APRIL MOP: Hari Iseng Sedunia! Sebenarnya Darimana Asal Muasal dan Apa Saja Fakta-fakta Uniknya?

April Mop!”, sepertinya dari orang-orang dari zamandahulu hingga sekarang pasti sudah tidak asing lagi dengan kalimat yang sering dilontarkan setiap bulan April ini. Simpelnya, kata ini disebut ketika banyak orang menjadikan kebohongan sebagai sebuah candaan belaka. Tak jarang, teman-teman di sekolah menyampaikan suatu kebohongan dan diakhiri dengan kalimat “…tapi April Mop!”. Tapi Smart Viewers pernah kepikran ngga, sebetulnya dari mana sih asal-usul kata ‘April Mop’ itu sendiri? Selengkapnya, baca artikel berikut ini ya, Smart Viewers!

Asal Muasal April Mop!

April Mop atau yang sering dikenal sebagai April Fools Day, merupakan candaan berupa kebohongan yang disampaikan kepada orang disekitar dan dirayakan oleh generasi ke generasi setiap tanggal 1 April.

Teori asal usul April Mop yang paling populer bermula pada berubahnya kalender Julian ke kalender Gregorian pada tahun 1582. Perayaan Tahun Baru yang sebelumnya dirayakan setiap tanggal 1 April berubah menjadi 1 Januari. Bagi yang tidak terima dengan perubahan tersebut dan tetap merayakan Tahun Baru pada 1 April, mendapatkan ledekan dari orang lain. Mereka dikelabui oleh sekelompok orang atas apapun yang dikatakan, meski tindakan tersebut tidak dibenarkan, namun praktik ini kemudian menyebar ke seluruh Eropa.

Selain itu, ada juga sejarah yang mengatakan bahwa April Mop juga diyakini berkaitan dengan Festival Hilaria, yang dirayakan bangsa Roma kuno pada setiap akhir Maret. Dalam festival ini, orang-orang berdandan dan menyamar lalu mengejek banyak orang.

Kalau sudah mengetahui asal-usulnya, belum lengkap rasanya jika tidak mengetahui fakta-fakta unik dari April Mop yang pastinya tidak kalah menarik. Dari pada penasaran, berikut fakta-fakta unik mengenai April Mop!

Fakta-fakta Unik April Mop

1. Hilaria

Di Roma kuno, orang merayakan hari libur, yang disebut Hilaria, dan itu sangat mirip dengan All Fools Day! Di hari tersebut, orang-orang banyak yang bergurau atau bercanda atas suatu hal. Jadi bagi Smart Viewers jangan kepedean dulu ya kalau ada yang tiba-tiba confess, siapa tau Cuma April Mop!

2. Dipercaya Dimulai Tahun 1564

Dipercaya secara luas bahwa Hari April Mop dimulai pada tahun 1564, saat Prancis beralih ke kalender yang berbeda ketika Charles IX mengeluarkan dekrit yang mengatakan bahwa tahun baru akan dimulai pada tanggal 1 Januari, dan bukan pada hari Paskah, yaitu sekitar tanggal 1 April. Merayakan hari di bulan April akan disebut ‘April Mop‘.

3. Tertipu Cuaca

Banyak juga yang berpendapat bahwa orang mungkin datang untuk mengamati All Fools Day sekitar waktu ini karena titik balik musim semi (sekitar 21 Maret), ketika cuaca cenderung menunjukkan perubahan mendadak dan orang-orang tertipu.

4.      Poisson d’avril 

Di Prancis, orang yang tertipu disebut poisson d’avril, yang berarti “ikan April”. Bisa jadi, hal ini mengacu pada ikan yang mudah dipancing. Sebuah hal yang umum terlihat di Perancis pada tanggal 1 April ketika orang mencoba untuk diam-diam menempelkan ikan kertas ke punggung seseorang.

5.      Kemenangan atas Raja John

Cerita rakyat Inggris mengaitkan Hari April Mop dengan acara Gotham di Nottinghamshire sejak abad ke-13. Hal ini sudah menjadi tradisi bahwa setiap jalan yang diinjak raja akan menjadi milik umum. Raja John pernah merencanakan untuk melakukan perjalanan melalui kota Gotham, tetapi ketika penduduk mendengar hal ini, mereka menyusun rencana untuk menghentikan kunjungannya karena mereka tidak ingin berpisah dengan tanah mereka. Ketika sang raja mengirim tentaranya ke Gotham, mereka menemukan tempat itu penuh dengan orang ‘bodoh’ yang melakukan aktivitas tak berakal seperti menenggelamkan ikan di air atau mengurung burung di kandang tanpa atap. Raja rupanya menyatakan Gotham terlalu bodoh untuk dikunjungi, dan Hari April Mop kemudian dikenal sebagai kemenangan kota atas Raja John.

6. Teori Alkitab

Ada dua teori Alkitab juga tentang tugas orang bodoh. Dipercaya bahwa tokoh alkitab, Nuh, adalah yang pertama “April Mop” karena dia secara tidak sengaja mengirim burung merpati pada tanggal 1 April untuk melihat apakah air telah surut dari muka bumi dan untuk menemukan tanah kering sebelum itu terjadi. Menurut cerita lain, Yesus diutus pada hari ini ke Herodes dari Pontius Pilatus dan sebaliknya. Pepatah, “mengirim seorang pria dari Pilatus ke Herodes”, secara harfiah berarti mengirim seseorang untuk tugas orang bodoh.

Kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers informasi seputar April Mop. Inget ya, jangan kepedean dulu, siapa tau kamu bakal jadi korban April Mop

Nazli Humaira