Punya Rencana Beli Lukisan-lukisan Termahal di Dunia ini?

Seni merupakan cara seseorang melampiaskan emosinya. Menurut Britannica Dictionary, seni merupakan sesuatu yang diciptakan dengan imajinasi dan keterampilan yang indah atau yang mengungkapkan gagasan atau perasaan penting. Seni terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari seni menggambar di tubuh (tattoo), seni tari, seni musik, seni grafis, seni patung, dan seni lukis.

Salah satu bentuk seni yang banyak digemari dan dinikmati adalah seni lukis. Menurut kemdikbud.go.id, seni lukis merupakan karya seni rupa dua dimensi yang tersusun dari beberapa unsur rupa yaitu titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur, dan gelap terang. Aktivitas melukis dapat dilakukan di atas medium kertas, kanvas, kain, batu, dinding, ataupun media lainnya. Lukisan yang dihasilkan ada yang hanya dapat dinikmati di tempat tertentu, misalnya museum. Biasanya koleksi lukisan yang ada di museum tidak diperjualbelikan dan hanya ada 1 di dunia, tetapi beberapa dari koleksi juga ada yang diperjualbelikan dengan harga yang fantastis.

10 Lukisan Termahal di Dunia

Meskipun dijual dengan harga yang sangat mahal, tetapi hal ini tidak menurunkan daya tarik pembelinya. Berikut 5 lukisan termahal di dunia, Smart Viewers sanggup beli gak nih?

1. Salvator Mundi by Leonardo Da Vinci

Installation view of the Ganay version of the Salvator Mundi, attributed to the studio of Leonardo. Photo by Naomi Rea.
Sumber Gambar: artnet

Salvator Mundi by Leonardo Da Vinci menjadi daftar teratas dalam lukisan termahal yang pernah dilelang di Christie’s New York pada tahun 2017 selama acara seni kontemporer. Lukisan yang menggambarkan Yesus Kristus memegang bola dan membentuk tanda salib, dianggap sebagai salinan seniman selama bertahun-tahun.

Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci terjual seharga $450 juta setelah pelelangan selama 19 menit. Pemenangnya adalah Pangeran Arab Saudi yang pada saat itu membeli di New York atas nama Departemen Kebudayaan & Pariwisata Abu Dhabi.

2. Interchange by Willem de Kooning

Sumber Foto: willem-de-kooning.org

Pada tahun 1955, Willem de Kooning menciptakan lukisan cat minyak di atas kanvas. 60 tahun kemudian, salah satu lukisan termahal di dunia terjual dengan harga $300 juta. Pada era seni pasca-Perang Dunia II, de Kooning dikenal karena menciptakan karya seperti lukisan ekspresionis abstrak ini. Interchange memegang rekor harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah lukisan dalam penjualan pribadi. Lukisan minyak abstrak ini memecahkan rekor sebelumnya untuk salah satu lukisan termahal yang pernah ada. Pada 2015, Kenneth C. Griffin membeli lukisan minyak terkenal dari David Geffen Foundation untuk koleksi pribadinya. Salah satu lukisan termahal di dunia saat ini dipinjamkan ke Institut Seni Chicago.

3. The Card Players by Paul Cézanne

The Card Players, zoomed in
Sumber Foto: Obelisk Art History

Paul Cézanne melukis serangkaian lukisan terkenal pada tahun 1890-an yang menggambarkan variasi pada satu tema sentral. Cézanne terkenal dengan gaya pasca-impresionisnya dan lukisan khusus ini adalah cat minyak di atas kanvas.

Versi The Card Players ini dijual dalam penjualan pribadi seharga $250 juta oleh Keluarga Kerajaan Qatar pada tahun 2011. Dan konon katanya, mereka membayar dua kali lipat rekor lelang untuk karya seni apapun yang pernah ada.

4. Nafea Faa Ipoipo by Paul Gauguin

Sumber Foto: GALERI MONTBLANC

Lukisan yang terjual oleh keluarga kerajaan Qatar ini berharga $299 juta, lukisan ini memiliki arti “Kapan Anda Akan Menikah?” dalam bahasa Indonesia. Lukisan ini dibuat oleh Paul Gauguin lebih dari seabad yang lalu pada tahun 1891. Saat itu Gaugin melakukan perjalanan pertamanya ke Tahiti dan perjalanannya menginspirasi karya ini. Ini adalah salah satu dari banyak karya minyak di atas kanvas yang dilukis oleh seniman wanita asli Tahiti.

5. Number 17A by Jackson Pollock

Number 17A, 1948 by Jackson Pollock
Sumber Foto: Jackson-Pollock.org

Lukisan bernama Number 17A karya Pollock ini dibuat pada tahun 1948 menggunakan cat resin sintetis cair. Cat kuning yang menetes di atas kanvas adalah contoh dari metode lukisan tetes Pollock. Pada 2015, Kenneth C. Griffin menghabiskan $200 juta untuk menambahkannya ke koleksi pribadinya bersama Interchange oleh Willem de Kooning.

Nah, segitu dulu ya, Smart Viewers informasi mengenai 5 lukisan termahal di dunia. Menarik sekali bukan? Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Smart Viewers yang gemar melukis sebagai inspirasi ladang bisnis di kemudian hari. Atau siapa tahu berniat untuk membelinya? Kira-kira Smart Viewers mau beli yang mana, nih?

Nazli Humaira