Mitos Benda-benda yang Pamali jika diberikan oleh Pasangan. Percaya?

Mitos merupakan cerita yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta, bangsa, dan manusia yang mengandung arti mendalam dan diungkapkan secara gaib. Biasanya, mitos disampaikan melalui mulut ke mulut oleh orang tua ke keturunannya.

Namun, dibalik itu Smart Viewers tau gak sih?, ada beberapa kepercayaan yang melarang pengikutnya untuk melakukan suatu hal tertentu. Biasanya, hal ini disertai pantangan bagi suatu daerah, adat, dan tradisi. Bagi siapapun yang melanggar, maka dipercaya akan mendapatkan suatu keburukan, hal tersebut dapat disebut sebagai pamali.

Apa itu Pamali?

Secara singkatnya, pamali adalah pantangan yang dipercaya secara turun menurun menurut suatu adat, dan jika seseorang melanggarnya akan mendapat suatu keburukan. Ada beberapa hal yang mitosnya pamali diberikan oleh / kepada pasangan, kira-kira ada apa aja nih? Simak artikel berikut ini ya, Smart Viewers!

6 Barang yang Mitosnya pamali diberikan oleh pasangan

1. Pakaian

Hayo Smart Viewers, siapa nih yang suka kasih pakaian buat pasangannya? Ternyata hal ini dianggap pamali bagi beberapa adat istiadat loh, Smart Viewers. Konon katanya, memberi pakaian kepada pasangan dapat membuat hubungan tidak langgeng. Hal ini dikarenakan pakaian dinilai mudah rusak, luntur, dan robek, sama seperti hubungan bisa membosankan, monoton, tidak saling cinta lagi, dan akhirnya berpisah.

2. Jam Tangan

Memberi jam tangan kepada pasangan dapat bermakna bahwa orang tersebut mengapresiasi waktu yang telah diberikan. Namun, menurut budaya Tionghoa memberi jam tangan merupakan salah satu pantangan yang harus dihindari dalam memilih hadiah. Hal ini dikarenakan dalam bahasa Mandarin, memberikan jam memiliki pelafalan sòng zhōng, yang juga memiliki arti pemakaman. Selain itu, dalam budaya Tionghoa memberikan hadiah jam tangan juga memiliki makna bahwa mereka justru akan kehabisan waktu, bukan mengapresiasi waktu.

3. Perhiasan

Emas merupakan barang yang mempunyai keindahan yang abadi. Namun, Smart Viewers tau gak sih, ternyata jika dikaitkan dengan hubungan, memberi perhiasan kepada pasangan justru berpengaruh sebaliknya.  Memberi kado berupa perhiasan konon katanya dapat menyebabkan perpisahan karena daya tarik yang diberikan oleh perhiasan itu sendiri menyebabkan orang yang melihat jatuh cinta dan akhirnya pasangan berpaling.

4. Sapu Tangan

Menurut masyarakat Tionghoa, memberi sapu tangan adalah simbol mereka orang lain setelah mereka menghadiri pemakaman. Maka dari itu, sapu tangan bermakna lambang perpisahan selamanya. Selain itu, memberikan sapu tangan pada sahabat atau pasangan menurut budaya Tionghoa dapat membuat hubungan menjadi renggang yang akhirnya akan membuat mereka menjadi putus hubungan.

5. Sepatu

Sepatu merupakan salah satu barang yang paling diminati oleh masyarakat, terutama anak muda. Selain karena modelnya yang beragam, harga sepatu juga bervariasi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget masing-masing. Namun, Smart Viewers harus tau bahwa mitosnya, memberi sepatu pada pasangan artinya merelakan mereka untuk pergi meninggalkanmu. Hal ini dikarenakan pelafalan sepatu adalah ‘xie’ yang memiliki makna lain, yaitu sial. Jadi, jika Smart Viewers memberikan sepatu pada pasangan, konon katanya akan membawa sial bagi keduanya.

6. Parfum

Parfum dapat disebut sebagai benda yang cukup umum dijadikan hadiah untuk pasangan maupun orang terkasih. Namun, Smart Viewers tau gak sih? Memakai parfum dapat meningkatkan daya tarik seseorang, jadi daya tarik pasangan akan semakin bertambah dan menyebabkan banyak orang yang akan terpikat dan jatuh cinta.

Kira-kira segitu dulu ya, Smart Viewers penjelasan singkat mengenai 6 barang yang mitosnya pamali diberikan oleh pasangan. Semua yang telah ditulis di atas kembali lagi ke perspektif dan kepercayaan masing-masing ya, Smart Viewers! Yang terpenting adalah niat awalnya dalam memberikan hadiah.

Selain hadiah, sebetulnya masih banyak lagi mitos-mitos lain dari beragam budaya yang masih dipercaya oleh sebagaian orang. Mitos yang cukup menarik untuk diketahui dapat Smart Viewers saksikan pada program BINUS TV bertajuk Dinas Malam pada episode “Bahasan Ilmiah Mitos Suara Kuntilanak.” pada link video di bawah ini!

Nazli Humaira