Mengapa Seseorang Menyukai Konten Horor Meskipun Takut?

Pada umumnya, hal yang horror identik dengan hantu. Konten dan kisah horror dapat dengan mudah kita jumpai, mulai dari film, cerita yang berasal dari mulut ke mulut, sampai podcast. Meskipun menyeramkan, ternyata ypenggemar konten horror juga tidak sedikit loh jumlahnya! Berdasarkan data dari filmindonesia.or.id yang dikutip dari laman IDN TIMES, 5 film horror dari 10 film Indonesia pada tahun 2022 sukses menembus 1 juta penonton per-tanggal 18 September 2022, salah satunya yaitu “KKN Desa Penari” yang meraih sebanyak 9.233.847 penonton.

Tidak jarang, film-film horror yang laris manis dipasaran merupakan film yang diangkat dan diadaptasi dari kisah nyata. Sebagian dari kita tentu sudah akrab dengan berbagai mitos berbau mistis akan keberadaan sosok penunggu di suatu wilayah, salah satunya mitos legenda hantu gepeng. Dari berbagai cerita mistis yang masih ada dan terus berkembang hingga saat ini, apakah kamu tahu alasan mengapa kita senang mengonsumsi cerita horror meskipun merasa takut? Kali ini, BINUS TV akan menguak beberapa alasan mengapa seseorang menyukai konten horror walaupun merasa takut. Simak informasinya dibawah ini, yuk!

  1. Pengalaman Baru

Menurut Horror Scholar Mathias Clasen, film horror jadi cara kita untuk merasakan ancaman tanpa risiko. Meskipun secara sadar kita tahu hal yang kita dengarkan atau kita nikmati bukan sesuatu hal yang nyata, misalnya seperti film horror atau wahana rumah hantu yang sensasinya sengaja dibuat mencekam dan menegangkan, namun menikmatinya membuat kita mendapatkan pengalaman dalam merasakan sensasi menegangkan yang seolah kita menghadapinya secara nyata.

  1. Merasa Aman

Meskipun merasa takut, dilain sisi kita juga merasa aman saat dihadapkan dengan sesuatu yang menakutkan dan menegangkan. Hal demikian dapat terjadi atas pola pikir yang kita buat, karena hal horror dan mistis yang kita nikmati tidak sepenuhnya nyata sehingga kita cenderung berpikir bahwa hal itu tidak akan terjadi pada kita secara nyata.

Dengan menonton film atau konten horror lainnya, kita dapat memperkirakan apa yang mungkin terjadi di sekitar kita jika hal buruk itu menjadi kenyataan, misalnya dengan meyakinkan diri untuk dapat bertahan seandainya dihadapkan situasi yang sama seperti dalam film.

  1. Excitation Transfer Theory

Menurut Professor Dolf Zillmann dari Alabama University dalam teori transferceksitasi, terdapat kaitan antara konten horror dengan sisi psikologis manusia. Menurutnya konten horror yang tersedia dalam media dapat menstimulasi tingkat gairah psikologis, hal itu berarti kita sebagai penikmat konten horror dapat merasakan perasaan senang dan tegang yang berujung pada sensasi euforia yang tinggi.

  1. Mengatur Emosi

Alur cerita dalam konten horror biasanya penuh kejutan yang membuat penikmatnya merasa tegang dan takut, namun terdapat kepuasan tersendiri setelah merasakannya. Namun, hal yang dimaksud dalam mengatur emosi saat menonton film yaitu ketika kita memahami alur film horror dengan timing mengejutkan didalamnya, sehingga saat emosi yang kita rasakan seperti perasaan tegang dan takut menghampiri, kita dapat mengaturnya dengan lebih menyesuaikan diri.

  1. Rasa Penasaran

Salah satu alasan lain mengapa kita suka menonton film horor adalah karena kita memungkinkan bertemu dengan hal-hal tersembunyi di dalam diri kita. Dilansir dari laman Very Well Mind, dalam sebuah jurnal yang berjudul “Favorite Movie Monster and Their Psychological Appeal” menjelaskan bahwa, kesenangan terhadap film horror dapat memuaskan kita terhadap rasa keingintahuan yang besar tentang sisi gelap manusia. Karenanya,  film horror yang terkadang menceritakan kejadian yang aneh, gelap, dan berbeda dari kehidupan sehari-hari memiliki daya tarik tersendiri.

Dalam kenyataannya di kehidupan sehari-hari, kita sebagai penonton atau penikmat konten horror jarang dihadapkan dengan situasi yang mengancam atau sesuatu yang menyeramkan, seperti halnya hantu atau monster. Karenanya, secara tidak sadar kita merasa ingin mengetahui dan merasakan segala sensasinya meskipun menghadapinya melalui perantara konten horror dalam media atau suatu hal yang menyerupai kenyataan seperti wahana rumah hantu.

  1. Meringankan Stres

Meskipun mungkin film horror dapat membuatmu sulit tidur, namun sejumlah kisah penuh misteri yang membuat kita merasa tegang dan takut ini bermanfaat dalam meringankan stres loh, Smart Viewers! Menurut pendapat Mark Griffith selaku Professor Perilaku Kecanduan di Nottingham Trent University yang dikutip dari laman halodoc, mengatakan bahwa salah satu hal yang menyebabkan hal itu dapat terjadi yaitu karena menonton konten horror dapat menjadi cara untuk melepaskan emosi guna menenangkan hati saat sedang stres.

Nah Smart Viewers, dalam hidup di dunia ini kita tidak hanya berdampingan dengan segala makhluk yang bernyawa, tetapi juga hidup berdampingan dengan makhluk tak kasat mata lainnya. Di setiap tempat dan wilayah, tentu memiliki kisah mistisnya tersendiri, salah satunya adalah cerita mistis yang berasal dari pengalaman pribadi yang menegangkan seperti dalam episode Program Dinas Malam yang berjudul “Pengalaman Mistis Volume I: Teror Kontrakan Berhantu” pada link di bawah ini!

Jika kamu tertarik dengan informasi terkait hal-hal mistis lainnya, mulai dari tradisi dan budaya di Indonesia, kasus-kasus konspirasi, Paranormal Experience, serta misteri lain yang sedang menjadi perbincangan, kamu dapat menyaksikan program Dinas Malam yang tayang setiap hari Kamis, pukul 19.30 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita