Mau jadi Content Creator? Ini Tips-tipsnya bagi Pemula!

Di zaman seperti sekarang ini, banyak sekali orang-orang yang beralih profesi menjadi content creator. Nah, kamu termasuk gak Smart Viewers? Kalau iya, mungkin artikel ini cocok untuk Smart Viewers yang baru memulai masuk ke dunia digital content creation atau bahkan baru berniat untuk masuk.

Mengenal Digital Content Creation dan Content Creator

Menurut andrewstapetlon.com.au, Digital Content Creation merupakan proses menghasilkan ide topik yang menarik bagi audiens dan menuangkan ide tersebut dalam bentuk konten tertulis atau visual seputar topik tersebut. Sementara, Content Creator adalah orang yang membuat konten untuk menjadi konsumsi audiens. Untuk menjadi seorang Content Creator yang baik, bagi seorang pemula diperlukan beberapa hal yang harus di penuhi agar dapat mencapai target. Bagi Smart Viewers yang ingin menjadi Content Creator, berikut beberapa tips untuk menjadi Content Creator bagi pemula!

8 Tips Menjadi Content Creator bagi Pemula

  1. Mengidentifikasi Audiens

Cara yang pertama adalah Smart Viewers harus menentukan target audiens. Hal ini menjadi sangat penting untuk keberhasilan konten dan strategi pemasaran, karena brand membutuhkan konten yang relevan dan inovatif untuk menarik minat audiens.

  1. Pilih platform

Smart Viewers tahu kan, benefit dari menggunakan platform media sosial adalah karena masing-masing platform sudah memiliki pengguna setia. Misalnya, Instagram (perkiraan 97,38 juta pengguna per Oktober 2022). Jadi, media sosial adalah tempat yang tepat untuk memulai, karena Smart Viewers sudah memiliki pendengar. Selanjutnya, Smart Viewers memusatkan upaya dan waktu untuk menjadikannya sumber yang tepat sasaran dengan menggunakan 2 platform berbeda (istilahnya sih tebar jaring ya, Smart Viewers). Lagi pula, setiap platform memiliki bentuk yang berbeda, begitu pula audience behavior-nya

  1. Membuat content plan

Jika Smart Viewers berprofesi sebagai marketing, content plan adalah suatu keharusan. Karena, hal ini dapat memungkinkan tim untuk bekerja bersama dengan lancar.  Selanjutnya, menggunakan content plan yang efektif juga membantu Smart Viewers mempersiapkan topik setiap bulan.

  1. Menetapkan brand’s voice

Smart Viewers tahu brand’s voice? Kalau belum, brand’s voice adalah cara bisnis berbicara kepada audiens targetnya. Hal ini untuk membantu Smart Viewers menemukan dan memantapkan suara. Smart Viewers perlu menyelesaikan survei dan jajak pendapat pelanggan untuk membantu mengidentifikasi usia, jenis kelamin, profesi, dan wilayah geografis target audiens.

  1. Buatlah portofolio

Jika Smart Viewers bekerja di industri content creation, sangat penting untuk Smart Viewers membuat portofolio yang benar-benar berhasil mengomunikasikan keahlian dan nilai jual. Jadi, audiens mengenal bagaimana gaya konten yang telah Smart Viewers buat.

  1. Market yourself

Jika Smart Viewers membuat konten, media sosial akan membantu meningkatkan kehadiran online Smart Viewers yang diperlukan untuk berkembang di zaman sekarang ini.

  1. Mengembangkan following di media sosial

Media sosial berfungsi sebagai jalur digital yang dapat Smart Viewers gunakan untuk menjalin hubungan otentik dengan audiens target. Dengan adanya media sosial yang solid, Smart Viewers dapat menjangkau audiens dan meningkatkan kredibilitas. Bahkan jika Smart Viewers tidak berencana untuk menjadi influencer, membuat kontenpun tetap diperlukan.

  1. Gunakan alat yang bagus

Yang terakhir adalah menggunakan alat yang bagus sebagai penunjang. Misalnya, Smart Viewers membuat konten menggunakan ring light, camera, dan hal-hal lain. Namun, yang penting adalah kualitas audio, karena itu mempengaruhi audiens untuk tetap menonton videonya atau tidak.

Namun, penggunaan alat yang bagus tidak selalu mahal loh, Smart Viewers! Misalnya, Smart Viewers menggunakan microphone wireless. Harganyapun tidak perlu yang berjuta-juta. Salah satu pilihan terbaik microphone wireless yang berkualitas dengan harga terjangkau adalah INDIALO Mikrofon Lavalier Nirkabel. Untuk review lengkapnya, Smart Viewers dapat menonton program Life Tech dengan episode “Mikrofon Tanpa Kabel Di Bawah 150 Ribu? Cobain Yang Ini Deh!” pada link di bawah ini.

Oke, kira-kira segitu dulu artikelnya. Gimana, sudah siap kan jadi content creator? Jangan lupa juga untuk tonton review barang-barang teknologi lainnya hanya di program Life Tech, yang tayang setiap hari Kamis pukul 16:00 WIB  hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Nazli Humaira