Jangan Berlebihan, Waspada Penyakit Psikologis Fans Garis Keras!

Pasti Smart Viewers pernah mendengar celetukan fans, atau bahkan menganggap sendiri bahwa ada salah satu member K-Pop adalah pacar, atau bahkan suaminya. Hal ini juga biasa disebut ‘Halu‘, hati-hati deh Smart Viewers, karena ini merupakan salah satu tanda bahwa Smart Viewers terkena Parasocial Relationship. Menurut penjelasan yang diambil dari YouTube channel BINUS TV, yang berjudul “Hubungan Halu A.K.A Parasocial Relationship’s“, Parasocial Relationship merupakan hubungan imajinasi satu sisi yang melibatkan antara pengguna media, dengan persona media yang merupakan idola mereka.

Kalau Smart Viewers sudah mencintai sosok idola hingga memiliki ikatan emosional yang mendalam dan merasa mengenal idolanya secara personal, sebaiknya Smart Viewers harus waspada dan segera mengoreksi diri. Namun, ternyata Parasocial Relationship ini memiliki dampak positif bagi para fans loh,  berikut dampak positif dari Parasocial Relationship!

Dampak Positif Parasocial Relationship

  1. Terhubung dengan Fans Lain di Dunia Nyata

Salah satu dampak positif dari Parasocial Relationship adalah dapat membuka kesempatan untuk terkoneksi di dunia nyata, misalnya berkumpul bersama sesama penggemar suatu idol group/idol. Biasanya fans membuat acara gathering yang diisi oleh kegiatan yang berhubungan dengan para idol, atau sekarang juga banyak yang mengadakan karaoke party.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Siapa disini yang suka gngga percaya diri? Kalau Smart Viewers memiliki hubungan Parasosial, mungkin saja Smart Viewers bisa menjadi lebih percaya diri karena merasa memiliki support system.

  1. Termotivasi akan Perubahan Positif

Dampak positif yang terakhir adalah meningkatkan motivasi untuk membuat perubahan yang positif dalam kehidupan. Contohnya adalah mengikuti gaya hidup sehat ala idolanya.

  1. Mengatasi Rasa Kesepian dan Stress

Sebuah studi pernah menyebutkan bahwa hubungan parasosial dengan idola selama dunia dilanda COVID-19 kemarin, berhasil membantu banyak orang mengatasi rasa kesepian dan stress akibat terbatasnya kontak sosial dalam jangka waktu yang lama.

Tapi, yang namanya halu atau apa lagi yang berlebihan itu tetap ngga bagus ya, Smart Viewers. Parasocial Relationship ternyata juga memiliki dampak yang buruk, sebagai berikut:

Dampak Negatif Parasocial Relationship

  1. Membanding-bandingkan Kehidupan

Kehidupan menjadi seorang idol kayaknya serba mewah dan menyenangkan ya, Smart Viewers. Tetapi, kalau Smart Viewers sudah berada pada titik membanding-mandingkan kehidupan dengan idola, itu sudah menjadi suatu hal yang tidak baik. Membanding-bandingkan kehidupan dapat membuat kita tidak puas dengan apa yang kita miliki sekarang, dan hal itu bukan suatu ide yang bagus.

  1. Tidak Puas dengan Hubungan dengan Orang Sekitar 

Dampak negatif kedua adalah tidak puas dengan hubungan dengan orang-orang sekitar, seperti hubungan dengan pacar. Hal ini dapat terjadi karena merasa pasangan tidak sesempurna sosok yang diidolakan.

  1. Empati Berlebihan

Dampak selanjutnya adalah empati yang berlebihan. Hal ini terjadi karena ikatan emosional yang mendalam dengan idola, menimbulkan rasa empati yang berlebihan terhadap segala hal yang terjadi dalam kehidupan si idol. Kalau sudah begini, Smart Viewers mungkin saja berpotensi memengaruhi suasana hati.

  1. Ekspektasi Terlalu Tinggi

Berbicara tentang ekspektasi, fans yang terlalu berlebihan akan menaruh ekspektasi yang tinggi terhadap idolanya, sehingga jika sang idola tidak memenuhi ekspektasinya maka akan sangat mungkin terjadi keributan.

Oke, kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers penjelasan seputar Parasocial Relationship-nya. Patut diingat ya, menjadi seorang fans cukup sampai mendukung kegiatan dan keputusan idol saja, jangan terlalu berlebihan. Jika dampak dari Parasocial Relationship sudah berlebihan, silahkan konsultasikan ke psikolog ya, Smart Viewers. Kalau Smart Viewers tertarik dengan pembahasan serupa seputar fenomena, peristiwa, dan hal-hal unik lainnya, jangan lupa saksikan program W.O.W setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB di YouTube channel BINUS TV!

Nazli Humaira