Pamali-pamali ini Katanya Bisa Mendatangkan Kesialan! Percaya?

Indonesia merupakan negara dengan banyak wilayahnya yang masih sangat kental dengan hal-hal mistis. Tidak heran, banyak mitos-mitos beredar sesuai dengan daerah dan kepercayaan masing-masing. Mitos-mitos yang beredar disertai dengan cerita mistis yang mencekam beserta pantangan-pantangannya, jika Smart Viewers melanggar bisa pamali dan dipercaya bisa terkena sial. Ngeri banget kan, Smart Viewers? Kalau penasaran, simak artikel berikut ya!

Apa itu Pamali?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pamali adalah larangan atau pantangan berdasarkan adat dan kebiasaan. Kata ‘pamali’ juga sering dikait-kaitkan dengan hal-hal mitos yang ada di lingkungan sekitar. Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan kata ‘pamali’ sebagai awalan untuk melarang orang lain agar tidak melakukan apa yang dilarang.

Sampai sekarang masih banyak hal-hal yang pantang dilakukan dan dipercaya dapat mendatangkan sial jika masih tetap dikerjakan. Untuk itu, Smart Viewers harus memerhatikan hal-hal berikut agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut hal-hal pamali yang harus diperhatikan dan dihindari!

5 Pantangan yang jika Dilanggar akan Mendatangkan Sial

  1. Yen mangan kudu dientekke, mundhak pitike padha mati.”

Kalimat berbahasa Jawa yang artinya “Kalau makan harus dihabiskan agar ayamnya tidak mati semua” berarti orang tua ingin mendapatkan rezeki dari Tuhan untuk sesuap nasi tidak cuma ditempuh dengan doa, melainkan dengan bekerja keras. Oleh karena itu, orang tua akan selalu menyarankan kepada anak-anaknya untuk menghabiskan makanannya. Jika makanan tersebut dihabiskan, maka seorang anak dapat mensyukuri rezeki yang diberikan dari Tuhan yang diperoleh orang tuannya dengan kerja keras.

Dapat disimpulkan bahwa seorang yang tidak dapat bersyukur justru akan dikurangi rezeki yang diterimanya. Pengurangan rezeki ini karena tidak mensyukuri rahmat Tuhan tersebut dilukiskan dengan “ayam yang akan mati bila tidak habis makanannya”.

  1. Berucap Kasar di Tempat Kramat

Pantangan kedua adalah berucap kasar di tempat kramat. Walaupun tempat tersebut sudah tak berpenghuni, tapi kita harus tetap bersikap sopan dan tidak berkata kasar. Hal ini berkaitan erat dengan keberadaan makhluk halus yang dipercaya menghuni tempat tersebut. Maka dari itu, Smart Viewers tetap dilarang untuk mengucap kata kotor, jika tidak seseorang dapat tersesat atau bahkan kesurupan.

  1. “Aja tansah seneng mangan nganggo mangkok, mundhak ditinggal lunga sedulure.”

“Jangan selalu suka makan dengan mangkuk karena akan ditinggal pergi oleh saudaranya”. Dalam masyarakat Jawa, mangkok dijadikan sebagai tempat sayur. Maka dari itu, orang yang makan nasi dan sayur menggunakan mangkuk akan tidak disukai keluarganya. Pantangan ini mengajarkan agar selalu bersikap bijak dalam menggunakan barang yang selaras dengan fungsinya.

  1. Membuang Nasi

Dalam pepatan Jawa yang menyatakan “Aja buwang sega sisa mangan, mundhak ing tembe bakal dadekake cecongkrahan sajroning kluwarga.”. Maksudnya adalah seorang anak yang makan hendaklah tidak lebih dan tidak kurang. Jika berlebihan, bersisa dan kemudian dibuang, artinya akan ada sisa rezeki yang dibuang. Dan jika hal itu terjadi, akan timbul amarah orang tua kepada si anak, karena anak itu tidak menghargai rezeki yang diberikan Tuhan melalui kerja keras orang tuanya.

  1. Bercermin Malam Hari

Untuk para wanita yang suka menata rambut di malam hari, sebaiknya berhati-hati dengan pamali yang satu ini. Bercermin pada malam hari dipercaya akan menemui pantulan sosok yang bukan dirinya. Mitos yang menyebar menyatakan bahwa sosok di dalam cermin tersebut adalah mahluk halus yang menyerupai wajah kita. Selain itu, bersisir menghadap kaca saat malam hari juga dipercaya akan mengundang hantu kuntilanak mendatangi orang tersebut.

Segitu dulu ya, Smart Viewers informasi mengenai hal-hal yang pamali dikerjakan. Namun, selain pamali yang sudah ditulis di atas, ternyata masih banyak lagi pamali lainnya yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Kalau Smart Viewers penasaran, tertarik dan ingin menonton konten serupa, silahkan tonton Dinas Malam Episode “Pamali Terkait Kematian”

Jangan lupa untuk tonton program Dinas Malam, tayang setiap hari Jum’at pukul 19.30 WIB, hanya di YouTube BINUSTV Channel!

Nazli Humaira