Tren TikTok Karantina COVID-19 Selama Ramadan yang Bikin Auto Flashback!

Smart Viewers, masih inget gak, beberapa tahun lalu kita semua dikarantina karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia? Yang awalnya sekolah hanya dikabarkan libur seminggu, diperpanjang menjadi sebulan, ehh malah jadi 2 tahun! Pada masa itu, terutama di bulan Ramadan, kebanyakan orang mulai aktif di TikTok untuk membuat konten ataupun sekedar scrolling sembari menunggu waktu berbuka puasa. Mulai dari situ, banyak wajah-wajah baru yang muncul menjadi Selebriti TikTok atau yang biasa disebut Selebtok, serta bermunculan tren-tren yang booming pada masanya.

Untuk itu, agar Smart Viewers tidak lupa dengan masa-masa Ramadan tahun 2020 silam, berikut beberapa tren yang sempat booming pada masanya!

  1. Lagu Jedag-jedug Mulai Banyak yang Pakai

Siapa yang dulu anti banget sama ‘jedag-jedug‘ atau lagu remix? Mungkin kesannya hal ini terbilang ‘alay’ ya, Smart Viewers. Namun jangan salah, ternyata banyak banget remaja dan bahkan orang dewasa membuat video dengan sound ‘jedag-jedug‘. Sampai sekarangpun semakin banyak lagi orang yang menggunakan sound ‘jedag-jedug‘, bahkan menggunakan templatenya melalui aplikasi Cap Cut.

  1. Cat Rambut

Ngaku, siapa yang pernah diwarnain rambutnya waktu karantina kemarin? Banyak banget loh ternyata yang ngabuburit dengan mewarnai rambut dengan warna-warna yang bisa dibilang berani, seperti warna merah, hijau, biru, dan masih banyak lagi? Tak lupa, ketika mewarnai rambut, kebanyakan sambil membuat konten. 

  1. Oh my God guys, jadi di sekolahku ada Thai Tea, gemoy”

Nah, pada tahun 2020 sempat viral sound TikTok milik salah satu murid di SMA Islam swasta di daerah Jakarta. Kabarnya, pada saat itu salah satu bagian sekolah tergenang air karena hujan besar, hal itu menimbulkan kubangan air tanah yang berwarna coklat muda seperti ‘Thai Tea’. Entah kenapa sound ini bisa viral dan menjadi salah satu core memory di tahun 2020.

  1. Kopi Dalgona

Hayo Smart Viewers ngaku, siapa yang pernah ngabuburit sambil ngocok kopi dalgona untuk di minum setelah buka puasa? Pada zaman itu, banyak sekali video yang beredar di For You Page tentang Netizen yang membagikan resep beserta momennya saat membuat kopi dalgona, sebenarnya ada juga dalgona matcha tetapi tidak seviral kopinya.

  1. Zoom Rame-rame

Pada masa itu, beberapa Tiktokers membuat ruangan di aplikasi zoom yang di publikasikan agar banyak orang yang bisa ikutan nge-zoom bareng Tiktokers lainnya. Mulai dari momen itu, terbentuk beberapa circle baru yang sampai sekarang masih eksis di TikTok.

  1. Video Transisi

Video transisi yang masih sering digunakan oleh pengguna TikTok sampai saat ini biasanya merupakan video transisi biasa. Namun, pada masanya, seorang Tiktoker bernama Rizky Alatas atau yang terkenal dengan sapaan Ateng sempat viral karena transisinya yang skillnya dinilai keren. Berikut merupakan contoh dari transisi hasil karya Ateng, https://vt.tiktok.com/ZS8V4D7gs/.

  1. Tie-dye

Siapa yang pernah ikutan tren tie-dye baju? Pada masa karantina pandemi COVID-19, banyak sekali orang yang membuat konten saat dirinya sedang mewarnai baju atau kain dengan teknik ikat ini.

Oke, kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers flashback-nya mengenai masa-masa bulan Ramadan di tahun 2020 lalu. Kangen banget gak sih? Pasti kangen banget, ya! Berhubung sudah memasuki bulan Ramadan, kira-kira hal apa lagi nih yang bisa dijadikan tren dan dilakukan sembari menunggu waktu buka puasa?

Daripada bingung mikirin kegiatan apa yang bisa kamu lakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa, BINUS TV mempersembahkan program spesial Ramadan “Ngabuburit Yuk!’ bersama Husain (Kadam Sidik) yang cocok banget ditonton sebelum berbuka puasa. “Ngabuburit Yuk!’ bersama Husain (Kadam Sidik) akan tayang setiap hari Jum’at selama bulan Ramadan, pukul 16.30 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Nazli Humaira