasi, bioremidiasi, rehabilitasi lahan, dan paling mudahnya adalah merawat lingkungan sekitar. Sesederhana dengan membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik dan sampah plastik, artinya Smart Viewers sudah berkontribusi dalam menyelamatkan lingkungan.

Nazli Humaira