Lebih Mengenal Sindrom Kelelahan Kronis dan Cara Mengatasinya!

Smart Viewers, terkadang saat tubuh kita merasa lelah tidak jarang akan memberikan respon menguap sebagai pertanda tubuh yang lelah dan butuh beristirahat. Namun selain karna lelah setelah beraktivitas, terdapat sebab lain yang dapat membuat kita merasa ingin menguap secara terus menerus loh, Smart Viewers! Salah satu sebabnya adalah Sindrom kelelahan kronis.

Sindrom kelelahan kronis atau dikenal juga Chronic Fatigue Syndrome (CFS) adalah suatu kondisi medis dimana seseorang cenderung merasakan lelah yang dapat dikatakan ekstrem dan tak kunjung hilang meskipun sudah banyak tidur. Sindrom ini dapat mengurangi kualitas hidup penderita nya, sehingga tidak bertenaga dalam beraktivitas karena keluhan lelah yang dirasanya secara terus menerus.

Dikutip dari laman Alodokter, salah satu hal yang berpotensi sebagai faktor dari timbulnya sindrom ini yaitu adanya stress berlebihan. Sedangkan gejala lain yang terasa selain rasa lelah yang esktrem juga akan terasa nyeri otot sendi, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, bahkan mengalami gangguan tidur lainnya seperti sering terbangun saat tidur atau kesulitan tidur.

Karena kondisinya yang ekstrem, diketahui belum ditemukan pengobatan yang sepenuhnya efektif untuk menyembuhkan sindrom kelelahan kronis. Pada pembahasan kali ini, BINUS TV sudah merangkum bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk dapat menurunkan risiko sindrom kelelahan kronis. Simak informasinya di bawah ini yuk, Smart Viewers!

  1. Mengatur Kegiatan

Apabila kamu tidak memiliki gejala dari yang ditunjukkan, mungkin saja kamu hanya sekedar merasakan lelah seperti pada umumnya. Rasa lelah yang kamu rasakan dapat diatasi dengan mengatur kegiatan harian dan menetapkan batasan waktu agar tidak terforsir, sehingga tubuh dapat memiliki porsi yang sesuai untuk beristirahat.

  1. Tidur Cukup

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, sindrom kelelahan kronis juga memungkinkan dapat merasakan kesulitan tidur. Kesulitan tidur biasanya terjadi karena otak kita masih bekerja dan berpikir, sehingga memungkinkan bagi penderita kesulitan tidur karena memikirkan banyak hal yang masih berkaitan dengan pemicu timbulnya sindrom ini. Dikutip dari laman CNN, terdapat salah satu cara yang dapat kamu coba untuk dapat tidur dengan cepat dan nyaman yaitu dengan teknik ala militer. Cara ini berguna dalam membantu kamu yang sulit tidur karena masih banyak pikiran loh, Smart Viewers!

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu rilekskan seluruh wajah, turunkan bahu untuk melepaskan ketegangan, posisikan tangan di samping tubuh, selanjutnya atur pernapasan dan rilekskan setiap anggota tubuh, kemudian kosongkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan atau membuatmu tenang.

  1. Mengonsumsi Obat-obatan

Jika kamu merasa harus mendapatkan pertolongan dengan segera, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter yang ahli dibidangnya yang didasari pada pemicu terjadinya sindrom kelelahan kronis yang kamu rasakan. Kamu dapat mencoba mengunjungi dokter. Kemudian jika salah satu gejala yang kamu rasakan adalah nyeri otot atau sakit kepala, maka dokter akan meresepkan mu obat.

Selanjutnya, jika pemicu terjadinya sindrom dikarenakan depresi, maka kamu dapat melanjutkan perawatan yang lebih fokus pada permasalahanmu, seperti dengan mendatangi psikolog atau psikiater yang dilanjutkan dengan pemberian obat sesuai dengan apa yang kamu rasakan. Selanjutnya, kamu akan diarahkan oleh ahli untuk melakukan psikoterapi untuk dapat membantumu kembali beraktivitas normal.

Ternyata, menguap tidak hanya sekedar pertanda tubuh mengalami ngantuk saja,  namun pertanda tubuh mengaami kelelahan ya, Smart Viewers! Ternyata, lelahpun terdapat banyak jenisnya, mulai dari lelah biasa, lelah yang ekstrem ditandai dengan adanya sindrom kelelahan kronis, dan ada juga sebagian dari kita yang merasa sulit untuk tidur.

Selain sindrom kelelahan kronis, terdapat juga beberapa sebab lain yang menjawab pertanyaan mengapa manusia menguap. Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut apa saja penyebabnya, kamu bisa menyaksikan program BINUS TV bertajuk W.O.W (Worthy Obvious Wonder) dalam episode “Mengapa Manusia Menguap?” pada link di bawah ini.

Dapatkan juga info-info menarik lainnya mengenai fenomena, peristiwa, dan hal-hal unik lainnya hanya di W.O.W (Worthy Obvious Wonder) yang tayang setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB di YouTube Channel BINUS TV.

Erlingga Jelita