Beragam Jenis Salad dari Setiap Negara di Dunia

Sehat memang menjadi suatu hal yang pasti diinginkan oleh semua orang. Salah satu cara untuk menjadi seseorang yang sehat adalah dengan memiliki gaya hidup yang sehat dengan memakan buah, sayur, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tak jarang juga masyarakat mengonsumsi kapsul kesehatan untuk membantu menunjang kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Namun, yang terpenting adalah mengonsumsi serta mengolah buah dan dan sayur yang segar. Jika Smart Viewers kurang ahli dalam memasak atau mengolah buah dan sayur untuk dikonsumsi, Smart Viewers dapat mengolahnya menjadi salad yang lebih mudah dalam proses persiapannya.

Mengapa Salad?

Salad biasanya merupakan makanan dingin yang berisi sayuran dengan saus biasa disebut ‘dressing’ yang disiram di atasnya. Tak jarang, salad menggunakan tambahan telur, potongan daging, atau seafood. Namun, sekarang selain salad sayur, terdapat juga salad buah yang konsepnya tak jauh berbeda. Namun salad buah menggunakan jelly dan nata de coco sebagai pelengkap. Kenapa salad menjadi salah satu alternatif menu makanan sehat? Jawabannya adalah karena selain mudah dibuat, mereka penuh dengan banyak  nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, vitamin E, dan vitamin C. Nutrisi ini dapat bekerja untuk menurunkan gula darah, mengatur kadar kolesterol, dan membantu menurunkan berat badan.

Terdapat banyak jenis salad yang Smart Viewers bisa recook di rumah, diantaranya berasal dari luar Indonesia. Kalau Smart Viewers penasaran dengan apa saja ragam jenis salad, berikut list mengenai beragam jenis salad dari setiap negara di dunia!

Jenis-jenis Salad dari 5 Negara di Dunia

  1. Nộm, Vietnam
Nộm - Wikipedia
Sumber Foto: Wikipedia

Nộm adalah salad tradisional yang berasal dari Vietnam. Makanan ini terbuat dari kombinasi sayuran parut segar seperti kol dan lobak, bersama dengan pepaya, mangga hijau, bunga pisang, irisan timun, dan terkadang bahkan daging babi rebus. Nộm merupakan nama di bagian Utara, sedangkan di Vietnam Selatan, salad ini dikenal sebagai Gỏi. Salad ini biasanya diberi saus nước chấm, dan sering disajikan dengan kerupuk udang di sampingnya.

  1. Pantzarosalata, Yunani
How to make homemade beetroot salad with yogurt - Famagusta News
Sumber Foto: Famagusta.News

Bit adalah bahan pokok dalam hidangan Yunani berwarna-warni yang hadir dalam dua versi berbeda. Bit yang dimasak dilapisi dengan saus berbahan dasar yogurt atau hanya dibumbui dengan cuka, sementara seluruh hidangan bisa disajikan dalam bentuk krim kental, atau sebagai salad biasa dengan bit potong dadu. Pantzarosalata secara tradisional disajikan dengan hiasan kenari utuh, dibelah dua, atau dihancurkan, dan paling sering dinikmati sebagai hidangan meze.

  1. Som tam khai khem, Thailand
Som Tam Khai Khem | Traditional Salad From Thailand, Southeast Asia
Sumber Foto: TasteAtlas

Som tam khai khem merupakan salad tradisional yang berasal dari Thailand dengaan dengan bahan utamanya adalah pepaya. Ada beberapa jenis som tam, dan yang satu ini bisa dibedakan dari yang lain karena atasnya diberi telur rebus asin. Salad ini biasanya dibuat dengan kombinasi pepaya hijau, cabai rawit, bawang putih, kacang hijau, tomat, kacang tumbuk, wortel, udang kering, dan telur asin rebus. Bahan-bahannya diaduk rata, sedangkan telur asin dipotong menjadi empat bagian dan diletakkan di atas salad. Kemudian, salad dibalut dengan kuah yang terdiri dari kecap ikan, gula aren, air jeruk nipis atau asam jawa, dan kaldu ayam.

 

  1. Caesar Salad, Italia
Cerita Ditemukannya Sajian Klasik Caesar Salad
Sumber Foto: BeritaSatu.com

Ditemukan pada awal 1920-an oleh Caesar Cardini, seorang koki Italia yang memiliki sebuah restoran di Tijuana, Meksiko. Dibuat dengan selada romaine, crouton, keju Parmesan, dan saus Caesar. Sausnya adalah campuran minyak zaitun, jus lemon, saus Worcestershire, mustard Dijon, dan bawang putih. Jika Smart Viewers penasaran dan ingin recook, kamu bisa menonton program BINUS TV bertajuk Weekend Dish pada episode Resep Caesar Salad di YouTube Channel BINUS  TV.

  1. Çoban Salatası, Turki
Turkish shepherd salad (Çoban salatası) | Recipe | A kitchen in Istanbul
Sumber Foto: Vidar Bergum

Salad tradisional asal Turki ini dapat ditemukan di seluruh negeri, terutama selama musim panas. Makanan ini juga populer dalam masakan Azerbaijan. Salad yang dibuat dengan kombinasi tomat cincang, mentimun, bawang bombay, paprika hijau, jus lemon, minyak zaitun, dan peterseli sangat segar dan nikmat untuk disantap. Bahan-bahan tersebut dicincang halus, dibalut dengan minyak zaitun, dibumbui dengan garam dan merica, lalu dicampur menjadi satu. Dianjurkan untuk menyajikan salad ini dengan roti kering di sampingnya agar lebih nikmat dan kenyang.

Segitu dulu ya Smart Viewers informasinya. Jangan lupa saksikan Weekend Dish untuk mengetahui resep-resep lezat yang mudah untuk dibuat di rumah yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV. Stay healthy!

Nazli Humaira