Cara Pakai Sunscreen ini Malah Membuat Kulit Tak Terlindungi

Tinggal di Indonesia pasti gak jauh-jauh dari teriknya paparan sinar matahari ya, Smart Viewers. Maka dari itu, kita semua wajib menggunakan sunscreen agar paparan sinar matahari tersebut tidak merusak kulit dan menyebabkan penyakit. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari yang secara langsung terkena kulit dapat menyebabkan penuaan dini, kulit terbakar, melasma, kulit menghitam, sampai yang terburuk adalah resiko kanker kulit, serem banget ya Smart Viewers. Maka dari itu, kita semua harus menggunakan sunscreen dengan benar.

Pentingnya Menggunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen setiap hari diwajibkan karena selain dapat melindungi diri dari sinar ultraviolet A dan ultraviolet B yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, juga dapat menghambat penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kulit kendur, dan noda gelap pada kulit. Selain itu, sunscreen juga dapat mencegah bercak gelap pada kulit dan gunanya sunscreen adalah membantu meratakan warna kulit. Kalau Smart Viewers rajin menggunakan sunscreen, sudah dapat mengurangi risiko kulit terbakar dan terkena kanker kulit akibat rusaknya sel-sel kulit hasil paparan radiasi sinar ultraviolet.

Belakangan ini banyak video beredar di aplikasi TikTok, yang memberi informasi seputar kecantikan dan kesehatan. Dalam video tersebut banyak sekali misinformasi yang disampaikan mengenai tata cara penggunaan sunscreen yang baik dan benar. Berikut beberapa cara menggunakan sunscreen yang salah!

Cara Menggunakan Sunscreen yang Salah

  1. Tidak Meembaca Komposisi

Kalau Smart Viewers gampang keracunan saat belanja skincare, mulai sekarang harus lebih berhati-hati sebelum membeli produk sunscreen. Pada dasarnya segala jenis skincare, termasuk sunscreen itu cocok-cocokan danĀ  harus sesuai dengan jenis kulit serta kebutuhan.

  1. Hanya Menggunakannya saat Cuaca Panas

Bahkan pada cuaca yang mendung, paparan sinar UV juga tetap berisiko. Jadi, Smart Viewers wajib menggunakan sunscreen setiap saat pada kulit yang bersih.

  1. Mix Sunscreen dengan Kosmetik Lain

Mencampurkan sunscreen dengan kosmetik lain dapat memecah kandungan sunscreen. Setidaknya butuh waktu sekitar 15 menit untuk membuat sunscreen menyerap ke kulit. Jadi, Smart Viewers jangan asal mencampun sunscreen dengan bahan lainnya, ya!

  1. Memakai Sunscreen Terlalu Sedikit

Menggunakan sunscreen sebagai 2 jari dan mengoleskannya ke lengan, wajah, leher, punggung, paha, dan betis adalah cara yang tepat untuk mengurasi resiko paparan sinar matahari. Jangan lupa juga untuk re-apply secara berkala ya, Smart Viewers!

  1. Terpapar Sinar Terlalu Lama

Walaupun sudah menggunakan sunscreen ber SPF tinggi, terpapar sinar matahari terlalu lama juga tidak baik bagi kesehatan loh, Smart Viewers.

Cara Menggunakan Sunscreen yang Baik dan Benar

Cara menggunakan sunscreen yang benar adalah menggunakan sunscreen SPF 30 yang mempu memberi perlindungan sebesar 97% akibat sinar UVB. Selanjutnya adalah menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas, dapat di apply sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas diluar ruangan. Setelah itu menggunkan sunscree setelah memakai moisturizer dan jangan lupa untuk reapply secara berkala.

Segitu dulu ya Smart Viewers informasi mengenai per-sunscreen-an. Ssemoga ilmunya bermanfaat dan untuk Smart Viewers yang masih banyak salah dalam menggunakan sunscreen, semoga artikel ini dapat dijadikan referensi bagi Smart Viewers agar segera memperbaiki tata cara dalam menggunakan Sunscreen.

Nazli Humaira