Serupa Tapi Tak Sama, Berikut Jenis-jenis Kari Di Dunia!

Kari merupakan makanan yang dapat ditemukan di banyak tempat yang ada di dunia. Di setiap negara yang mempunyai hidangan berupa kari, pastinya memiliki cita rasa dan ciri khas masing-masing serta dengan gaya masakannya yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Asal Usul Kari di Dunia

Pada dasarnya, kari merupakan makanan yang dimasak dengan rempah-rempah sehingga mempunyai cita rasa tajam dan cenderung pedas. Makanan asal Asia Selatan, tepatnya India ini telah meluas ke negara-negara daerah Asia Pasifik dan Eropa. Masala atau curry powder merupakan campuran dari berbagai macam bumbu dan rempah yang dibuat pertama kali pada zaman kejayaan kerajaan Britania.

Komposisi kari yang asli kurang lebih mengandung ketumbar, kunyit, merica, cabai, paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, dan masih banyak komposisi lainnya. Sebenarnya, komposisi dan rasa akhir pada kari tergantung pada di negara atau daerah mana makanan tersebut dimasak. Hal ini karena setiap negara memiliki berbagai macam kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara tersebut.

Kalau Smart Viewers penasaran, dengan olahan kari dari berbagai negara beserta perbedaannya, berikut jenis-jenis kari di dunia!

Jenis-jenis Kari di Dunia!

  1. Kari India
Resep Masak Kari Ayam India, Rempahnya Aromatik
Sumber Foto: IDN Times

Kari India terdiri dari 25 rempah dan biasanya disajikan dengan roti canai ato nasi. Uniknya, banyak macam bahan masakan ditambahkan kedalam, mulai dari daging hingga buah. Kari yang paling terkenal adalah kari berkuah cokelat pekat yang mirip sekali dengan rendang.

  1. Kari Jepang
Biar Badan Hangat, Yuk, Makan Nasi Kari Jepang di Tempat Ini!
Sumber Foto: detikFood

Walaupun makanan khas Jepang, sebenarnya berakar dari kuliner Inggris. Makanan ini mulai dikenal oleh warga Jepang pada masa pemerintahan Meiji. Kari paling enak disajikan dengan nasi putih dan potongan katsu, tapi ada juga yang menyajikannya bersama mie tebal. Kalau Smart Viewers tertarik untuk masak kari khas Jepang, silahkan tonton video Resep Nugget Curry Rice di program Weekend Dish. Tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di BinusTV Channel.

  1. Kari Arab
Resep Kari Kambing Arab, Racikan Rempahnya Sedap Bikin Ketagihan
Sumber Foto: Kompas.com

Di Arab, kari biasa disebut dengan ‘karahi’. Berbeda dengan kari Jepang, masakan kari Arab biasanya dimasak dengan daging ayam atau domba. Selain itu, yang membuat kari Arab berbeda dengan kari-kari lainnya adalah proses memasaknya. Karahi juga bisa dinikmati bersama roti maryam dan nasi biryani.

  1. Kari Indonesia
Resep Kari Ayam dan Kentang Kuah Encer, Gurih Berempah
Sumber Foto: detikFood

Kari yang ada di Indonesia juga tidak kalah menggunakan rempah-rempah yang berlimpah dibanding dengan kari yang lainnya. Rempah-rempah yang digunakan bisa dibilang lebih beragam dan kompleks, seperti daun jeruk purut, serai, lengkuas, salam, santan, ketumbar, kunyit, dan masih banyak lagi. Ternyata, masakan seperti sate Padang dan gulai juga termasuk dalam jenis kari loh, Smart Viewers.

  1. Kari Pakistan
Kari Pakistan Yang Sedikit Mirip Dengan Kari Arab
Sumber Foto: WowKeren.com

Serupa dengan kari Arab, kari Pakistan mempunyai ciri khas tersendiri dibandingkan dengan kari Arab. Sejumlah wilayah mempunyai rempah-rempah yang berbeda, salah satunya adalah kari dari Lahore yang menambah bawang putih dan cuka ke dalam bumbunya.

  1. Kari Thailand
Resep Kari Ayam Merah Thailand ala Rumahan
Sumber Foto: Kompas.com

Kari asal Thailand rasanya tidak seberat kari-kari lainnya. Ciri khasnya adalah lebih lembut dan kuahnya cair. Warnanya juga tergantung pada bahan utamanya, seperti kari merah yang memakai cabai rawit, kari berwarna hijau dengan kuah keruh yang menggunakan cabai hijau, serta kuah kuning yang menggunakan kunyit mirip dengan kari India.

  1. Kari Malaysia
Kari Malaysia Yang Rempahnya Unik Banget
Sumber Foto: WowKeren.com

Yang terakhir adalah kari asal Malaysia. Berbeda dengan Indonesia, Malaysia punya bahan utama dan rempah yang berbeda. Malaysia memiliki nasi kandar yang merupakan nasi dengan berbagai jenis kari. Bahan utamanya beragam seperti daging sapi, kambing, terong, dan telur.

Nah, itu dia Smart Viewers, berbagai jenis-jenis kari yang ada di dunia. Smart Viewers tertarik cobain yang mana nih?

Nazli Humaira