Menu Buka Puasa Terunik Di Dunia! Mau Coba?

Halo, Smart Viewers! Di bulan ramadan biasanya sangat erat kaitannya dengan berbuka puasa bersama keluarga, teman, atau kerabat. Berbuka puasa bersama ini juga menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk bersilaturahmi, terutama bagi yang memiliki teman atau kerabat yang telah lama tidak bertemu. Tak jarang, restoran-restoranpun sudah banyak dibooking selama bulan Ramadan untuk berbuka puasa.

Selain identik dengan berbuka puasa bersama, menu-menu ikonik untuk berbuka puasa menjadi hal-hal yang yang wajib disantap saat berbuka puasa.  Di Indonesia sendiri, menu berbuka puasa seperti kolak pisang, aneka gorengan, es campur, dan masih banyak makanan khas lainnya menjadi menu yang wajib disantap saat berbuka puasa. Tapi Smart Viewers tau ngga sih? Ternyata ada banyak menu hidangan buka puasa di dunia yang unik-unik dan jarang ditemukan di acara buka puasa biasa di Indonesia, loh!

Berikut menu-menu buka puasa terunik di dunia! Smart Viewers udah pernah cobain belum?

Menu Buka Puasa Terunik di Dunia

  1. Nasi Lemak, Malaysia
Resep Nasi Lemak Malaysia yang Sederhana Nikmat Rasanya
Sumber Foto: detikFood

Makanan yang satu ini cukup populer dan menjadi salah satu makanan khas Malaysia. Selain itu, makanan ini juga terkenal dan mudah ditemukan di beberapa negara, seperti Singapura, Brunei, termasuk Indonesia. Makanan ini berupa nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Nasi lemak biasanya dihidangkan bersama dengan lauknya berupa telur, ayam, ikan, dan sayuran.

  1. Güllaç, Turky
Gullac, Sajian Tradisional dari Turki
Sumber Foto: SUara.com

Kalau makanan yang satu ini bukan menu makanan utama ya, Smart Viewers. Güllaç bisa dibilang merupakan makanan pencuci mulut atau dessert, yang mana biasanya disantap setelah main course. Makanan ini berbahan dasar pati jagung, dengan  menambahkan air mawar dan beberapa jenis kacang untuk membuat makanan lebih menarik.

  1. Samosa, Pakistan
Resep Samosa, Lumpia Segitiga Khas Diwali di India
Sumber Foto: Kompas.com

Samosa merupakan makanan spesial untuk berbuka puasa di Pakistan. Makanan ini adalah sejenis gorengan yang berisi daging, kentang, bawang bombay, dan sering dimakan sebagai makanan sampingan atau snack. Makanan ini sekarang cukup mudah di temukan di Indonesia, terutama daerah Jakarta dan Bogor.

  1. Medames, Egypt
Berkas:Ful medames.jpg - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber Foto: Wikipedia

Bagi orang Mesir, makanan ini merupakan makanan yang paling sering dihidangkan dan merupakan makanan utama. Medames mengandung lava beans dan disajikan bersama minyak, bawang, dan jus lemon. Sebenarnya Medames adalah menu makanan untuk sarapan, tetapi selama bulan Ramadan menu ini dijadikan menu buka puasa.

  1. Hyderabadi Haleem, India
Haleem, Hidangan Ramadhan Terfavorit di Hyderabad | Republika Online
Sumber Foto: Repubika

Para muslim di India mempunyai menu berbuka puasa yang spesial nih, Smart Viewers. Makanan ini mengandung daging domba rebus, kacang-kacangan, dan gandum yang ditumbuk. Sama halnya seperti Medames, makanan ini dijadikan hidangan berbuka puasa khusus di bulan Ramadan.

  1. Fesenjan, Iran
Fesenjan, Makanan Khas Ramadhan di Iran yang Kaya Rasa - Tribun Travel
Sumber Foto: Tribun Travel

Makanan selanjutnya merupakan makanan utama khas orang Persia nih, Smart Viewers. Makanan yang terbuat dari kaldu bebek atau ayam ini dimasak menggunakan saus buah delima dan kacang kenari.

  1. Harira, Morocco
Harira Recipe - Moroccan Tomato Soup with Chickpeas and Lentils - Taste of Maroc
Sumber Foto: Taste of Maroc

Harira merupakan menu khas bulan ramadan asal Morocco. Makanan ini berbahan dasar sayur-sayuran, daging, saus tomat, dan tambahan rempah-rempah yang membuatnya kaya akan rasa.

  1. Jollof Rice, Nigeria
Cost of preparing jollof rice rises to N9,917 per pot in September - Nairametrics
Sumber Foto: Nairamerics

Kalau Indonesia punya nasi goreng, Nigeria juga punya makanan khas sejenis nasi goreng yang namanya Jollof. Tak seperti nasi goreng yang kita kenal pada umumnya, Jollof dimasak menggunakan bumbu-bumbu seperti saus tomat dan kari. Sebagai pelengkapnya, makanan ini disajikan bersama ayam panggang.

  1. Shorbat Adas, Palestine
Shorbat 'Adas Lentil Soup - Welcome To Palestine
Sumber Foto: Welcome To Palestine

Menu yang ini ngga kalah unik nih, Smart Viewers dari menu-menu sebelumnya. Shorbat Adas adalah makanan yang terbuat dari kacang-kacangan, sayuran, kaldu, dan rempah-rempah khas timur.

  1. Shakshuka, Algeria
Chakchouka(Algeria) Recipe - Food.com
Sumber Foto: Food.com

Menu hidangan buka puasa unik yang terakhir adalah Shakshuka. Makanan ini merupakan makanan yang terkenal dari Algeria dan beberapa negara timur tengah lainnya. Untuk Smart Viewers yang suka makan telur, Smart Viewers harus coba menu ini. Bahan dasarnya adalah telur goreng tetapi ditambah dengan beberapa bumbu dapur dan tambahan rempah-rempah, cabai, saus tomat, dan bawah bombai.

Segitu dulu ya, Smart Viewers informasi seputar hidangan buka puasa yang unik-unik dari seluruh dunia. Smart Viewers udah ada yang pernah coba belum? Atau, tertarik coba yang mana?

Mumpung masih bulan puasa, jika Smart Viewers bingung mau melakukan apa sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa menonton program FOMO episode “Cobain Takjil, Mana Yang Paling Enak?” pada link video di bawah ini! Kamu juga bisa menyaksikan episode FOMO lainnya yang tayang setiap Senin, pukul 19.00 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

 

Nazli Humaira