Bukan Menyenangkan, Jenis Permainan ini Justru Menyeramkan. Berani Coba?

Smart Viewers, sejak kecil kita sudah terbiasa dengan beragam jenis permainan yang menyenangkan. Namun selain menyenangkan, ternyata banyak loh beragam permainan di dunia yang mengandung unsur mistis.

Beberapa permainan mistis inipun konon bertujuan untuk memanggil sesosok arwah hantu. Di berbagai negara, banyak permainan horor yang tidak boleh dimainkan, atau dapat mendatangkan nasib buruk bagi pemainnya. Sehingga, permainan menyeramkan ini disebut-sebut sebagai mainan kutukan. 

Salah satu permainan mistis pemanggil arwah yang sudah sangat terkenal di dunia, yaitu Ouija. Selain Ouija, ternyata masih banyak lagi permainan mistis lainnya dari berbagai negara. Bagi kamu yang menyukai sesuatu yang berbau mistis, kali ini BINUS TV akan merangkum beberapa permainan pemanggil arwah yang tak kalah menyeramkan dari Ouija, simak informasinya di bawah ini yuk, Smart Viewers!

1. Hitori Kakurenbo

Hitori Kakurenbo merupakan salah satu dari beberapa permainan mistis yang terkenal dari Jepang. Permainan ini sejenis permainan petak umpet, namun dilakukan bersama arwah hantu melalui perantara sebuah boneka. Hitori Kakurenbo biasanya dilakukan dengan mempersiapkan ruangan gelap tanpa cahaya sedikitpun, boneka, jarum jahit, benang merah, air garam, pisau, dan darah. 

Permainan dimulai dengan menusuk bagian tengah dada boneka dengan pisau yang kemudian dibuat robekan kecil untuk diberikan tetesan darah. Setelah itu, jahit atau ikatkan benang merah untuk mengeratkan bekas robekan yang terdapat tetesan darah didalamnya. Pemain juga diharuskan untuk membawa air garam selama permainan berlangsung. Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah jika terdapat suara-suara aneh selama permainan berlangsung, jangan teralihkan dan tetap fokus. Ketika situasi sudah aman, selesaikan permainan dengan mencari boneka, lalu semburkan air garam sambil mengatakan “Aku menang” sebanyak 3 kali,  dan potong benang merahnya. Konon, jika benang pada boneka lupa terpotong, arwah tersebut akan tetap hidup bersemayam dalam boneka dan mencari korban lainnya. 

2. The Closet Doors

Permainan ini dimainkan dengan cara yang cukup sederhana, hanya perlu membawa lilin dan korek. Kemudian para pemain bersembunyi di dalam sebuah lemari sambil mengucapkan “Show me the light or leave me in darkness”. 

Lilin digunakan ketika sudah terdengar suara atau bisikan-bisikan aneh. Nyalakan lilin dan keluar dari persembunyian, maka permainan berakhir dengan baik. Konon, apabila gagal dinyalakan dan fokus teralihkan dengan bisikan aneh, pemain tidak akan dapat kembali dan terbawa ke kegelapan yang abadi. Sehinggaseusai memainkan permainan ini, lemari itu sudah menjadi rumah bagi arwah hantu tersebut selamanya.

3. Light as a Feather, Stiff as a Board

Permainan ini dapat dimainkan dengan beberapa orang pemain dengan persiapan yang sangat mudah. Salah satu pemain hanya perlu berbaring diatas lantai, sedangkan pemain lainnya berada di sekelilingnya dengan menempelkan dua jari dibawah tubuh orang yang berbaring, kemudian mengatakan mantra “light as a feather, stiff as a board” secara berulang. Permainan dapat dikatakan berhasil apabila tubuh pemain melayang seperti bulu yang ringan. Permainan ini juga serupa dengan salah satu permainan mistis di Indonesia, yaitu “Bambu Gila”. Hanya saja, permainan “Bambu Gila” menggunakan bambu sebagai perantara dalam ritual pemanggilan arwah hantu. 

4. Midnight Man

Smart Viewers mungkin sudah tidak asing lagi dengan permainan yang satu ini. Dimasa kini, permainan ini sering disebut sebagai “Uji Nyali”. Namun sebenarnya, pada zaman dahulu, permainan ini dipercaya sebagai bentuk hukuman bagi siapapun yang tidak menaati peraturan agama.

Persiapan yang perlu dilakukan untuk memainkan Midnight Man adalah dengan memastikan kondisi rumah yang kosong dengan ruangan berpintu kayu, lilin besar, kertas dan alat tulis, korek api, garam, jarum, dan setetes darah. Dimasa kini, orang-orang bermain uji nyali di suatu tempat atau bangunan yang sudah lama tidak dihuni. Kemudian, pemain hanya boleh sendirian dalam rumah tersebut. Meskipun persiapannya cukup mudah, namun permainan ini menegangkan dan berbahaya, karena akan mengundang arwah hantu ke dalam rumah tersebut. Selain itu, pemain harus dapat bertahan sampai pukul 3:33 dini hari. 

5. Jailangkung

Jailangkung merupakan permainan mistis yang populer di Indonesia. Konon, asal-usul permainan ini berkaitan dengan ritual tradisional yang kini sudah punah. Persiapan yang perlu dilakukan dalam memainkannya terbilang cukup rumit. Diantaranya, pemain harus menyiapkan boneka kayu atau jerami dan tanah liat kuburan, serta semacam sesajen, seperti kembang tujuh rupa, kopi pahit dan manis, teh pahit dan manis, air putih, minyak misik, jafaron, rose, kembang staman, dupa, bukhur maghribi, menyan dan tujuh rupa jajanan pasar

Untuk mulai memainkannya, pemain harus berjumlah ganjil, kemudian salah satunya membaca mantra “Jailangkung, jailangset. Disini ada pesta, pesta kecil-kecilan. Jailangkung, jailangset. Datang tak dijemput, pulang tak diantar” berulang kali guna mengundang arwah hantu. Sedangkan pemain yang lainnya memegang erat boneka jailangkung agar pergerakan boneka lebih terkontrol. 

Smart Viewers, di Indonesia sendiri, Jailangkung masih sangat populer dengan identitasnya sebagai boneka pemanggil arwah terseram. Namun selain boneka Jailangkung, negara-negara lainnya rupanya memiliki berbagai jenis boneka menyeramkanyang serupa, seperti halnya boneka Annabelle. Annabelle sendiri merupakan boneka hantu yang dipercaya hidup karena adanya arwah hantu yang bersemayam didalamnya. Sehingga, boneka ini bisa bergerak dan berpindah tempat, bahkan bisa membahayakan nyawa seseorang. 

Jika kamu masih penasaran dan ingin mengetahui apa saja boneka hantu terseram lainnya selain Annabelle, serta kisah horor yang dimiliki boneka-boneka arwah tersebut,, kamu dapat menyaksikan program Dinas Malam dalam episode “2 Boneka Paling Kerasukan: Lebih Seram Okiku Atau Robert The Doll?” pada link dibawah ini.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi terkait hal-hal mistis lainnya, mulai dari tradisi dan budaya di Indonesia, kasus-kasus konspirasi, Paranormal Experience, serta misteri lain yang sedang menjadi perbincangan. Semuanya dapat disaksikan di program Dinas Malam yang tayang setiap hari Kamis, pukul 19.30 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita