Gak Perlu Canggung! Ini Tips-tips tetap Nyaman Berkomunikasi dengan “si paling Introvert”!

Smart Viewers, pernah gak sih berada di situasi yang canggung? Biasanya situasi canggung muncul ketika seseorang berada pada lingkungan yang membuatnya tidak nyaman. Situasi ini dapat timbul diiringi dengan perasaan malu dan takut. Biasanya, karena lingkungan yang baru yang terasa asing yang disebut juga sebagai kecanggungan sosial.

Kecanggungan sosial sendiri merupakan kondisi dimana seseorang merasa malu jika harus berinteraksi dengan orang lain atau saat berada di lingkungan ramai yang baru. Namun, hal ini lebih sering terjadi pada orang yang Introvert, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa seorang yang Extrovert juga dapat mengalami hal ini.

Apa itu Introvert?

Pasti Smart Viewers tidak asing lagi kan dengan kalimat “gue tuh Introvert banget!”? Tetapi, Smart Viewers tahu gak definisi dari seseorang Introvert itu seperti apa? Introvert adalah seseorang yang lebih menyukai lingkungan yang tenang dan minim stimulasi. Introvert cenderung merasa drained setelah bersosialisasi dengan banyak orang dan mendapatkan kembali energinya setelah menghabiskan waktu sendirian. Sebagian besar dapat terjadi karena otak seorang yang introvert merespons dopamin secara berbeda dari otak extrovert. Dalam kata lain, jika Smart Viewers merupakan seorang introvert, kemungkinan besar Smart Viewers terlahir seperti itu.

Tidak ada yang salah loh Smart Viewers memiliki karakter Introvert dalam diri kita. Namun, cepat atau lambat, semua introvert akan mengalami “mabuk introvert” yang ditakuti, yaitu dimana perasaan terhapus sepenuhnya karena terlalu banyak “waktu orang” atau rangsangan. Ini bisa berarti merasa lelah, tidak bisa berkonsentrasi, atau bahkan kesal. Seolah-olah otak kamu telah menghabiskan semua energi mentalnya dan tidak ada lagi yang tersisa.

Tips berkomunikasi yang nyaman dengan si Introvert

Bagi Smart Viewers yang pernah atau sedang berada pada situasi bingung untuk mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan nyaman bagi para Introverts, berikut tips-tips yang dapat Smart Viewers ikuti agak komunikasi berjalan lancar:

  1. Mendengarkan secara aktif

Kalau Extroverts suka jika didengarkan secara aktif, terdapat perbedaan dengan Introverts. Perbedaannya adalah, jika seorang yang extrovert ingin mendapatkan perhatian, sedangkan introvert ingin mendapatkan minat. Mereka ingin tahu bahwa mereka dipahami.

  1. Berikan informasi dan berikan waktu untuk diproses terlebih dahulu

Jika Smart Viewers sedang rapat dan mencari feedback dari mereka yang hadir, mulailah dengan si Extroverts. Karena, kemungkinan besar mereka akan lebih siap untuk memberikan feedback daripada para introvert.

  1. Hormati kebutuhan akan privasi

Urusan privasi, terutama jika menyangkut detail pribadi, seorang extrovert akan lebih nyaman terbuka. Lain halnya dengan seorang introvert yang bisa lebih rentan terhadap ketidaknyamanan di dalamnya. Jika Smart Viewers ingin terlibat dalam percakapan yang mungkin bersifat cenderung pribadi, undang si introvert ke tempat dimana Smart Viewers cenderung tidak didengar.

  1. Bicaralah dengan pelan dan tenang

Introvert tidak lambat tetapi mereka suka waktu untuk memproses. Coba pikirkan perbedaan antara menikmati makanan dan menelan makanan. Seorang yang Introvert akan lebih menikmati percakapan. Mereka suka celah di antara kalimat, sehingga mereka bisa merasakan aftertaste.

  1. Jangan terkesan memaksakan atau menuntut tanggapan segera

Introvert menyukai waktu untuk menganalisis, mereka mendengar apa yang Smart Viewers katakan, lalu mereka pergi dan mengartikannya. Jika keputusan atau pendapat diperlukan, mungkin sulit bagi para Introverts untuk mencapainya tanpa waktu pemrosesan ini.

Nah, itulah 5 tips di atas yang dapat Smart Viewers terapkan jika kamu seorang extrovert dan  memiliki sorang teman yang cenderung introvert. Jadi, kamu sudah tidak perlu kebingungan jika ingin berinteraksi dengan mereka. Semoga bermanfaat ya, Smart viewers!

Nazli Humaira