Perilaku Konsumtif ini Pertanda Kamu Harus Menerapkan Hidup Minimalis

Smart Viewers, jika mendengar kata minimalist tentu yang terlintas dalam pikiran kita adalah sesuatu hal yang sederhana dan simple. Minimalist lifestyle merupakan gaya hidup sederhana yang mengharuskan seseorang untuk keluar dari zona nyamannya. Dengan menerapkan minimalist lifestyle, kita akan memiliki beberapa manfaat yang salah satunya kita dapat menyimpan lebih banyak uang dan memiliki pegangan dana darurat.

Sejalan dengan adanya gaya hidup minimalis yang sederhana, terdapat juga gaya hidup konsumtif yang termasuk sebagai perilaku boros atau berlebihan yang dilakukan oleh konsumen, dimana ia lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan tanpa adanya urgensi. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rossanty dan Nasution yang berjudul Consumer Behaviour in Era Millenial, diungkapkan bahwa tanda-tanda perilaku konsumtif bisa timbul jika seorang individu mulai membeli barang-barang tertentu hanya demi membentuk image dan mengikuti suatu gaya hidup.

Smart Viewers, guna terhindar dari kebiasaan boros karena gaya hidup konsumtif, kali ini BINUS TV akan membahas seperti apa perilaku yang bisa disebut sebagai gaya hidup konsumtif. Simak informasinya dibawah ini, ya!

  1. Gengsi Yang Tinggi

Gengsi merupakan salah satu faktor penyebab terbentuknya gaya hidup yang konsumtif dalam diri seseorang. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang ini, seseorang cenderung mengutamakan apa yang diinginkannya tanpa berpikir panjang. Hal itu didorong oleh faktor media sosial sehingga kini sudah tidak asing bagi kita jika mendengar kata flexing.

Secara sederhana, flexing sendiri dapat diartikan sebagai perilaku seseorang yang memamerkan kekayaan atau kemewahan yang dimilikinya kepada orang-orang di sekitarnya. Dalam hal ini, media sosial lah yang menjadi tempat atau ajang memamerkan kekayaan.

  1. FOMO

Fear of Missing Out merupakan sebuah perasaan takut ketinggalan sesuatu hal yg ramai dan sedang terjadi (trend).  Dimasa kini, menjadi yang paling up to date terhadap segala hal membuat kita dapat memiliki pandangan sebagai seorang yang trendy dan tidak ketinggalan zaman, walau terkadang sebenarnya FOMO dapat membawa kita ikut terbawa pada trend yang kurang bermanfaat. Trend tetap dapat diikuti selama berada dalam kontrol yang tepat, sehingga hal itu bisa menjadi suatu hal yang positif.

  1. Gaya Hidup Serba Mewah

Gaya hidup konsumtif seringkali muncul karena adanya keinginan untuk hidup serba mewah, terlebih lagi jika hal itu dilakukan secara berlebihan. Ciri ini merupakan ciri umum yang paling mencolok. Karena dalam kesehariannya, seseorang tersebut cenderung berperilaku boros dalam menggunakan uang atau hal ini juga didorong karena seseorang tersebut berada dalam lingkungan atau pekerjaan yang menuntutnya untuk bergaya hidup mewah. Namun, apabila kamu dapat bersikap bijak, maka membeli sesuatu yang mewah bukanlah hal yang salah apabila kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

  1. Memberi Produk Karena Iklan

Marketing merupakan jurus terjitu bagi sebuah brand dalam memasarkan produknya. Namun sebagai pelanggan atau konsumen, perlu bagi kita untuk menjadi smart buyer dengan lebih bijak memikirkan terlebih dahulu sebelum membeli barang, terlebih jika iklan yang di dalamnya membuat tentang promo atau diskon yang menarik.

  1. Membeli Produk untuk Status Sosial

Orang yang memiliki ciri perilaku gaya hidup konsumtif biasanya cenderung senang menerima pujian dan akan merasa lebih senang lagi jika dikagumi karena image yang selama ini ditampilkannya. Terkadang seseorang dengan sengaja membeli suatu produk dengan menggunakan berbagai cara hanya untuk sebuah status. Dalam beberapa kasus ditemukan seseorang menjadi lebih picky dalam bersosialisasi. Seseorang tersebut biasanya lebih mementingkan dipandangsebagai sosok yang “elit”, padahal memiliki ekonomi yang sulit.

Smart Viewers, itulah tadi beberapa sikap yang termasuk kedalam kategori gaya hidup konsumtif. Perilaku konsumtif tentunya dapat dihindari atau diminimalisir, salah satunya dengan menerapkan gaya hidup minimalis lho, Smart Viewers! Untuk mengetahui lebih dalam seperti apa dan bagaimana cara memulainya, kamu dapat menyaksikan program BINUS TV bertajuk W.O.W (Worthy Obvious Wonder) episode “Minimalist Lifestyle, Buat Keuangan Jadi Santun ?” pada link dibawah ini!

Jika kamu tertarik dengan informasi mengenai fenomena, peristiwa, dan hal unik lain di dunia ini, kamu bisa menyaksikan program W.O.W (Worthy Obvious Wonder) yang dapat kamu saksikan episode barunya setiap hari Selasa, pukul 14.00 WIB!

Erlingga Jelita