Varian Es Krim Teraneh di Dunia, Berani Coba?

Es krim memang merupakan makanan yang pasti disukai segala kalangan. Mulai dari anak kecil, sampai orang dewasa dapat menikmati es krim. Varian rasa yang beragam membuat es krim semakin menarik dan banyak diminati, mulai dari rasa coklat, vanila, strawberry, hingga es krim dengan rasa yang kekinian sudah mulai bermunculan seiring dengan berjalannya waktu.

Asal-usul Es Krim

Sebenarnya, asal usul es krim diketahui berasal dari abad ke-2 Sebelum Masehi, meskipun tidak ada tanggal pasti penemuannya. Alexander the Great menikmati salju dan es yang dibumbui dengan madu dan nektar. Referensi Alkitab juga menunjukkan bahwa Raja Salomo menyukai minuman es selama panen. Selama Kekaisaran Romawi, Nero Claudius Caesar sering mengirim pelari ke pegunungan untuk salju, yang kemudian dibumbui dengan buah dan jus.

Lebih dari seribu tahun kemudian, Marco Polo kembali ke Italia dari Timur dengan resep yang sangat mirip dengan apa yang sekarang disebut sorbet. Sejarawan memperkirakan bahwa resep ini berkembang menjadi es krim sekitar abad ke-16. Inggris telah menemukan es krim pada waktu yang sama, atau bahkan mungkin lebih awal dari orang Italia. Prancis diperkenalkan dengan makanan penutup beku serupa pada tahun 1553 oleh orang Italiayang bernama Catherine de Medici ketika dia menjadi istri Henry II dari Prancis. Kemudian baru pada tahun 1660, es krim tersedia untuk masyarakat umum. Sisilia Procopio memperkenalkan resep campuran susu, krim, mentega, dan telur di Café Procope yang merupakankafe pertama di Paris.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, banyak varian rasa eskrim yang unik, inovatif, bahkan nyeleneh danmembuat orang-orang penasaran dengan rasanya. Es krim tersebut berasal dari berbagai negara di dunia, penasaran apa saja? Berikut varian es krim teraneh di dunia, Smart Viewers berani coba nggak?

5 Varian Es Krim Teraneh di Dunia

  1. Es Krim Rasa Mie Goreng

Yang satu ini asalnya dari Indonesia nih, Smart Viewers. Siapa sih yang gak tau Indomie goreng? Pada tanggal 1 April 2023 kemarin, Choc Rocks berhasil meluncurkan produk kolaborasinya bersama Indomie. Menurut Senior Brand Manager Indofood Ice Cream, produk ini ditargetkan bagi peminat dessert bercita rasa asin. Es krim ini terbuat dari campuran whey protein, susu, dan cokelat, dan tidak lupa juga penambahan topping remahan mie instan.

  1. Es Krim Rasa Daging Kuda Mentah

Jepang memang tidak pernah kehabisan ide untuk menciptakan sesuatu yang unik ya, Smart Viewers. Basashi Ice merupakan sebutan untuk es krim rasa vanila dengan campuran daging kuda mentah. Salah satu blogger yang pernah mencicip es krim ini menyebutkan bahwa rasa dari Basashi Ice sangat unik, bertekstur lembut, dan ada potongan daging kudanya. Entah kenapa walaupun terbilang sedikit ekstrim, tapi es krim satu ini punya banyak peminat.

  1. Es Krim Rasa Tinta Cumi

Menu dengan saus ‘cumi hitam’ memang sangat nikmat ya Smart Viewers, apa lagi dicampur dengan nasi panas. Tapi pernah apa kamu pernah kepikiran kalau cumi hitam yang biasanya dijadikan menu makanan, diolah menjadi es krim? Es krim olahan tinta cumi yang disebut dengan Ikasumi ini dinilai memiliki rasa yang sedikit amis namun baik untuk kesehatan.

  1. Es Krim Rasa Daging Gurita

Tidak kehabisan ide, Jepang menciptakan inovasi es krim vanila yang dicampur dengan potongan tentakel gurita utuh. Saking uniknya, cara memakan es krim ini adalah mencampurnya dengan kecap asin.

  1. Es Krim Rasa Empedu Ular

Lagi-lagi, Jepang menciptakan varian es krim yang aneh dan terbilang ekstrim. Kali ini berasal dari reptil, yaitu ular. Menggunakan ular viper, reptil paling beracun dan mematikan ini diambil empedunya dan kemudian diolah menjadi eskrim.

Gimana Smart Viewers? Tertarik coba nggak nih? Semoga informasi yang diberikan tadi dapat bermanfaat untuk dijadikan referensi kalau Smart Viewers ingin wisata kuliner es krim dengan rasa yang unik-unik.

Nazli Humaira