5 Tips Mengenali Diri Sendiri untuk Menjalani Hidup yang Lebih Baik

Smart Viewers, apakah kamu sudah cukup mengenal dirimu sendiri? Bahkan, tak jarang seseorang justru lebih mengenal orang lain dan kesulitan mengenal dirinnya sendiri. Sulit atau kurangnya mengenal diri dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah self-awareness yang rendah. Self-awareness adalah kesadaran untuk memperhatikan setiap pola pikiran, perasaan, dan tindakan. Berdasarkan riset yang dilakukan Harvard Business Review, terdapat hanya 10-15 persen dari 50 responden yang benar-benar menerapkan self-awareness dalam kehidupannya. Dengan tingginya self-awareness, seseorang dapat mengenali dirinya dengan baik sehingga hal itu dapat mempengaruhi setiap keputusan yang dibuatnya.

Ternyata, fase dewasa menyimpan berbagai rintangan dengan permasalahan yang lebih kompleks. Sehingga selama perjalanan, tak jarang beberapa dari kita terlalu fokus dengan apa yang kita kerjakan dan apa yang ingin kita tuju. Namun, pernahkah kamu sejenak mengambil waktu untuk sekedar merenung untuk dapat mengenal dirimu lebih dalam? Smart Viewers, ternyata mengenal diri sendiri dapat dilakukan dengan cara yang mudah, loh! Simak tipsnya di bawah ini, yuk!

  1. Evaluasi Diri Melalui Orang Lain

Dalam hidup, kita sudah bertemu banyak orang dengan kepribadian yang beragam. Dari hal itu, kita dapat berkaca pada diri sendiri dengan menjadikannya sebagai bahan evaluasi diri. Contohnya, seperti ketika bertemu seseorang yang membuatmu kesal, kamu dapat berkaca dengan mempertanyakan dirimu “apakah saya juga seperti itu dimata orang lain?” karena nyatanya, dikutip dari laman Satu Persen, setiap orang cenderung memiliki sisi kepribadian yang kurang diminati.

  1. Pahami Kelebihan dan Kekurangan

Penting sekali untuk memahami hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita. Dengan mengetahuinya, kita dapat lebih mengetahui hal apa yang tepat untuk kita dan bagaimana cara mencapai suatu tujuan. Dengan memahami hal tersebut, kita juga menjadi lebih bersemangat dan mampu memotivasi diri untuk terus berkembang ke arah yang lebih baik.

  1. Mempelajari Skill Baru

Menentukan tujuan jangka pendek untuk dapat meningkatkan kualitas diri bermanfaat guna mengetahui ahli dan minat diri terhadap suatu bidang yang kita pelajari. Dengan mempelajarinya, tentu akan sangat membantu kita untuk lebih berkembang ke arah yang lebih baik. Sebaliknya, jika kita tidak keluar dari zona nyaman dan tetap berada di dalamnya, maka akan banyak sekali waktu yang terbuang percuma.

Mempelajari skill yang baru dapat dilakukan dengan berbagai cara loh, Smart Viewers! Salah satu cara yang mudah adalah dengan membaca buku-buku yang inspiratif, karena didalamnya tak jarang banyak ditemukan magical word yang mampu menggerakkan hati untuk membawa diri pada perubahan yang lebih baik.

  1. Mengenali Sisi Emosional Diri

Kesehatan mental menjadi isu yang banyak disoroti anak muda saat ini. Dikutip dari laman CNN Indonesia, hal itu dibuktikan dengan adanya riset yang dilakukan oleh British Council secara nasional dengan judul “Next Generation Indonesia”, hasilnya membuktikan sebanyak 48 persen dari 3.093 partisipan anak muda berusia 16 sampai 35 tahun di Indonesia, sebanyak 25 persen nya mengaku memiliki kekhawatiran terhadap isu kesehatan mental.

Isu kesehatan mental tapat terjadi pada siapapun tanpa mengenal umur, dikutip dari laman halodoc hal yang paling rentan dirasakan oleh anak muda adalah sulitnya mengenali emosi diri. Pada kenyataannya, setiap dari kita berhak untuk merasakan emosi yang hadir dalam diri serta memvalidasinya sebagai bentuk menghargai diri terhadap emosi yang dirasakan. Dengan mengenali berbagai emosi diri serta mengetahui cara mengatasinya akanu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dengan image yang positif.

  1. Bersikap Jujur Pada Diri Sendiri

Bukan hal yang salah apabila kita meminta feedback atau menanyakan bagaimana dan seperti apa diri kita berdasarkan sudut pandang orang lain. Berdasarkan teori Johari Window, mengungkap bagaimana seseorang bisa memahami dirinya melalui komunikasi terbuka untuk saling meningkatkan kesadaran dan pemahaman satu sama lain. Dari empat aspek didalamnya, salah satu yang memerlukan pendapat orang lain untuk dapat diketahui, yaitu aspek kesadaran blind spot. Disebut blind spot, karena orang lain dapat mengetahui hal-hal yang tidak kita ketahui dan merupakan hal yang wajar.

Kemudian setelah menerima feedback, selanjutnya adalah bersikap jujur pada diri sendiri juga diperlukan untuk merenung dan memvalidasinya. Hal ini bmenunjukkan bahwa kita mampu menerima berbagai perspektif yang membentuk diri, baik itu dari segi kepribadian, identitas, maupun keberadaan kita.

Melalui pembahasan kali ini, ternyata mengenali diri dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana ya, Smart Viewers! Selain dengan beberapa tips diatas, kamu juga dapat mengenali diri dengan cara yang santai namun menyenangkan, terlebih lagi jika dilakukan bersama dengan teman-teman. Selain dapat mengenal diri lebih dalam, kamu juga dapat lebih mempererat hubungan pertemanan mu, loh! Salah satu caranya adalah dengan bermain board game. Ingin tahu bagaimana keseruan dan cara memainkan nya? Kamu dapat menyaksikan program RELOAD: Games on Review dalam episode “Board Game KEPO, Bikin Kenal Diri Sendiri!” pada link di bawah ini!

Dapatkan juga info-info seputar PC Game, Mobile Game, dan hal-hal menarik lainnya, hanya di program BINUS TV RELOAD: Games On Review yang tayang setiap hari Jum’at pukul 19.00 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Erlingga Jelita