Mengulik Mitos dan Fakta Seputar Hal-Hal Mistis di Indonesia

Sebagai negara yang memiliki beragam budaya dan adat istiadat, menjadikan masyarakat Indonesia snsudah tak asing lagi dengan berbagai petuah-petuah ataupun mitos-mitos yang sudah ada sejak turun temurun dari berbagai daerah. Meskipun zaman sudah maju dengan segala kecanggihannya, kita masih mendengar mitos-mitos yang dapat membuat bulu kuduk merinding, salah satu yang terbilang cukup populer adalah larangan untuk tidak menggunting kuku di malam hari.

Smart Viewers, ternyata jika ditelusuri lebih jauh, masih banyak loh hal-hal mistis yang dipertanyakan kebenarannya. Pada pembahasan kali ini, BINUS TV akan mengajak kamu untuk menelusuri hal-hal mistis yang selama ini beredar di sekeliling kita Simak informasinya dibawah ini, yuk!

  1. Bersiul di Malam Hari

Konon katanya jika bersiul dilakukan pada malam hari, hal itu dapat mengundang makhluk halus hingga dapat menyebabkan gangguan mistis. Faktanya, dikutip dari laman kumparan pada zaman dahulu pemukiman warga masih sepi dan belum seramai saat ini, karenanya larangan ini berkembang menjadi mitos untuk mencegah seseorang mengganggu tetangga yang sedang beristirahat saat malam hari.

  1. Keluar Saat Waktu Maghrib

Sebagian dari kita mungkin sudah akrab dengan mitos yang mengatakan bahwa jika seseorang keluar pada waktu maghrib akan berbahaya, karena dapat diculik wewegombel. Peralihan waktu dari siang ke malam membuat maghrib memiliki mitos lainnya yang juga cukup familiar selain pantangan untuk keluar pada waktu maghrib. Pantangan lainnya yaitu dilarang tidur menjelang waktu maghrib karena waktu tersebut dipercayai sebagai waktu peralihan bagi makhluk halus untuk berkegiatan.

Faktanya, dikutip dari laman sonora.id larangan keluar saat waktu maghrib pada zaman dahulu memiliki pesan yang baik loh, Smart Viewers! Hal itu disebabkan karena minimnya penerangan pada zaman dahulu, sehingga seringkali orangtua memberikan larangan tersebut agar tidak lagi keluar selepas waktu maghrib karena berbahaya, sebab hari sudah gelap. Lainhalnya dengan larangan tidur menjelang waktu maghrib, hal itu tidak diperbolehkan sebab dapat mengganggu kesehatan fisik serta psikologi tubuh, maka tak jarang jika saat terbangun kita akan merasa seperti kebingungan dan linglung.

  1. Ibu Hamil Wajib Membawa Gunting

Menurut kepercayaan zaman dahulu, wanita hamil dipercaya memiliki aroma harum yang disenangi makhluk halus, karenanya pada zaman itu gunting dipercaya dapat menolak bala untuk melindungi diri dan bayi dalam kandungan dari gangguan jin. Sebab, konon jin dan makhluk halus serupanya suka mengganggu ibu hamil.

Faktanya, dikutip dari mayo clinic melalui laman NakitaID hal tersebut tidak memberikan efek apapun pada kehamilan, dan hanya sekedar mitos yang telah lama dipercayai masyarakat umum. Sementara dari sisi medis, berdasarkan kutipan dari laman cermati menjelaskan bahwa, baiknya sang ibu memperhatikan kegiatan harian agar tidak mudah lelah dan stress demi menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan juga sang anak, serta mengonsumsi buah dan sayuran untuk melengkapi nutrisi yang diperlukan selama masa kehamilan.

  1. Mendengar Suara Ayam Berkokok saat Tengah Malam

Mitos selanjutnya yang cukup populer adalah, jika seseorang mendengar suara ayam berkokok pada malam hari, hal itu pertanda hadirnya sesosok makhluk halus di sekitar rumah orng tersebut. Faktanya, hal itu dapat dijelaskan secara ilmiah loh, Smart Viewers! Dikutip dari laman Tribun Bali hal tersebut memiliki keterkaitan dengan ramalan cuaca untuk hari yang akan datang.

Secara ilmiahnya, ayam dapat berkokok di malam hari karena dipengaruhi hormon reproduksi bernama “mon kadi,” yang sangat peka dengan perubahan cuaca. Letaknya berada persis di belakang mata dalam rongga kepala, maka jika kelenjar mon kadi merasakan ada perubahan cuaca dari dingin ke hangat, birahi sang ayam akan bangkit dan berkokok sebagai repon alami. Dikutip kembali dari laman Tribun Bali, bahwa dikatakan oleh ilmuwan bahwa hal itu menandakan keesokan hari cuaca akan cerah.

  1. Pohon Bambu adalah Rumah bagi Hantu

Rimbunnya pohon membuat siapapun yang berteduh dibawahnya merasakan semilir angin sepoi-sepoi yang sejuk, namun akan berbeda halnya dengan pohon bambu. Pohon bambu dipercayai sebagai suatu hal yang terkait dengan unsur mistis, sebab memiliki hawa yang sejuk dan dingin. Oleh sebab itu, konon pohon bambu dipercaya sebagai rumah bagi para hantu.

Dijelaskan langsung oleh Monica Tanuhandaru selaku Founder Yayasan Bambu Lestari dalam laman viva, bahwa menurutnya hawa dingin yang dimiliki pohon bambu disebabkan karena bambu termasuk sebagai tumbuhan yang dapat menyerap dan menyimpan air, sehingga memiliki kelembaban yang tinggi. Bahkan diketahui, satu rumpun bambu dapat menyimpan sekitar 5000 liter air.

Kesimpulannya, meskipun banyak berbagai mitos yang tersebar di Indonesia, semuanya kembali kepada kepercayaan masing-masing masyarakat untuk mempercayai atau tidak terhadap mitos-mitos tersebut. Namun, tidak ada salahnya jika kita lebih mengawas diri agar dapat terlindung dari hal-hal yang kurang baik.

Nah, itu dia beberapa mitos yang masih erat kaitannya dengan hal-hal mistis dan masih terdengar eksistensinya sampai saat ini. Jika kamu masih penasaran dan ingin mengetahui mitos ataupun fakta seputar hal-hal mistis lainnya, kamu dapat menyaksikan program Dinas Malam dalam episode “Bahasan Ilmiah Mitos Suara Kuntilanak“pada link di bawah ini.

Jika kamu tertarik dengan informasi lainnya terkait hal-hal mistis lainnya terkait dengan tradisi dan budaya di Indonesia, atau kasus-kasus konspirasi dan misteri lain yang sedang menjadi perbincangan, kamu bisa menyaksikan program Dinas Malam yang tayang setiap hari Kamis, pukul 19.30 WIB, hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita