Makanan-makanan Ikonik Jepang di Anime Studio Ghibli ini Bikin Ngiler!

Smart Viewers, bagi yang pecinta Anime pasti sudah tak asing lagi dengan Anime Studio Ghibli. Animasi hasil produksi studio ini mengangkat unsur yang imajinatif, emosional, provokatif, dan pastinya sudah mendapatkan banyak sekali pujian yang luas di seluruh dunia.

Tarik Mundur Anime Studio Ghibli

Studio Ghibli berdiri pada tahun 1985 oleh Hayao Miyazaki dan Isao Takahata sebagai sutradara, serta Toshio Suzuki sebagai produser, akan tetapi Miyazaki dan Takahata memiliki hubungan yang jauh sebelum ini. Partner ini pertama kali bekerja sama pada tahun 1964, menandai awal dari kolaborasi yang akan berlanjut sepanjang karier mereka. Mereka berdua telah memproduksi banyak film dan acara televisi Jepang hingga tahun 1984, ketika Nausicaä of the Valley of the Wind, film fitur orisinal pertama yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki, menjadi box office dan sukses melejit.

Meskipun Nausicaä bukan produksi Studio Ghibli yang sebenarnya, Miyazaki menampilkan beberapa ciri khas yang sebagian menentukan gayanya. Hal ini menyampaikan pesan pro-lingkungan yang kuat dan memiliki pahlawan wanita di tengah cerita, kedua hal yang dia ingat sepanjang film masa depannya.

Toshio Suzuki adalah bagian dari tim produksi di Nausicaä. Dari penampilan film tersebut, Miyazaki dan Suzuki memutuskan untuk mendirikan studio mereka sendiri dan mengundang Takahata untuk ikut bergabung dengan mereka. Tokuma-Shoten, perusahaan penerbitan yang berbasis di Tokyo, menyediakan dana yang diperlukan untuk mendirikan Studio Ghibli, dan dimulailah perjalanan yang akan menghasilkan 21 film layar lebar dan reputasi sebagai salah satu studio animasi terbaik dunia.

Seputar Film-film Anime Studio Ghibli

Jika Smart Viewers tahu, Anime Studio Ghibli ini terkenal karena salah satunya memiliki ciri khas memproduksi film dengan kisah yang menyentuh, penuh nilai kemanusiaan, tanpa melupakan imajinasi yang pas untuk anak-anak dan dewasa. Beberapa filmnya yang direkomendasikan untuk di tonton adalah Spirited Away, My Neighbor Totoro, Kiki’s Delivery Service, Grave of the Fireflies, dan masih banyak produksi terbarunya yang tidak kalah bagus dan seru untuk di tonton.

Visualnya memang berhasil bikin penonton terbawa suasana, apa lagi ketika adegan yang menampilkan makanan. Visual dalam anime ini benar-benar detail sehingga membuat makanan terlihat semakin menggiurkan dan pastinya bikin ngiler banget. Untuk Smart Viewers yang sudah menonton, apakah kamu masih ingat dengan scene makanan ikonik Jepang sebagai berikut?

Makanan Ikonik Jepang di Anime Studio Ghibli

  1. Telur dan BaconHowl’s Moving Castle

7 Film Ghibli dengan Adegan Makan Paling Memorable - KINCIR.com

Smart Viewers yang kalau pagi-pagi bangunya suka kesiangan dan lupa sarapan, pasti akan trgiur jika menonton anime yang satu ini. Scene sarapan telur dan bacon di film ini benar-benar berhasil menggiurkan bagi para penontonnya.

  1. Ramen – Ponyo on the Cliff

From My Neighbor Totoro to Ninja Turtles: Anime Food in Real Life! |  SoraNews24 -Japan News-

Kalau hujan-hujan memang paling enak makan mie ya, Smart Viewers. Sama seperti film “Ponyo on the Cliff” yang Ramennya berhasil meningkatkan nafsu makan, terutama saat hujan turun.

  1. Bento – My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro Satsuki's Bento Recipe – FOOD is Four Letter Word

Jika kamu mendapatkan makanan dari orang lain pasti sangat menyenangkan ya, Smart Viewers? Tapi  akan lebih senang lagi jika ternyata makanan tersebut berisikan 4 sehat dan 5 sempurna. Selain itu, terlebih jika makanan tersebut dihias sehingga memiliki tampilan visual yang cantik seperti makanan Bento yang terdapat dalam film “My Neighbor Totoro“. Jadi makin semangat kan makannya!

  1. Tempura – From Up on Poppy Hills

From Up on Poppy Hill: Fried Fish - YouTube

Tempura yang di jual-jual di Indonesia memang menggiurkan. Tapi ternyata ada yang lebih menggiurkan lagi, yaitu Tempura di film “From Up on Poppy Hills“.

  1. Vegetable SoupCastle in The Sky

10 Studio Ghibli Foods You Can Actually Try In Real Life - pokemonwe.com

Sayur sop ala Jepang ini dari proses memasaknyapun sudah membuat orang yang melihatnya tergiur ya, Smart Viewers. Apalagi Vegetable Soup yang terdapat di film “Castle in The Sky” sudah ada yang pernah coba buat belum, Smart Viewers?

Oke, kira-kira segitu dulu informasi seputar Anime Ghiblinya. Daripada Smart Viewers makin ngiler menonton scene makanan di Anime, Smart Viewers bisa langsung coba masak salah satu makanan Jepang yang tidak kalah enak, yaitu Tamago Sando agar betul-betul merasakan sensasi seperti berada di dunia Anime. Resepnya dapat Smart Viewers saksikan di program BINUS TV bertajuk Weekend Dish yang berjudul “Resep Tamago Sando” pada link video di bawah ini!

Inspirasi resep-resep rumahan lainnya yang lezat dan mudah dibuat juga bisa Smart Viewers saksikan pada episode-episode lainnya di Weekend Dish yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB, hanya di YouTube BINUS TV.

Nazli Humaira