Selain Pempek yang Masuk Urutan ke-4 Makanan Seafood Terenak di Dunia, Ini Deretan Makanan Indonesia lainnya yang Mendunia!

Indonesia memang merupakan negara yang kaya akan bahasa dan budaya, serta menjadi salah satu negara penyumbang makanan terenak di dunia. Tak heran, jika salah satu makanan khas dari Plaembang, yaitu Pempek saat ini masih menempati peringkat ke-4 makanan seafood terenak di dunia.

Menurut Encyclopedia Britannica, seafood merupakan makanan laut, hewan air yang dapat dimakan, bukan termasuk mamalia, tetapi termasuk makhluk air tawar dan laut. Sebagian besar spesies air tidak beracun dieksploitasi untuk konsumsi makanan manusia. Salah satu penghasil seafood terenak di dunia berasal dari Swedia Barat, hal ini karena perairannya dingin, segar, dan asin, serta merupakan tempat tinggal udang, langoustine, lobster, remis, tiram, dan berbagai jenis ikan lainnya. Mesti begitu, saat ini menu makanan terenak adalah Ameijoas a Bulhao Pato dari Portugal yang menempati urutan pertama dunia.

Tapi, Smart Viewers tau gak, jika bukan hanya Pempek saja makanan khas Indonesia yang mendunia, loh! Karena, masih banyak makanan Indonesia yang kelesatannya sudah dikenal hingga mancanegara. Berikut deretan makanan Indonesia lainnya yang berhasil mendunia!

  1. Rendang
Cara Membuat Bumbu Rendang yang Nendang dan Mengetahui Sejarahnya - Food Fimela.com
Sumber Foto: Fimela

Makanan yang berada pada urutan pertama ini memang sudah tidak diragukan lagi ya, Smart Viewers! Siapa sih yang gak kenal dengan kelezatan makanan yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini? Rendang merupakan salah satu warisan Indonesia yang telah diakui oleh dunia. Rendang adalah kuliner yang berbahan dasar daging yang dimasak bersama rempah-rempah khas Indonesia dan santan. Proses pembuatannya juga memakan waktu yang panjang demi mencapai cita rasa yang spesial. Tak heran mengapa Rendang sempat beberapa kali menempati peringkat 1 makanan terenak di dunia.

  1. Nasi Goreng
Resep Nasi Goreng Udang Sosis Pedas Gurih, Pakai Sosis Sisa Barbeque
Sumber Foto: Kompas.com

Makanan selanjutnya yang juga merupakan makanan Indonesia yang berhasil mendunia adalah Nasi Goreng. Makanan ini merupakan salah satu makanan yang paling dikenal dan banyak disebut oleh orang luar negeri, jika ditanyakan tentang makanan asal Indonesia. Nasi Goreng juga bisa disebut sebagai makanan yang dapat dinikmati oleh segala kalangan, karena isiannya dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan selera. Dalam salah satu episodenya, member One Direction pernah menyicip makanan khas Indonesia ini dalam acara televisi berjudul “1D Day”.

  1. Sate
Sejarah Sate: Dari India, Arab, Cina, atau Asli Indonesia?
Sumber Foto: Tirto.ID

Sate merupakan salah satu sajian yang dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pedagang di pinggir jalan, hingga restoran mewah yang juga menyajikan Sate. Meski begitu, rasanya bisa saja berbeda-beda dan kualitasnyapun menyesuaikan dengan harga jual. Beberapa daerah di Indonesia juga menjual sate dengan berbagai cita rasa, seperti Sate Padang yang cenderung gurih dan pedas, Sate Madura yang manis, dan berbagai jenis sate lainnya.

  1. Soto
Resep Soto Ayam Jawa Timur - Food Fimela.com
Sumber Foto: Fimela

Ragam Soto khas Indonesia juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, karena masing-masing daerah memiliki cita rasa tersendiri. Soto merupakan makanan berkuah yang juga kaya akan rempah khas Indonesia, biasanya berisi daging, suwiran ayam, tetelan, dan babat. Beberapa daerah di Indonesia mempunyai menu Soto yang berbeda, seperti Coto dari Makassar, Soto Lamongan, dan Soto Betawi.

  1. Tempe
Tempe - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber Foto: Wikipedia

Makanan selanjutnya yang berhasil mendunia adalah Tempe. Tempe merupakan bahan makanan hasil fermentasi kacang kedelai, biasanya diolah menjadi Tempe Mendoan, Tempa Orek, Tempe Bacem, dan masih banyak olahan lainnya. Makanan ini biasanya dijadikan makanan pendamping nasi atau bahkan Smart Viewers bisa memakan tempe tanpa nasi.

Smart Viewers, kira-kira segitu dulu ya informasinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap bangga dengan kebudayaan, termasuk kuliner khas Indonesia agar tidak termakan zaman dan di claim oleh negara lain.

Nazli Humaira