Menggoreng tanpa Minyak, Apakah Benar Air Fryer Lebih Sehat?

Tinggal di Indonesia memang tidak terlepas dengan makanan gorengan ya, Smart Viewers. Sepertinya jika sedang berpergian pasti penjual gorengan selalu mudah ditemukan. Bermacam-macam gorenganpun beragam dijual oleh penjual gorengan di gerobak, mulai dari tahu, tempe, cireng, pisang, dan berbagai jenis gorengan lainnya. jika pada umumnya gorengan identik digoreng menggunakan minyak, namun zaman sekarang ada teknologi baru memenggoreng makanan tanpa minyak dengan menggunakan air fryer. Air fryer ini cukup menyita perhatain, terlebih bagi seseorang yang menyukai makanan gorengan namun tidak mau mengandung minyak dan api.

Apa Itu Air Fryer?

Air fryer adalah alat memasak meja yang menggabungkan elemen pemanas dan kipas yang kuat untuk mengalirkan udara panas, mirip dengan oven konveksi. Air fryer menghasilkan makanan yang renyah di luar dan lembab serta empuk di dalam tanpa benar-benar digoreng. Philips menemukan penggorengan udara asli dan memulai debutnya di pameran elektronik konsumen Eropa pada tahun 2010. Sejak saat itu, kategori tersebut meledak. Menurut beberapa perkiraan, lebih dari 25 juta penggoreng udara terjual di AS selama dua tahun terakhir. Nama merek asli Philips, Airfryer, kini telah menjadi istilah umum untuk kategori tersebut.

Smart Viewers dapat menggoreng banyak makanan menggunakan air fryer dengan sangat praktis, seperti menggoreng nugget, roti, kentang, ayam, pizza, dan masih banyak lagi. Selain praktis, teknik menggoreng menggunakan air fryer juga tergolong hemat karena tidak membutuhkan minyak sehingga diklaim lebih sehat. Namun, apakah benar air fryer lebih sehat? Berikut penjelasannya!

Fakta Menggoreng menggunakan Air Fryer?

  1. Minim Lemak dan Kalori

Dikarenakan menggoreng menggunakan air fryer tidak menggunakan minyak, sehingga lemak dan kalori yang terkandung juga minim. Jadi Smart Viewers tidak perlu khawatir dengan lemak yang berlebihan.

  1. Makanan Tertentu Dapat Menjadi Pemicu Kolesterol

Walaupun meminimalisir kandungan lemak dan kalori pada makanan, hal ini tetap tergantung pada jenis makanan apa yang dimakan. Sebab ada beberapa jenis makanan tertentu yang dapat menimbulkan kolesterol loh, Smart Viewers.

  1. Hemat Energi

Walaupun menggunakan listrik, tapi biasanya air fryer yang dijual dipasaran rendah watt. Selain hemat listrik, penggunaan air fryer juga menghemat penggunaan gas dan minyak. Efisiensi energi ketika memasak menggunakan oven menurut CNET, rata-rata sekitar 50%.

  1. Potensi Keracunan Makanan

Kadar salmonella pada potongan ayam yang dilapisi tepung roti ketika dimasak dalam air fryer masih hidup dalam potongan ayam tersebut. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilaksanakan pada tahun 2019 dan diterbitkan oleh Journal of Food Protection.

  1. Nutrisi yang Tersimpan Lebih Banyak

Memasak menggunakan air fryer dapat merusak nutrisi tertentu. Vitamin C, E, dan polifenol dapat bertahan dalam kentang pada tingkat yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan alat lainnya.

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, sehat atau tidaknya penggunaan air fryer dapat diukur sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya, Smart Viewers. Jika Smart Viewers tertarik membeli air fryer, BINUS TV telah mereview air fryer yang mungkin bisa dijadikan pilihan kamu untuk membeli air fryer. Review air fryer tersebut dapat kamu tonton di program BINUS TV bertajuk Life Tech pada episode “Airfryer Di Bawah 400 Ribu ? Makanan Mateng Gak Tuh?” pada link video di bawah ini!

Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan teknologi lainnya berdasarkan fakta dan data yang dilengkapi dengan tips dan trik serta review teknologi-teknologi lainnya, Smart Viewers dapat menyaksikan Life Tech yang tayang setiap hari Kamis, pukul 16.00 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Nazli Humaira