Tips Bahagia Simpel ala BINUS TV!

Bahagia dapat berasal dari mana saja, setuju ngga, Smart Viewers? Mulai dari hal-hal terkecilpun dapat mendatangkan kebahagiaan. Bahkan terkadang sesuatu yang dipikir biasa-biasa saja, ternyata merupakan sumber kebahagiaan seseorang.

Definisi Bahagia

Kebahagiaan merupakan sesuatu yang dicari orang, dan semua orang ingin bahagia. Namun, apa yang mendefinisikan kebahagiaan bagi setiap individu dapat berbeda dari satu orang ke orang lain. Biasanya, kebahagiaan adalah keadaan emosional yang ditandai dengan perasaan senang. Meskipun memiliki banyak definisi berbeda, kebahagiaan sering digambarkan melibatkan emosi positif dan kepuasan hidup.

Definisi lain dari kebahagiaan berasal dari filsuf Aristoteles, mengemukakan bahwa kebahagiaan adalah satu-satunya keinginan manusia, dan semua keinginan manusia lainnya ada sebagai cara untuk memperoleh kebahagiaan. Aristoteles percaya bahwa terdapat empat tingkat kebahagiaan: kebahagiaan dari kepuasan langsung, dari perbandingan dan pencapaian, dari memberikan kontribusi positif, dan dari pencapaian pemenuhan.

Dua Komponen Kebahagiaan

  • Keseimbangan emosi: Setiap orang pasti mengalami emosi, perasaan, dan suasana hati positif dan negatif. Kebahagiaan pada umumnya dikaitkan dengan mengalami lebih banyak perasaan positif daripada perasaan negatif.
  • Kepuasan hidup: Berkaitan dengan seberapa puas perasaan seseorang dengan berbagai bidang kehidupannya termasuk hubungan, pekerjaan, pencapaian, dan hal-hal lain yang dianggap penting

Maka dari itu, terdapat beberapa tips untuk mencapai kebahagiaan. Tidak perlu sesuatu yang mewah, tetapi hanya hal-hal yang simpel saja sudah cukup untuk membuat bahagia. Berikut tips-tips bahagia simpel ala BINUS TV yang Smart Viewers wajib cobain!

Tips Bahagia Simpel ala BINUS TV!

1. Tersenyum dan Perbanyak Tertawa

Senyum itu memang merupakan salah satu ibadah yang paling mudah dilakukan, kapanpun dan dimanapun ya, Smart Viewers. Dengan tersenyum seseorang juga dapat menebar kebahagiaan kepada orang lain.

2. Berolahraga

Olahraga atau work out adalah hal kedua yang mudah dilakukan. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood. Simplenya, hormon ini juga meningkatkan energi positif.

3. Tidur Cukup

Bagi mahasiswa, waktu tidur itu sangat berharga. Belum lagi jika tugas numpuk dan deadline mepet. Tapi jangan terlalu dibawa stress ya, Smart Viewers, karena waktu tidur dan kualitas tidur juga mempengaruhi kebahagiaan seseorang, loh. Jadi, jangan lupa tidur yang cukup, ya!

4. Social Media Detox 

Hal selanjutnya adalah detox dari media sosial. Yaitu dengan mengurangi kegiatan scrolling media sosial, karena media sosial membuat interaksi sesama manusia secara langsung semakin berkurang, selain itu bisa juga membuat kecanduan. Biasanya kegiatan ini digantikan dengan aktivitas lainnya yang tidak menggunakan gadget.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat juga penting, karena nutrisi yang diberika oleh sayur dan buah-buahan menyehatkan badan. Sehingga jika tubuh terasa sehat dan bugar maka seseorang secara tidak langsung juga akan ikut bahagia. Ditambah lagi jika seseorang tersebut gemar memasak, kegiatan tersebut juga membantu untuk me-refresh diri. Karena melakukan hal yang kita sukai akan membuat diri bahagia.

6. Self Care

Kegiatan selanjutnya adalah self care. Kegiatan ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan upaya untuk sehat secara fisik, termasuk menjaga kebersihan diri, memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh, dan mencari perawatan medis bila diperlukan.

7. Me Time

Untuk sebagian orang, me time terkesan buang-buang waktu dan terlalu memanjakan diri sehingga mereka memilih untuk terus bekerja. Padahal seseorang butuh sesaat untuk melepas penatnya dari pekerjaan loh, Smart Viewers, salah satunya adalah dengan melakukan me time. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menonton, berbelanja, merawat diri, dan lain lain.

8. Main Game

Tips terakhir adalah bermain game. Zaman sekarang, permainan yang ditemukan semakin banyak, mulai dari game online, board game, card game, sampai permainan yang bermanfaat untuk menyatukan ikatan emosional yang baik. Salah satunya adalah Menara Tentang Kita. Penasaran game-nya seperti apa? Kamu dapat melihat review selengkapnya di program BINUS TV bertajuk RELOAD: Games On Review! episode “Ngabuburit Sambil Main Menara Tentang Kita”  pada link video di bawah ini.

Kamu juga dapat menyaksikan lebih banyak review gameplay seru yang up-to-date, ditambah info-info menarik seputar PC Game, Mobile Game, Board Games, dan masih banyak lagi di episode-episode RE-LOAD lainnya hanya di YouTube Channel BINUS TV, yang tayang setiap Jum’at pukul. 19.00 WIB!

Oke, segitu dulu ya Smart Viewers tips-tips bahagia yang simpel ala BINUS TV dan pastinya tidak perlu merogoh kocek yang banyak. Kebahagiaan itu bisa datang dari mana saja, jadi jangan takut untuk tidak Bahagia dan jangan lupa bersyukur!

Nazli Humaira