Olahraga yang Cocok dilakukan saat Berpuasa di bulan Ramadan

Bulan Ramadan memang merupakan salah satu bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Ketika bulan Ramadan, kebanyakan orang mengurangi aktivitasnya saat berpuasa, salah satunya adalah mengurangi porsi berolahraga.

Olaharaga di bulan Ramadan sebenarnya sah-sah saja, namun harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Jika seeorang terlalu keras berolahraga saat puasa, maka kemungkinan orang tersebut akan bernafas lebih cepat dan suhu tubuhnya akan meningkat. Selain itu, kelelahan dan lemas karena kekurangan cairan juga bisa terjadi pada orang yang berolahrga terlalu keras ketika berpuasa.

Berolahraga saat Berpuasa Sebenarnya Boleh atau Tidak?

Saat puasa, seseorang harus menahan haus dan lapar untuk waktu yang cukup lama. Hal ini menyebabkan tubuh terasa lebih lemas dan lelah dari biasanya. Namun, lemas dan lelah yang dirasakan saat berpuasa tidak selalu menandakan kondisi berbahaya. Umumnya, hal ini terjadi akibat perubahan pola makan dan minum selama puasa.  Tapi selama Smart Viewers tidak mengidap penyakit atau kondisi kesehatan tertentu, berolahraga saat puasa itu aman untuk dilakukan, bahkan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Jika Smart Viewers berolahraga saat berpuasa, manfaatnya adalah mendatangkan mood yang baik, berat badan lebih terkontrol, tubuh bugar, sensitivitas insulin meningkat, hingga daya tahan tubuh yang lebih terjaga.

Lalu, olahraga apa yang paling cocok untuk dilakukan saat berpuasa di bulan Ramadan?

Rekomendasi Olahraga di Bulan Ramadan

  1. Jogging

Jogging sore sambil ngabuburit selama 15 hingga 20 menit setiap hari adalah salah satu pilihan yang paling mudah dilakukan. Selain mejaga keseimbangan tubuh, banyak manfaat yang didapatkan dari jogging, seperti meningkatnya hormon endporfin dan membakar kalori. Tapi, karena dilakukan saat puasa jangan terlalu keras ya Smart Viewers karena untuk menghindari dehidrasi.

  1. Zumba

Zumba sambil menunggu waku berbuka puasa juga menyenangkan loh, Smart Viewers. Selain membuat tubuh mnejadi segar dan bugar, zumba juga dapat membantu membakar lemak.

  1. Treadmill

Olahraga selanjutnya yang bisa dicoba saat berpuasa adalah treadmill. Olahraga ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu detokfikasi tubuh. Lakukan ini cukup selama 20 menit ya, Smart Viewers agar tidak membuat tubuh terlalu lelah ketika berpuasa.

  1. Skipping

Kalau olahraga yang satu ini dapat meningkatkan keseimbangan tubuh dan kepadatan tulang. Skipping dapat dilakukan dengan cukup 15 menit. Lakukan beberapa saat sebelum berbuka puasa ya, Smart Viewers.

  1. Yoga

Yoga dapat membantu menyplai oksigen ke dalam otak dan dapat menjaga pikiran agar tetap stabil. Smart Viewers dapat melakukannya di tempat yang tenang dan dengan bantuan musik dan aroma terapi agar semakin relax.

  1. Bersepeda

Bersepeda selama 45 menit dapat membakar sebanyak 300-350 kalori loh, Smart Viewers! Lumayan kan untuk membakar kalori hasil buka puasa semalam, hehehe….

  1. Squat

Squat selama 10 kali dalam 4 set juga dapat dilakukan untuk melatih ketahanan tubuh dan membuat tubuh lebih bugar. Smart Viewers bisa melakukan ini sebelum sahur, ya!

  1. Naik Turun Tangga

Kegiatan ini cukup simpel dan mudah dilakukan dimanapun, tetapi jika dilakukan terlalu keras akan menyebabkan dehidrasi. Sebaiknya lakukan kegiatan ini 10 menit saja ya, Smart Viewers agar tidak mengalami dehidrasi.

Segitu dulu ya rekomendasi seputar olahraga apa saja yang sebaiknya dilakukan pada saat bulan puasa. Ingat ya Smart Viewers, olahraga pada bulan puasa sangat bagus untuk dilakukan, tetapi jangan memaksakan diri terlalu keras guna menghindari sesuatu yang tak diinginkan.

Nazli Humaira