Menebak Cara Berpikir dan Kepribadian Seseorang Berdasarkan Selera Musiknya

Smart Viewers, lagu dan musik menjadi suatu hal yang sangat dekat dengan keseharian kita. Seperti dikutip dari laman CNN Indonesia, ternyata rata-rata orang Indonesia mendengarkan musik selama 3 jam sehari. Saat menjelang akhir tahun, beberapa platform musik digital biasanya menyuguhkan musik wrapped, yang mana terdapat kumpulan genre musik favorit sampai lagu yang paling sering didengar selama satu tahun terakhir. 

Berdasarkan kutipan dari laman katadata yang membahas mengenai hasil riset yang dilakukan oleh salah satu platform musik terbesar, dimana mengungkapkan bahwa selera musik di Indonesia cenderung lagu sedih, murung, dan marah, tak terkecuali musik dangdut. 

Ditemukan fakta menarik lainnya, yang dikutip dari salah satu penelitian internasional berjudul “Individual Differences in Musical Taste”, sebanyak 36.518 peserta dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda, yang dibagi kedalam 5 kategori kepribadian, hingga kemudian didapatkan hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa kepribadian terkait dengan selera musik. 

Bagi Smart Viewers yang tidak bisa terlepas dari musik dalam melakukan berbagai kegiatan, berikut ini BINUS TV akan memberikan merangkum beberapa genre musik yang menggambarkan kepribadian pendengarnya. Yuk, intip kepribadianmu melalui genre lagu di bawah ini! 

1. Pop 

Bisa dibilang, musik pop merupakan genre musik sejuta umat. Sebagian besar orang yang menyukai genre musik ini cenderung merupakan orang yang berjiwa extrovert, pekerja keras, periang, ramah dan lembut. Sehingga, pendengar musik pop cenderung lebih mudah dan cepat dalam bersosialisasi. Selain itu, orang yang menyukai genre ini juga dapat membuat orang lain merasa aman dan nyaman, karena kejujurannya dalam mengungkan suatu hal ataupun dalam berkomunikasi. 

2. Indie 

Pada masa kini, genre musik indie kerap dikaitkan dengan istilah “Senja dan Kopi” bagi para pendengarnya. Hal itu dikarenakan, musik indie memiliki nada yang cenderung lembut dengan kebanyakan liriknya yang puitis. Indie atau independent merupakan karya yang dirilis atau diproduksi sendiri oleh para musisi. Penggemar genre ini, biasanya menggambarkan pribadi yang introvert, kreatif, dan pintar. Selain itu, kepribadian lain dari pendengar musik indie adalah pasif dan cemas. 

3. Rock atau Heavy Metal 

Kebanyakan orang-orang menganggap bahwa penggemar genre musik rock atau heavy metal merupakan seseorang dengan kepribadian yang kurang ramah dan cenderung kasar. Namun, peneliti menemukan bahwa penggemar musik ini merupakan orang yang cenderung lembut, kreatif, cerdas dalam membaca situasi, dan kurang begitu tertarik dengan kehidupan orang lain. Sehingga, mereka cenderung tertutup agar tidak mencampuri urusan orang lain. (sumber: School Media News, Chat News, Merdeka.com)

4. Jazz, Blues, dan Soul  

Genre musik ini memiliki kesan yang ekslusif, elegant, dan mewah. Musik ini memiliki melodi yang tenang dengan iringan piano atau saxophone yang menambah nilai eksklusif dari genre musik ini. Penggemar genre musik jazz, blues, dan soul  biasanya merupakan orang yang santai dan kreatif, dengan kepribadian yang menyenangkan, mudah bergaul, dan cenderung menyukai suatu hal yang anti mainstream

5. Klasik

Beberapa lagu atau melodi yang khas dengan identitasnya sebagai musik klasik, seperti karya maestro Beethoven, Bach, dan Mozart. Umur musik dengan genre klasik ini sudah cukup lama, yaitu antara abad ke-18 sampai awal abad ke-19. Meskipun begitu, musik klasik merupakan genre yang memiliki banyak penggemar, karena tingginya gaya seni yang dimilikinya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli ilmu psikologi musik, yakni Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. Hasilnya menunjukkan orang yang menyukai genre musik ini merupakan orang dengan harga diri tinggi dan kreatif, namun memiliki kepribadian yang kurang terbuka atau introvert.

6. Dangdut

Istilah “Dangdut is the music of my country” memang sudah akrab dengan genre musik asli khas Indonesia ini. Bahkan, keberadaan musik dangdut di negara lain telah dianggap sebagai identitas negara Indonesia. Sebagian orang yang menyukai genre musik ini, diketahui merupakan orang yang menjalani kehidupan sepenuh hati dengan suka cita. Selain itu, kepribadian yang dimiliki oleh para penggemar musik dangdut antara lain friendly, sederhana, dan apa adanya. 

Smart Vierwers, rupanya bukan hanya hukum astrologi saja yang dapat membaca kepribadian, genre musik favorit yang sering didengar berulang kalipun ternyata juga mampu mendeskripsikan kepribadian seseorang, loh! Meskipun mungkin tidak selalu benar dan terkadang terdapat perbedaan, kamu tetap dapat menikmati beragam musik yang kamu sukai dalam program Neo B’Coustic. 

Jika kamu gemar mendengarkan musik, kamu dapat menyaksikan program Neo B’Coustic yang menyuguhkan penampilan akustik dari para musisi dengan genre musik yang beragam. Kita juga dapat menjadi lebih dekat dengan musisi dalam sesi chit-chat, dan tentunya semakin seru dengan melihat para musisi dalam menyelesaikan Neo challenge. Kamu dapat selalu menyaksikan episode baru Neo B’Coustic di setiap hari Kamis, pukul 19.00 WIB hanya di Youtube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita