Tips Atasi Masalah “Relationship” untuk Pasangan Beda Usia

Masalah dalam suatu relationship memang wajar terjadi. Masalah tersebut dapat hadir karena masalah di dalam hubungan itu sendiri atau dari faktor eksternal. Salah satu masalah yang kerap timbul adalah perbedaan usia. Hal ini bisa jadi terjadi karena perbedaan usia tersebut menimbulkan visi dan misi yang berbeda, dan masalah terhadap perbedaantujuan serta urgensinya. Tapi, Smart Viewers apakah pernah terfikir apakah benar masalah-masalah dalam hubungan kerap timbul karena perbedaan usia, terutama perbedaan usia yang terpaut jauh?

Pasangan Beda Usia, Worth It Kah?

Dalam menjalani hubungan beda usia yang terpaut jauh, biasanya mengacu pada perbedaan usia minimal 10 tahun antara pasangan. Secara umum, definisi hubungan perbedaan usia dan apa yang dapat diterima serta tidak dapat diterima akan bervariasi berdasarkan jenis kelamin, usia, dan norma budaya seseorang. Pria yang lebih tua cenderung memiliki lebih banyak sumber keuangan karena usia dan pengalaman mereka, yang dapat lebih menarik bagi wanita ketika mempertimbangkan laki-laki tersebut apakah mendukung ketika akan berkeluarga terlebih calon anak mereka. Hal ini biasanya menghasilkan sejarah pasangan yang berhasil, karena wanita yang lebih muda cenderung lebih subur.

Yang paling jelas dalam hubungan beda usia adalah ketika seseorang berada dalam tahap kehidupan yang sangat berbeda dari pasangannya. Banyak pertanyaan besar yang muncul dari orang-orang sekitar dan cenderung datang dari wanita karena merekalah yang menghadapi garis waktu, sehubungan dengan memiliki anak.

Masalah besar lainnya yang dihadapi adalah potensi adanya dinamika kekuatan. Khusus untuk yang berusia 20-an sampai 40-an, jika ada perbedaan usia 10 tahun atau lebih, kemungkinan satu orang akan berada di tempat yang berbeda secara profesional dan finansial. Misalnya, pasangan yang lebih stabil secara finansial akan membayar tagihan tertentu atau menutup pengeluaran. Untuk itu, penting memastikan bahwa pasangan yang didukung tidak merasa terjebak dalam hubungan ini.

Dikarenakan perbedaan usia dalam hubungan dapat menimbulkan masalah baru dan cukup pelik, berikut tips untuk mengatasi masalah relationship jika Smart Viewers memiliki pasangan yang berbeda usia terpaut jauh!

Tips Atasi Masalah Relationship Beda Usia!

  1. Share Expectations

Sebenarnya hal ini berlaku untuk hubungan apa pun, kesadaran akan ekspektasi pasangan sangat penting saat usia pasangan terpaut jauh. Pada awal hubungan, dan selama hubungan berlangsung, saling jujur ​​berbagi dan mendiskusikan harapan masing-masing sangat penting untuk menghindari miskomunikasi.

  1. Menerima Perbedaan

Dari minat hingga perspektif, kemungkinan akan menemui banyak perbedaan dengan pasangan. Satu perbedaan yang sangat menonjol dalam hubungan beda usia adalah berada dalam tahap perkembangan yang berbeda dalam hidup. Sementara satu pasangan mungkin menunggangi gelombang karir yang berkembang dengan baik, yang lain mungkin fokus pada kesibukan membangun karir mereka. Saling mendukung dalam tahap mengembangkan karir ataupun membangun karir masing-masing pasangan adalah cara yang sangat baik untuk kelanggengan hubungannya.

  1. Kedewasaan itu Relatif

Smart Viewers harus memandang pasangan sebagai orang dewasa bukan diukur dari usia. Menjadi seseorang yang dewasa juga bukan perihal seseorang tersebut memaksakan orang lain untuk dapat diajarkan dan dibentuk. Tidak seorangpun ingin dimarahi atau direndahkan karena bertindak dengan cara tertentu atau mengatakan hal-hal tertentu. Terutama ketika Smart Viewers adalah orang yang lebih tua dan menegur atas nama kebijaksanaan dan pengalaman yang diperoleh dari usia.

  1. Mengidentifikasi Kepentingan Bersama

Selanjutnya yang bisa dilakukan dari hubungan dalam perbedaan usia adalah berfokus pada minat bersama. Kamu dan pasanganmu dapat menghabiskan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu dan pasangan sukai, setelah itu perbedaan usia tampaknya akan sirna. Kamu juga dapat bertemu teman satu sama lain dan bersosialisasi dengan generasi yang berbeda, sehingga dapat melihat dan terbiasa dnegan hubungan sosial yang dimiliki oleh pasanganmu. Selain itu, kamu dan pasangan juga dapat menjelajahi dunia satu sama lain dengan mencoba hal baru, bertemu orang baru, dan lebih terlibat dalam kehidupan satu sama lain.

  1. Menghargai Hubungan

Kalau Smart Viewers sering bertengkar dengan pasangan, kemungkinan usia bukan satu-satunya penyebab. Hubungan emosional dan fisik yang kuat adalah bagian terpenting dari hubungan apa pun tanpa memandang usia, jenis kelamin, dan perbedaan budaya. Itu sebabnya, menghargai satu sama lain adalah hal yang utama dari sebuah hubungan yang terpaut usia yang cukup jauh.

Oke Smart Viewers, kira-kira segitu dulu tipsnya untuk mengatasi masalah relationship yang berbeda usia. Perbedaan usia memang bukan menjadi salah satu hambatan, namun perbedaan usia juga dapat memicu polemik yang cukup pelik. Jadi, penting bagi Smart Viewers dan pasangan untuk saling mengerti dan memahami.

Nazli Humaira