Negara-negara ini Memiliki Fenomena Aurora Terindah di Dunia!

Tuhan menciptakan alam dan seisinya dengan segala keindahan dan keajaiban yang ada. Tapi, Smart Viewers tau gak sih kalau ada ciptaan Tuhan yang dijadikan sebagai fenomena alam yang indah di langit, dan hal itu disebut sebagai Aurora.

Apa itu Aurora?

Aurora adalah fenomena alam berupa pancaran cahaya yang menyala-nyala di lapisan ionosfer bumi. Aurora merupakan tampilan cahaya alami yang berkilauan di langit, memiliki cahaya biru, merah, kuning, hijau, dan oranye bergeser dengan lembut dan bentuknya berubah-ubah seperti tirai yang tertiup angin. Aurora hanya dapat dilihat  pada malam hari, selain itu Aurora biasanya hanya muncul di daerah kutub yang lebih rendah.

Aurora terlihat hampir setiap malam di dekat Lingkaran Arktik dan Antartika, posisinya berada pada sekitar 66,5 derajat utara dan selatan Khatulistiwa. Di utara, tampilannya disebut Aurora Borealis, atau Cahaya Utara. Di selatan, disebut Aurora Australis, atau cahaya selatan. Jadi, tak semua negara dapat menikmati keindahan Aurora di langitnya. Berikut 6 negara yang dapat Smart Viewers kunjungi untuk dapat menikmati keindahan Aurora secara langsung!

1. Tromso, Norwegia

Berbasis di jantung zona aurora di Kutub Utara Norwegia, kota ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat Aurora Borealis. Tempat ini menjadi tujuan populer dari tahun ke tahun dan menawarkan pemandangan aurora yang luar biasa dari bulan September hingga April.

Tromso yang berada di pusat zona aurora utara ini memiliki pajangan langit yang mempesona. Selain itu, pemandangan jalanan yang beranimasi serta budaya kreatif yang mencerminkan warna cerah dari Aurora Borealis.

2. Swedish Lapland

Smart Viewers dapat menikmati keindahan Aurora antara bulan Oktober dan Maret di sini, meskipun tidak jarang penampakkannya sedikit lebih awal dan lebih lambat selama periode cuaca cerah yang berkepanjangan. Tempat luar biasa lainnya di Lapland Swedia yang dapat dikunjungi adalah kepulauan Luleå. Kelebihan dari wilayah ini adalah kurangnya polusi cahaya, serta terdapat beragam aktivitas musim dingin yang ditawarkan selama menonton keindahan aurora, seperti berkemah di luar ruangan, menaiki kereta anjing husky, dan memancing di es. Terlebih lagi, penerbangan langsung terbaru dari Inggris ke Luleå (mulai Desember 2021) membuat Lapland Swedia lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

3. Reykjavik, Iceland

Destinasi ketiga yang bisa Smart Viewers kunjungi untuk melihat Aurora adalah Reykjavik. Ibukota Islandia ini menjadi pilihan yang terbaik bagi banyak travellers. Penuh dengan geothermal pool, wisata gunung berapi, dan budaya yang beragam, dijamin akan membuat pengunjungnya merasakan eye pleasing.

Sama seperti Tromso, bulan terbaik untuk melihat Aurora Borealis adalah antara September hingga April. Sarannya, untuk pengalaman menonton tanpa distraksi, Smart Viewers dapat datang ke Hofdabrekka, dekat Vik di Islandia selatan, dan menikmati pertunjukan yang mempesona.

4. Rovaniemi, Lapland Finlandia

Terletak di utara Lingkaran Arktik, Rovaniemi merupakan lambang hutan belantara yang sarat salju. Pada siang hari, Smart Viewers dapat menaiki kereta luncur dengan anjing husky, memancing di es, atau mengukuti safari mobil salju. Dengan waktu menonton optimal Skandinavia pada September hingga April, Smart Viewers dapat merencanakan perjalanan ke Rovaniemi sesuka hati.

Sementara itu, lingkungan cantik Rovaniemi juga paling dikenal sebagai rumah Sinterklas sepanjang tahun. Latar kota yang menakjubkan di sebelah selatan Lingkaran Arktik, menjadikan daya pikat musim dingin yang membentang jauh melampaui musim perayaan yang sibuk.

5. Ilulissat, Greenland

Kota terbesar ketiga Greenland ini adalah rumah bagi hanya 5.000 orang, yang mana hal ini menunjukkan betapa jarangnya seseorang yang tinggal di wilayah ini. Menyaksikan Cahaya Utara di Greenland sangat mudah diakses, karena sedikitnya hujan dan rendahnya angin, hal ini membuat kondisi di wilayah ini menjadi stabil dan menyenangkan. Jika kamu ingin melihat keindahan aurora, bulan September hingga April adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke wilayah ini. Selain meihat aurora, kamu juga dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya di siang hari, seperti mengendarai kereta luncur anjing ataupun megunjungi goa Arktik.

6. Svalbard, Norwegia

Smart Viewers, destinasi yang terakhir untuk menikmati cahaya Aurora yang menakjubkan adalah di Svalbard, Norwegia. Tempat ini merupakan sebuah kepulauan Norwegia yang berada jauh di Samudra Arktik dan hanya memiliki jarak 650 mil dari Kutub Utara. Ketika berbicara tentang Cahaya Utara, langit musim dingin yang gelap di pulau-pulau ini (matahari tidak muncul di atas cakrawala pada bulan Februari) adalah pemandangan alam yang sempurna untuk dinikmati.

Nah, kira-kira Smart Viewers ingin berkunjung ke destinasi yang mana, nih? Semoga informasi yang diberikan BINUS TV bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi untuk menikmati Aurora secara langsung ya, Smart Viewers!

Nazli Humaira