Penyelenggaran Pekan Frankofoni 2023 oleh Institut Français d’Indonésie dan Alliance Française

Dari tanggal 13 hingga 18 Maret, bahasa Prancis akan menjadi sorotan! Kedutaan Besar Prancis – Institut Français d’Indonésie bersama dengan para kedutaan besar negara frankofon di Indonesia: Kedutaan Besar Belgia wilayah Wallonia, Kanada, Rumania, Swiss, Tunisia, Maroko, dan Mesir akan menyelenggarakan Pekan Frankofoni 2023.

Selama satu minggu, kegiatan-kegiatan menarik yang terbuka untuk publik umum akan diselenggarakan untuk mempromosikan serta merayakan bahasa Prancis dan keanekaragaman budaya negara-negara Frankofon. Dalam rangka Pekan bahasa Prancis dan Frankofoni edisi ke-28 ini, peserta acara akan diperkenalkan dengan bahasa Prancis melalui sinema, sastra, musik, makanan, dan hal menarik lainnya.

Dari tanggal 14 hingga 17, ada delapan film Frankofon yang dapat disaksikan secara langsung. Hadirin dapat menyaksikan film-film pilihan dari Kanada (Bootlegger, Au revoir le bonheur), Rumania (Două lozuri), Swiss (Ma vie de Courgette), Tunisia (Hedi, un vent de liberté, Couscous, les graines de la dignité), Prancis (Eugénie Grandet), serta Belgia (Tintin et le mystère de la momie Rascar Capac) yang akan diikuti dengan diskusi bersama sutradara, Frédéric Cordier.

Selain produk budayanya yang unik dan menarik, negara-negara Frankofon juga merupakan tujuan populer para pelajar untuk melanjutkan studinya. Pada salah satu rangkaian acara Pekan Frankofoni yang akan dilaksakan tanggal 15 Maret, Anda juga dapat berpartisipasi dalam acara diskusi yang bertajuk “Mahir berbahasa Prancis: Pintu Menuju Pendidikan Tinggi dan Penelitian”, yang akan diikuti dengan presentasi tentang pendidikan tinggi di negara-negara Frankofon. Karya sastra berbahasa Prancis memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi di Indonesia, terlebih di kalangan seniman, penulis, dan pelajar. Pada acara yang dilaksanakan tanggal 15 Maret, kami mengundang publik umum usia 15-22 tahun untuk mengikuti Lokakarya Penulisan Kreatif, berkolaborasi dengan pusat seni dan budaya Komunitas Salihara. Kelas ini akan memberikan peserta kesempatan untuk melatih keterampilan menulis dan berpikir kritis.

Pekan Frankofoni akan dimulai tanggal 13 Maret pada Acara Pembukaan di IFI Thamrin, dimeriahkan dengan sambutan oleh para Duta Besar negara Frankofon, penampilan menarik dari para dari siswa/i kelas bilingual France Track SMA Labschool CIbubur, mahasiswa/i Program Studi Prancis Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), serta pertunjukan dongeng dari komunitas Ayo Dongeng Indonesia.

Kemudian, bagi para pencinta kuliner yang ingin mengenal lebih lanjut negara-negara Frankofon melalui hidangannya, akan tersedia buffet dengan makanan khas negara-negara frankofon pada Acara Penutupan Pekan Frankofoni di IFI Thamrin. Tak hanya itu, acara yang akan diselenggarakan pada 18 Maret ini juga turut dimeriahkan oleh berbagai konser dan penampilan seni lainnya.

Pekan Frankofoni akan dirayakan di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berpartisipasi dalam program-program yang akan diselenggarakan di IFI Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta serta Alliance Française (AF) Medan, Bali, dan Semarang. Beberapa kegiatan lain pun juga akan berlangsung di beberapa kampus seperti UI dan UNJ serta sekolah internasional, LIFE School Jakarta.Untuk melakukan reservasi dan mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan mengakses katalog acara Pekan Frankofoni 2023: https://linktr.ee/Francophonie.