Bingung Pilih Jurusan Kuliah? Ini Rekomendasi Jurusan Berdasarkan Tipe Kepribadian Kamu!

Masa tahun ajaran sebentar lagi akan usai, Smart Viewers udah tau belum mau lanjut kuliah dimana? Memilih jurusan kuliah bagi beberapa orang menjadi menjadi suatu hal yang sangat sulit. Hal ini terjadi karena mereka dihadapkan dengan berbagai pilihan yang dapat menjadi salah satu faktor penentu masa depannya.

Tapi, bagi Smart Viewers sudah tahu belum jika jurusan kuliah dapat ditentukan oleh kepribadian seseorang? Penasaran kan kira-kira jurusan apa yang cocok sesuai jengan tipe kepribadian kamu? Berikut jurusan kuliah yang cocok berdasarkan tipe kepribadian!

  1. Realistic

Tipe kepribadian yang pertama adalah Realistic. Tipe kepribadian yang satu ini suka bekerja dengan hewan, alat, atau mesin, biasanya pemilik tipe kepribadian ini menghindari aktivitas sosial seperti mengajar. Buat Smart Viewers yang memiliki tipe kepribadian ini, biasanya menghargai hal-hal prakis yang dapat dilihat, sentuh, dan gunakan seperti hewan, tumbuhan, perkakas atau mesin.

Maka dari itu, Smart Viewers yang memikiki tipe kepribadian Realistic ini cocok untuk kuliah di jurusan Teknik Perminyakan, Arsitektur, Kedokteran Hewan, dan Teknik Sipil.

  1. Artistic

Mana nih Smart Viewers yang artsy? Untuk Smart Viewers yang gemar melakukan aktivitas kreatif, seperti seni, drama, kerajinan tangan, tari, musik, atau menulis kreatif, biasanya menghindari aktivitas yang sangat teratur atau berulang. Pemilik kepribadian ini juga memiliki kemampuan artistik yang baik dan menghargai seni.

Karena pemilik tipe kepribadian Artistic memandang dirinya sebagai sesuatu yang ekspresif, original, dan mandiri, jurusan yang cocok adalah DKV, Tata Boga, Jurnalistik, dan Fashion Design.

  1. Investigate

Tipe kepribadian ketiga adalah Investigate, mereka suka belajar dan memecahkan soal matematika atau sains. Umumnya pemilik kepribadian ini menghindari memimpin, menjual, atau membujuk seseorang. Tetapi jangan heran kalau mereka ahli dalam memahami dan memecahkan masalah matematika dan sains.

Mereka yang memiliki kepribadian Investigate juga memandang dirinya sebagai seseorang yang presisi, ilmiah, dan intelektual. Maka dari itu, jurusan yang cocok untuk Smart Viewers yang memiliki tike kepribadian Investigate adalah Psikolog, Sastra, Ilmu Gizi, Sistem Informasi dan Astrnomi.

  1. Enterprising

Kalau tipe kepribadian yang satu ini, terkenal karena suka memimpin dan mempersuasi orang lain. Selain itu, mereka juga suka menjual barang dan ide. Pada umumnya, mereka suka menghindari aktivitas yang membutuhkan pengamatan yang cermat dan pemikiran analitis yang ilmiah. Orang-orang yang memiliki tipe kepribadian Enterprising juga bijak dalam menghargai keberhasilan dalam politik, kepemimpinan, atau bisnis.

Mereka melihat dirinya sebagai sosok yang energik, ambisius, dan mudah bergaul. Maka, jurusan yang cocok adalah Hukum, Teknik Industri, Ilmu Pemerintahan, dan Bisnis Internasional.

  1. Social

Tipe yang satu ini suka melakukan sesuatu untuk membantu orang, seperti mengajar, merawat, atau memberikan pertolongan pertama, dan memberi informasi. Umumnya, mereka menghindari dari penggunaan mesin, perkakas, atau hewan untuk mencapai tujuannya. Jadi, tak heran kalau orang yang memiliki kepribadian Social sangatpandai untuk memberi konseling, gemar membantu orang, dan memecahkan masalah sosial.

Jika Smart Viewers memiliki tipe kepribadian Social yang melihat dirinya sebagai orang yang ramah, dapat dipercaya, dan suka membantu. Maka, jurusan yang paling cocok adalah Manajemen SDM, Hubungan Internasional, Farmasi, dan PGSD. 

  1. Conventional

Nah, tipe kepribadian yang terakhir adalah Conventional. Mereka suka bekerja dengan angka, catatan, atau mesin dalam satu set. Mereka umumnya menghindari aktivitas yang ambigu dan tidak terstruktur, selain itu mereka juga pandai bekerja dengan catatan dan angka tertulis dengan cara yang sistematis dan teratur. Tipe kepribadian ini menghargai kesuksesan dalam bisnis.

Sebagai orang yang teratur dan pandai mengikuti rencana yang ditetapkan, jurusan yang paling cocok adalah Statistika, Akuntansi, Manajemen Keuangan, dan Ilmu Perpustakaan.

Kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers informasi mengenai jurusan kuliah yang cocok dengan kepribadian masing-masing. Sambil menunggu masa-masa memasuki perkuliahan, Smart Viewers bisa melihat inspirasi dan harga outfits yang dikenakan oleh Binusian. Kamu dapat menonton program FOMO episode “Kalau Mau Gaul, Haruskah Pakai Brand Mahal?” pada link di bawah ini!

Konten social experiment BINUS TV yang mengulas beberapa opini dari berbagai sudut pandang orang yang berbeda-beda, di FOMO (Find Out My Opinion) setiap Senin, pukul 19.00 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Nazli Humaira