Menghibur dan Meningkatkan Nilai Islami, Ini Rekomendasi Film Bertema Islam!

Menonton film memang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan, karena dapat melepas penat setelah bekerja di hari yang panjang. Selain melepas penat, menonton film juga dapat menjadi sarana hiburan dan juga dapat menambah pengetahuan bagi yang menonton. Terdapat banyak genre yang dapat dipilih oleh Smart Viewers, seperti horror, thriller, drama, romance, dan ada juga genre religi yang dapat meningkatkan nilai keagamaan.

Manfaat Menonton Film Religi

Menonton film religi selain untuk menghibur diri adalah untuk mengisi waktu luang. Dalam hal ini, walaupun hanya dengan menonton film setidaknya terdapat pelajaran (agama) yang dapat diambil. Hal selanjutnya adalah menghindari ghibah. Secara tidak langsung, ketika seseorang sedang menonton film maka orang tersebut akan lebih sedikit bicara, jadi paling tidak sekitar 2 jam orang tersebut terhindar dari ghibah.

Maka dari itu, berikut rekomendasi film bertemakan Islam yang wajib banget dimasukan ke watch list Smart Viewers!

Rekomendasi Film Bertema Islam:

1. Di Bawah Lindungan Ka’bah (2011)

Under the Protection of Ka'bah (2011) - IMDb
Sumber Foto: IMDb

Rekomendasi pertama adalah film “Di Bawah Lindungan Ka’bah” yang rilis pada tahun 2011. Film ini berlatar pada sekitar tahun 1920-an, di suatu perkampungan daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Mengisahkan tentang pengorbanan dan kesetiaan cinta Hamid yang diperankan oleh Herjunot Ali kepada Zainab yang diperankan oleh Laudya Cynthia Bella. Sayangnya, perjalanan cinta Hamid dan Zainab tidak berjalan mulus, banyak cobaan dan tantangan. Penasaran bagaimana akhir dari kisah mereka? Jangan lupa tonton film Di Bawah Lindungan Ka’bah.

Selain mengisahkan lika-liku perjalanan cinta Hamid dan Zainab, film ini mengajarkan kita tentang keteguhan dan keikhlasan, percaya bahwa Allah itu ada, yakin akan pertolongan Allah, percaya bahwa bersama Allah merupakan sebuah kecukupan. Kalau Smart Viewers tertarik atau penasaran dengan film ini, berikut link menuju trailer film “Di Bawah Lindungan Ka’bah.”

2. Negeri 5 Menara (2012)

Negeri 5 Menara (2012) - IMDb
Sumber Foto: IMDb

Film rekomendasi yang kedua ini pada intinya bercerita tentang kehidupan 6 santri dari daerah yang berbeda, mereka sedang menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur. Mereka yang jauh dari rumah, berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Film “Negeri 5 Menara” ini ditujukan pada generasi penerus bangsa terutama bagi pemuda agar lebih berbakti kepada orang tua. Selain itu juga menjadi inspirasi bahwa untuk mewujudkan mimpi memang harus terus belajar dan menggapai pendidikan serta lebih penting untuk mendalami agama islam. Berikut link menuju teaser film “Negeri 5 Menara”

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Perempuanberkalungsorban.jpg
Sumber Foto: Wikipedia

Film yang satu ini selain menyajikan nilai agama Islam, tetapi juga nilai kesetaraan. “Perempuan Berkalung Sorban” menceritakan tentang Anissa yang merupakan seorang putri dari kyai sekaligus menjadi seorang ibu dan istri yang sejak kecil tinggal di lingkungan pesantren. Sejak kecil ia merasa mendapat perlakuan kurang adil, karena dia merupakan seorang perempuan, sampai pada akhirnya peristiwa demi peristiwa dilewatinya dan menimbulkan pertanyaan akan kebenaran ajaran agamanya. Penasaran bagaimana kelanjutan kisahnya? Berikut link menuju trailer-nya.

4. Sang Kiai (2013)

SangKiai2014.jpg
Sumber Foto: Wikipedia

Berlatarkan zaman penjajahan Jepang, film “Sang Kiai” awalnya menceritakan tentang penangkapan kiai yang melakukan perlawanan terhadap penjajah Jepang, karena tidak setuju untuk melakukan Sekerei (hormat pada matahari). Penangkapan KH Hasyim Asy’ari merupakan pemicu awal para santri untuk membebaskan Sang Kiai. Setelah kebebasannya, ternyata Jepang tidak tinggal diam, masih banyak aksi Jepang yang pada akhirnya membuat KH Hasyim Asy’ari memutuskan untuk mengeluarkan resolusi Jihad, kemudian membuat barisan santri dan massa penduduk Surabaya melawan sekutu. Terdapat nilai keimanan, kedislipinan, kemandirian, ibadah, dan lainnya.

5. Ayat-Ayat Cinta (2008)

Ayat-Ayat Cinta.jpg

Rekomendasi yang terakhir adalah “Ayat-Ayat Cinta.” Film pertamanya yang tayang pada tahun 2008 yang kemudian dibuat sekuelnya  pada tahun 2017, menceritakan tentang pria muslim yang  bekerja untuk mempertahankan idealisasi muslimnya sambil berjuang dengan poligami dan integritas dalam cinta. Film ini mengandung pesan moral berupa adanya dimensi manusia dengan Tuhan, yang mencakup keimanan, ketakwaan, dan tawaduk. Daripada penasaran, berikut link trailernya!

Segitu dulu ya, Smart Viewers rekomendasi film-filmnya. Selain menonton film yang bertema islami, jangan lupa untuk mengisi waktu luangmu dengan hal-hal lain yang juga bermanfaat, ya!

Nazli Humaira