Serba Serbi Minuman Menyegarkan di Dunia

Smart Viewers, teriknya matahari dan hawa yang panas tak jarang membuat kita ingin menikmati minuman yang menyegarkan, ya! Di Indonesia, negara yang sudah diakui oleh dunia dengan kekayaan kulinernya. Berbagai jenis makanan, tak terkecuali beragam pilihan minuman yang menyegarkan seperti es cendol, es buah, es teler, sop buah, serta bermacam-macam varian minuman es lainnya yang khas dengan daerah-daerah di Indonesia. Salah satu minuman yang cukup terkenal dengan kelezatannya adalah es selendang mayang khas Betawi yang kini sudah jarang ditemui.

Selain beragam varian minuman menyegarkan khas Indonesia, ternyata negara lain di belahan dunia juga memiliki varian minuman khasnya loh, Smart Viewers! Karenanya, kali ini BINUS TV akan mengajak kamu keliling dunia untuk mengetahui beberapa minuman khas dunia yang menyegarkan. Simak informasinya dibawah ini, ya!

  1. Shikuwasa Juice (Jepang)
Shikuwasa | Foodie, Food, Okinawa japan
Sumber Foto: Pinterest

Shikuwasa merupakan minuman yang segar dan bermanfaat bagi kesehatan. Minuman ini serupa dengan jus jeruk pada umumnya. Namun, jenis jeruk bernama Shikuwasa hanya tumbuh di Kepulauan Okinawa, Jepang. Oleh sebab itu, shikuwasa mudah sekali ditemukan di daerah asalnya bahkan di supermarket sekalipun.

Shikuwasa sendiri memiliki rasa yang menyegarkan seperti rasa asam pada buah lemon. Shikuwasa tidak hanya dikonsumsi sebagai minuman saja, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Manfaat lain yang dimilikinya yaitu sebagai alternatif pengobatan herbal dalam menurunkan resiko alzheimer dan diabetes.

  1. Chocolate Milkshake (Amerika Serikat)
Chocolate Malted Milkshake - Cookidoo® – platform resep resmi Thermomix®
Sumber Foto: Cookidoo

Milkshake memang merupakan minuman yang umum dikonsumsi oleh sebagian orang di belahan dunia manapun. Cita rasanya yang manis dan dingin, membuatnya segar dan dapat dinikmati kapanpun. Namun, ternyata masih banyak yang belum tahu jika milkshake merupakan minuman khas negara Amerika Serikat loh, Smart Viewers!

Milkshake yang memiliki cita rasa malt sudah dikenal sejak abad 20 di Chicago, dibuat untuk mengemas ice cream dengan lebih praktis tanpa menggunakan cone. Seiring perjalanan waktu, milkshakepun mengalami modifikasi. Modifikasi terpopuler yang dapat di terima oleh masyarakat umum adalah di Amerika, yaitu milkshake buatan Ivan Coulson yang berawal dari eksperimen mencampurkan susu dan eskrim yang dikocok. Sejak saat setelah itu, milkshake berkembang dan memiliki cita rasa yang beragam, seperti coklat, strawberry, dan lainnya. Bahkan, di setiap negara bagian Amerika memiliki ciri khas Milkshakenya masing-masing.

  1. Mango Lassi (India)
Resep Mango Lassi, Minuman Mangga Segar dari India
Sumber Foto: Kompas.com

Minuman asal India ini menjadi salah satu minuman dengan bahan baku yang unik loh, Smart Viewers! Bisa dibilang, mango lassi seperti minuman modifikasi yang merupakan campuran dari milkshake dan jamu, sebab terdapat kandungan rempah-rempahan didalamnya.

Perbedaannya, minuman ini menggunakan yoghurt sebagai bahan utama yang dihaluskan bersama air, es, merica, garam, dan rempah-rempah, dan kemudian disajikan dengan potongan buah mangga dan topping pistachio.  Dalam pembuatannya, minuman ini tidak memerlukan gula karena sudah memiliki rasa manis yang khas dari buah manga, sehingga mango lassi memiliki cita rasa kompleks yang berasal dari bahan baku pembuatannya.

  1. Ximilu (Hongkong)
Resep Es Buah Ximilu ala Hongkong - Lifestyle Fimela.com
Sumber Foto: Fimela

Sajian es yang menyegarkan ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya, Smart Viewers. Selain sago mango yang sempat viral sebelumnya, ximilu juga sedang menjadi perhatian para penikmat kuliner. Hal itu disebabkan karena sajiannya yang menyerupai sop buah yang ada di Indonesia.

Serupa tapi tak sama, ximilu memiliki perbedaan yang terletak pada kuah dan buah yang dipakainya. Sop buah dibuat dengan campuran buah apel, pir, semangka, anggur, melon, kolang-kaling, buah naga, dan jeruk yang dicampur dengan kuah manis dari campuran susu kental manis dan sirup. Sedangkan, kuah ximilu dibuat dengan creamer tanpa campuran susu kental manis. Kemudian, dalam minuman ximilu terdapat buah yang beragam seperti semangka, mangga, melon, anggur hitam, alpukat, jambu manis, dan biji selasih.

  1. Es Teler, Indonesia
Resep Es Teler Durian Segar - Food Fimela.com
Sumber Foto: Fimela

Serupa dengan ragam minuman es lainnya di Indonesia, seperti sop buah, es doger, es podeng, dan es lainnya, es teler ini disajikan dengan porsi besar dengan es serut yang memuncak tinggi. Es teler diisi dengan berbagai irisan buah, seperti alpukat, kelapa muda, cincau, nangka, dan kemudian disiram dengan kuah susu bercampur susu kental manis.

Minuman khas Indonesia ini memiliki sejarah unik dibalik terciptanya nama Es Teler loh, Smart Viewers! Pada mulanya, minuman ini bernama  “Es Goyang Lidah” yang dijual oleh pedagang kaki lima Jakarta, pak Tukiman. Kemudian, seorang pembeli yang membeli es tersebut merasa puas dan mengaku teler setelah meminumnya. Alhasil, Pak Tukimanpun mengubah nama “Es Goyang Lidah” menjadi “Es Teler” karena terinspirasi dengan pembeli tersebut.

Smart Viewers, pembahasan mengenai minuman segar khas negara-negara di dunia kali ini cukup menggugah selera, ya! Tapi, kamu tidak perlu risau, karena kamu dapat dengan mudah membuat minuman segar diatas, loh! Salah satu minuman segar yang dapat dengan mudah dibuat di rumah adalah es teler. Meskipun tidak memiliki alat untuk membuat es serut, kamu tetap dapat membuat es teler dengan bahan baku yang mudah. Untuk itu, kamu bisa menyaksikan program BINUS TV bertajuk WEEKEND DISH episode “Es Teler Simpel Tanpa Serutan” pada link di bawah ini!

Temukan juga berbagai inspirasi resep olahan makanan lainnya di WEEKEND DISH yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita