Pertahankan Posisi 1 di ASEAN, BINUS University Cetak Peringkat Sebagai Program S2 Bisnis Terbaik Di Dunia

Smart Viewers, kamu bangga gak sih bisa berkuliah di BINUS University dan menjadi BINUSIAN? Pastinya BINUSIAN sangat bangga menjadi bagian dari BINUS University, karena selain menjadi perguruan tinggi swasta nomor 1 di Indonesia, BINUS University juga bertahan pada posisi 1 di ASEAN pada AppliedHE Private University Ranking: ASEAN+ 2023.

Hal ini sesuai dengan indikator penilaian yang dilakukan pada 6 bidang, yaitu:

  1. Teaching and Learning

Pada indikator pertama, mengukur kepuasan mahasiswa terhadap pengajaran, fasilitas, serta rasio dosen terhadap mahasiswa. Indikator ini dinilai sebesar 40%.

  1. Employability

Indikator yang dinilai sebanyak 15% ini mengukur presentase lulusan yang bekerja atau yang melanjutkan studi dan presentase yang dipantau setelah kelulusan.

  1. Research

Indikator ini mengukur jumlah penelitian yang berdampak dan sering dikutip.

  1. Community Engagement

Indikator ini mengukur keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan sosial dan lingkungan serta jumlah eksposure pemberitaan di media.

  1. Internationalization

Merupakan indikator yang menilai seberapa besar jumlah mahasiswa dan fakultas internasional di kampus.

  1. Institutional Reputation

Indikator yang terakhir adalah yang diperoleh berdasarkan nominasi yang diberikan oleh sesama perguruan tinggi.

Tapi Smart Viewers tau gak? Ada berita yang tidak kalah membanggakan lagi dari prestasi yang diraih oleh BINUS Univerity, yaitu BINUS University berhasil masuk kedalam peringkat program S2 Bisnis di dunia.

Pemeringkatan ini di nilai oleh lembaga pemeringkatan institusi pendidikan tinggi asal Inggris, Quacquarelli Symonds (QS) yang merilis peringkat QS Global MBA Rangkings 2023. Kerennya, BINUS University melalui Binus Business School Master’s Program berhasil masuk TOP 250 program bisnis diseluruh dunia. Terdapat beberapa kategori pemeringkatan yang bergengsi dan mengurutkan program S2 bisnis dari seluruh dunia, termasuk Asia Pasifik, Amerika, hingga Eropa.

Urutan rank #201-250

BINUS Business School Master’s Program berhasil masuk pada urutan ke 201-250, dan untuk wilayah Asia berada pada urutan 33-40. Yang tak kalah membanggakan lagi adalah BINUS Business School Master’s Program unggul dalam banyak indikator penilaian, meliputi Employability, Return of Invesment, Entrepreneurship & Alumni Outcomes, dan Class & Faculty Diversity.

Prestasi yang diraih oleh BINUS University ini mengalami peningkatan dibanding pada tahun 2022, baik secara global maupun di regional Asia. Jika ditotal, jumlah peserta yang mengikuti penilaian QS Global MBA Rangkings 2023 mencapai 300 universitas.

Tahun ini, BINUS Business School Master’s Program juga termasuk dalam salah satu pemeringkatan baru, yaitu QS MBA by Specilization Rankings: Operation Management yang kemudian berhasil masuk dalam jajaran rank ke 71-80.

Harapan Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M.

Dikutip dari detikedu, Rektor BINUS University, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. menyampaikan rasa syukur atas pencapaian BINU ini. Menurutnya, pencapaian ini merupakan salah satu apresisasi atas kualitas pendidikan di BINUS Business School sesuai standar yang telah ditetapkan. Selain itu, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M juga berharap hal ini dapat terus menjadi acuan bagi BINUS Business School untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan membuka ruang bagi seluruh civitas academia untuk terus berinovasi dan berkarya.

Dr. Irni Setiowati, yang merupakan Dekan BINUS Business School Master’s Program, mengatakan bahwa pencapaian ini menjadi harapan untuk BINUS University berkontribusi lebih di bidang pendidikan bisnis.

Gimana, Smart Viewers? Sangat membangkakan kan pencapaian BINUS University dari tahun ke tahun? Terlebih di Indonesia sendiri juga memiliki banyak sekali universitas yang bagus. Untuk Smart Viewers yang juga masih mencari-cari universitas, jangan lupa untuk apply di BINUS University ya, Smart Viewers! Sampai ketemu di kampus!

Nazli Humaira