Wibu Wajib Tahu! Ketahui Fakta-fakta Menarik dari Film Suzume!

Smart Viewers, hayo ngaku siapa yang Wibu? Biasanya, penggemar Anime atau yang biasa disebut Wibu itu gemar menghadiri event berbau Jepang, cosplay, tapi biasanya paling banyak orang melakukannya dengan menonton Anime.

Ngomong-ngomong soal Anime, zaman sekarang banyak Anime yang menarik para penggemarnya, salah satunya adalah “Suzume”. Film yang berdurasi sekitar 2 jam 2 menit ini menceritakan tentang remaja yang bernama Suzume berusia 17 tahun yang menemukan pintu misterius di pegunungan.  Kemudian tak lama kemudian, pintu lain mulai muncul di seluruh Jepang. Saat pintu terbuka, mereka melepaskan bencana dan kehancuran, dan terserah Suzume untuk menutupnya lagi.

Karena sebentar lagi puasa, setiap orang punya caranya masing-masing untuk beraktivitas sembari menunggu waktu buka puasa. Namun, sekarang banyak yang memilih untuk menonton sebagai aktivitas untuk membunuh waktu. Bagi Smart Viewers yang Wibu dan suka nonton Anime disarankan untuk menonton “Suzume”. Maka dari itu, berikut faktia-fakta menarik dari film “Suzume”!

Fakta-fakta Menarik Film Suzume!

  1. Adaptasi dari Kisah Mitologi Jepang

Smart Viewers pasti tau kalau Jepang itu terkenal dengan mitos-mitos dan budaya yang ikonik. Makanya, banyak Anime yang jalan ceritanya diangkat dari mitos populer. Namasu atau yang biasa dikenal sebagai naga bergerak di bawah tanah, sehingga menyebabkan guncangan. Selain itu, karakter kucing bernama Daijin dan Sadaijin di film ini juga terinspirasi dari mitos Jepang mengenai kucing yang mampu mambawa manusia masuk ke dunia lain. Ngeri juga ya, Smart Viewers…

  1. Musik yang Ikonik

Buat yang sudah menonton “Suzume”, pasti terbawa perasaan karena lagu-lagu dari Anime ini menyentuh emosi para penontonnya. Lagu ini dibawakan oleh band rock asal Jepang, RADWIMPS yang salah satunya mengisi lagu Katana Haluka. Selain itu, lagu hasil kolaborasi RADWIMPS dengan Toaka yang berjudul Suzume juga menjadi maha karya karena memiliki kesan tersendiri yang misterius dan megah.

  1. Film Paling Laris di Jepang

Memang film “Suzume no Tojimari” tayang di Indonesia pada tahun 2023, tetapi sebenarnya film ini sudah tayang lebih awal di Jepang, yaitu awal tahun 2022 lalu. Faktanya, film ini berhasil menjutal sekitar 1,33 juta tiket di Jepang hanya dalam kurun waktu 3 hari masa penayangan perdananya. Keuntungannya mencapai 13,9 miliar Yen atau setara lebih dari 1 Triliun Rupiah, gak heran kan Smart Viewers kalau film ini berhasil meraih popularitas yang sangat amat luar biasa.

  1. Alur Cerita Unik

Biasanya, Anime karya Makoto Shinkai selalu menyajikan alur cerita unik dalam kisah percintaan remaja. Sama halnya dengan film ini, yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Suzume yang berumur 17 tahun, ia bertemu dengan pemuda bernama Souta. Uniknya, Souta bukan orang yang memiliki pekerjaan biasa, melainkan pekerjaan spiritual yang mana bertujuan untuk mencegah terjadinya suatu bencana. Dari momen tersebut, Suzume mulai menyukai Souta hingga rela keliling Jepang untuk membantu Souta, bucin juga ya si Suzeme, Smart Viewers?

  1. Menceritakan Tentang Bencana

Selain memiliki alur cerita unik yang menyajikan kisah percintaan remaja, beberapa karya terakhir Shinkai memiliki ciri khas yang unik, karena berhubungan dengan bencana alam. Seperti Anime lainnya, film “Kimi no Na Wa” yang menceritakan tentang meteor, Tenki no Ko yang menceritakan tentang banjir, dan dalam Anime “Suzume” yang mengangkat tema gempa bumi. “Suzume” jugamenjadi film yang paling dinantikan, dimana karakter dalam Anime akhir kisahnya selalu diakhiri dengan cinta yang tak terduga dan menggantung sehingga membuat penonton geregetan.

Kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers fakta-fakta seputar Anime “Suzume”. Kalau kamu penasaran dengan review lengkap mengenai film “Suzume”, Smart Viewers bisa menonton program Movie Freak episode ‘Suzume, Belum Bisa Dibilang Masterpiece’ pada link di bawah ini!

Pecinta film juga dapat menyaksikan review,rekomendasi, serta fakta-fakta menari seputar film dalam program Movie Freak yang tayang setiap hari Selasa, pukul 19.00 WIB di YouTube Channel BINUS TV!

Nazli Humaira