Micro Cheating, Perlakuan Kecil yang Ternyata Juga dianggap Selingkuh.

Smart Viewers, hubungan yang mulus pasti merupakan salah satu hal yang diimpi-impikan oleh banyak orang. Memang sih, dalam suatu hubungan tidak mungkin selalu mulus tanpa ada hambatan sama sekali, pertengkaran kecil pasti bisa saja terjadi dan tidak bisa dihindari. Namun, bagi mereka yang kurang beruntung dalam hal percintaan, mungkin saja mendapat pasangan yang kurang baik untuk mereka dan berujung pada perselingkuhan.

Pada dasarnya, perselingkuhan bukan hanya semata pergi dengan lawan jenis tanpa sepengetahuan pasangan loh, Smart Viewers! Perselingkuhan sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu emosional, fisik, mental, dan digital. Patut disayangkan, sekarang banyak yang menormalisasi tindakan kecil yang menunjukkan ketertarikan pasangan terhadap orang lain, padahal hal itu termasuk dalam micro cheating.

Smart Viewers tau gak sih micro cheating itu apa? Kali ini, BINUS TV akan membahas seputar micro cheating dan beberapa Tindakan kecil yang ternyata termasuk dalam tindakan perselingkuhan. Simak informasinya di bawah ini ya!

Pengertian Micro Cheating

Menurut harleytherapy.co.uk, micro cheating bukan merupakan istilah psikologis. Ini hanyalah singkatan internet friendly untuk menggambarkan satu pasangan menguji imits of partnership dengan menciptakan keintiman dengan orang lain, namun tanpa membelok ke hubungan seksual dengan mereka dan hal itu sayangnya saat ini sangat umum. Nah, agar Smart Viewers terhindar dari tindakan micro cheating, berikut 5 tindakan yang ternyata juga termasuk dalam perselingkuhan:

  1. Menghapus chat history dengan lawan jenis tanpa sepengetahuan pasangan.

Sebagian dari Smart Viewers pernah melakukan hal ini tanpa disadari, karena sebagian dari mereka merasa isi dari chat tidak penting, sehingga seseorang memilih untuk menghapus chat-nya. Padahal, hal kecil ini memicu pertengkaran yang berujung pada renggangnya hubungan suatu pasangan. Maka dari itu, sebaiknya Smart Viewers mengkomunikasikan hal apapun kepada pasangan masing-masing, jika kamu sedang berkomunikasi dengan lawan jenis.

  1. Mengungkapkan ketertarikan kepada lawan jenis yang bukan pasangannya.

Mengungkapkan ketertarikan artinya menyampaikan isi hati mengenai perasaan terhadap seseorang. Namun hal ini dapat menjadi suatu kesalahan yang krusial, jika dilakukan bukan pada saat yang tepat, contohnya adalah ketika seseorang yang telah memiliki pasangan menyatakan ketertarikannya terhadap lawan jenis yang bukan pasangannya. Walaupun hal itu tidak langsung diungkapkan pada orang yang bersangkutan, namun sebaiknya kita dapat menempatkan diri pada posisi orang lain. Karena hal tersebut dapat menyakiti perasaan pasanganmu.Patut dicatat nih Smart Viewers, kalau hal ini termasuk dalam tindakan micro cheating, loh.

  1. Random text.

Smart Viewers pasti tidak asing dengan kata ‘gabut’, bukan? ‘gabut’ dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana seseorang tidak memiliki kegiatan atau sedang tidak melakukan aktivitas tertentu. Seorang yang gabut dapat menimbulkan perasaan bosan, sehingga mereka melakukan segala sesuatu untuk menghilangkan ke-gabut-an yang mereka rasakan.Biasanya mereka menghubungi teman, melakukan live streaming, menonton film, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, hal yang paling riskan untuk menimbulkan perselingkuhan adalah random text. Random text adalah kegiatan menghubungi orang lain (bisa orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal). Disebut ‘random text’ karena seseorang yang dihubungi tidak menentu, contohnya adalah teman lama yang sudah lost contact dengan topik pembicaraan yang random pula.

  1. Berbohong mengenai relationship status.

Hal lainnya yang termasuk dalam tindakan micro cheating adalah berbohong mengenai status hubungan dengan pasangan ke orang lain. Walaupun kamu hanya menganggap hal tersebut sebagai suatulelucon, namun tindakan ini dinilai dapat menyakiti perasaan pasangan dan termasuk dalam tindakan micro cheating loh, Smart Viewers.

  1. Diam-diam pergi dengan lawan jenis tanpa sepengetahuan pasangan.

Hal minor lainnya yang kerap kali dilakukan pada pasangan serta termasuk dalam kegiatan micro cheating adalah bepergian dengan lawan jenis tanpa diketahui oleh pasangan. Walaupun kamu bepergian bersama teman-temanmu, namun tetap saja hal ini termasuk ke dalam tindakan micro cheating.

Smart Viewers sudah tahu kan 5 contoh tindakan micro cheating? Micro cheating ini bisa dihindari dengan saling terbuka dengan pasangan masing-masing. Karena, bertindak dengan jujur kepada pasangan adalah hal yang mudah, dan tidak akan merugikan diri sendiri serta orang lain, hanya karena hal-hal kecil seperti micro cheating yang telah dijelaskan di atas.

Nazli Humaira