Mulai dari Panjat Tebing, Berikut Tradisi Unik Ngabuburit di Berbagai Daerah di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduk dengan mayoritasnya memeluk agama Islam. Sebagai umat muslim, menjalankan puasa Ramadan merupakan salah satu kewajiban bagi seseorang yang telah memenuhi syarat sah dan wajib puasa. Berbagai tradisi unikpun untuk menunggu waktu berbuka puasa sudah menjadi ciri khas di setiap daerah.

Istilah ‘ngabuburit’ ternyata sudah muncul sejak lama loh, Smart Viewers! Istilah Ngabuburit sendiri awal mulanya sudah ada sejak kebudayaan Islam memasuki Tanah Sunda. Istilah ngabuburit sendiri merujuk pada kata kerja, yaitu melakukan aktivitas untuk mengisi waktu sambil menunggu tibanya waktu sore. Dalam konteks bulan Ramadan, berarti melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu berbuka puasa

Jadi, singkatnya sih ‘Ngabuburit’ itu adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa.

6 Tradisi Unik Ngabuburit di Setiap Daerah

Nah, buat Smart Viewers yang penasaran dengan tradisi ngabuburit yang unik-unik di setiap daerah di Indonesia, berikut rangkuman mengenai 6 tradisi unik Ngabuburit di setiap daerah di Indonesia!

1. Berkeliling Pulau (Bangka Belitung)

Tradisi Ngabuburit yang pertama berasal dari Bangka Belitung nih, Smart Viewers! Kegiatan ini dikatakan unik, karena tradisi berkeliling pulau yang satu ini lain dari pada yang lain, yaitu dimana terdapat sejumlah remaja yang tergabung dalam organisasi pramuka Saka Bahari yang berkeliling pulau Bangka Belitung dengan menggunakan perahu jenis bagan sambil menikmati pemandangan sore yang eksotis.

2. Main ke Pasar Kaget (Bandung)

Takjil merupakan makanan yang sering kali dikonsumsi oleh banyak orang ketika bulan Ramadan. Di Bandung, mengunjungi Pasar Kaget untuk menunggu berbuka puasa adalah salah satu kegiatan Ngabuburit yang paling populer. Sebenarnya, Pasar Kaget hanya merupakan istilah bagi pasar yang muncul hanya pada saat waktu-waktu tertentu saja, sehingga disebut ‘Pasar Kaget’. Di Pasar Kaget ini menawarkan berbagai kuliner khas bulan suci Ramadan. Warga-warga yang menunggu waktu berbuka puasa, banyak masyarakat yang Ngabuburit dengan berburu takjil di Pasar Kaget tersebut.

3. Bleguran (Jakarta)

Tradisi unik yang satu ini berasal dari daerah Jakarta nih, Smart Viewers. Tradisi yang muncul awal tahun 70-an ini cukup unik karena masyarakat setempat membuat meriam tradisional dari bambu dan memainkannya di sebuah lapangan. Ngeri juga ya Smart Viewers, ngabuburit-nya sambil main meriam!

4. Balap Perahu Layar (Surabaya)

Tradisi selanjutnya berasal dari kota pahlawan nih, Smart Viewers! Tradisi asal kota pahlawan ini terbilang unik, karena melakukan aktivitas yang menguras tenaga di tengah-tengah waktu puasa. Balap perahu layar ini dapat dijumpai di sekitar Pantai Kenjeran, dan diikuti oleh banyak masyarakat yang telah menghias perahu layar mininya.

5. Kumbohan (Lamongan)

Kumbohan merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan warga Lamongan untuk Ngabuburit dengan berburu ikan munggut atau mabuk. Bukan benar-benar mabuk ya, Smart Viewers! Tetapi ketika menjelang sore hari, air Sungai Bengawan Solo akan surut, sehingga banyak ikan mudah ditangkap. Masyarakat akan menunggu ikan naik ke permukaan dan ikan-ikan akan mabuk dan mudah juga ditangkap.

6. Panjat Tebing (Madiun) 

Hah? Puasa-puasa panjat tebing? Betul Smart Viewers, di daerah Madiun terdapat tradisi yang dapat dibilang unik karena kegiatan ngabuburitnya panjat tebing. Waduh udah kaya 17-an aja ya! Biasanya, tradisi ini dilakukan di Stadion Wilis pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

Bagaimana nih, Smart Viewers? Unik sekali kan tradisi Ngabuburit di setiap daerahnya? Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya, Smart Viewers!

Di bulan Ramadan, Smart Viewers tidak perlu khawatir kebosanan sambil menunggu waktu berbuka puasa, loh! Karena, BINUS TV telah mempersembahkan program spesial Ramadan bertajuk “Ngabuburit Yuk!” yang tayang setiap Jum’at selama bulan Ramadan, pukul 17.00, hanya di YoTube Channel BINUS TV!

Kalo  Smart Viewers biasanya ngapain nih pas lagi ngabuburit?

Nazli Humaira