5 Rekomendasi Film Anime Terbaik Netflix Versi BINUS TV!

Penggemar budaya Jepang atau yang akrab kita kenal “wibu” tentunya sudah tidak asing lagi dengan anime dan ragam budaya Jepang lainnya. Di Indonesia Indonesia sendiri, anime memiliki cukup banyak penggemar, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Salah anime yang terkenal dan banyak penggemar di dunia yaitu “My Neighbor Totoro”. Anime tersebut merupakan anime yang di produksi oleh salah satu studio animasi terbesar di Jepang,  yaitu Studio Ghibli.

Di era digital seperti sekarang ini, film dapat dinikmati secara bebas melalui media streaming platform. Beberapa diantara banyaknya media streaming platform yang digunakan di Indonesia, salah satu yang ternama yaitu Netflix. Bahkan dengan hadirnya platform tersebut, membuat banyak media produksi seperti studio Ghibli bekerja sama dan menayangkan film produksinya secara original di Netflix. Berikut ini, BINUS TV akan memberikan beberapa referensi anime untuk dapat mengisi waktu luangmu. Simak informasinya dibawah ini, yuk!

  1. A Whisker Away

Film animasi ini memiliki judul asli dalam Bahasa Jepang yaitu “Nakitai Watashi Wa Neko Wo Kaburu” yang kemudian rilis di Netflix pada tanggal 18 Juni 2020 dengan judul “A Whisker Away”. Film animasi original Netflix Jepang ini bercerita tentang seorang gadis yang mampu berubah menjadi seekor kucing dan ingin meninggalkan realita kehidupan manusia yang serba sulit.

Didalamnya, juga menceritakan perjalanan kisah cinta antara gadis SMA bernama Miyo Sasaki yang jatuh cinta kepada seorang siswa bernama Kento Henode. Awal mulanya, Miyo menemukan topeng ajaib yang dapat mengubahnya menjadi kucing. Hal itu pun dimanfaatkannya untuk lebih dekat dengan Kento, karena Kento merupakan sosok laki-laki yang dingin dan tidak peduli dengan semua usaha yang dilakukan Miyo Sasaki.

Sampai pada akhirnya, Miyo tidak ingin kembali menjadi manusia, hingga Kento mulai meyadari bahwa kucing tersebut adalah Miyo. Lalu, apakah Kento mulai tertarik dengan Miyo dan dapat merubahnya kembali menjadi manusia? Saksikan selengkapnya di Netflix.

  1. Words Bubble Pop Like Soda Pop

Film anime yang satu ini merupakan kisah sederhana dengan genre romantis yang manis karya sutradara sekaligus penulis Kyohei Ishiguro. “Words Bubble Pop Like Soda Pop” berkisah tentang pencarian kepercayaan diri dua tokoh utamanya, yaitu Smile dan Cherry. Keduanya memiliki kesamaan yang sama-sama sering merasa insecure dengan penampilan dan sifat mereka. Melalui kesamaan tersebut, akhirnya perjalanan cinta kedua anak remaja sebagai tokoh utama dalam film inipun dimulai.

Meskipun film ini mrupakan anime yang sederhana, namun “Words Bubble Pop Like Soda Pop” meninggalkan kesannya tersendiri. Sebab, didalamnya mengulas kisah yang cukup relatable dengan kehidupan kita sehari-hari, khususnya dalam melawan ketidakpercayaan diri. Sehingga dengan itu kita dapat belajar bagaimana cara untuk dapat menerima kekurangan diri. Film ini sudah tersedia dan dapat disaksikan sejak 22 Juli 2021 di Netflix.

  1. Josee, The Tiger and The Fish

Josee, The Tiger and The Fishmerupakan film adaptasi novel berjudul serupa karya Seiko Tanabe yang kemudian resmi dirilis pada 25 Desember 2020. Film ini juga bergenre romantis, yang mengisahkan kisah cinta antara seorang gadis difabel bernama Josee dengan seorang mahasiswa bernama Tsuneo yang mulanya bertemu secara kebetulan yang kemudian bekerja dengan nenek Josee untuk membantunya menjaga Josee.

Selain menggambarkan kisah romantis antara kedua tokoh utama, film ini juga mengajak kita untuk dapat lebih memahami proses mewujudkan cita-cita. Meskipun terbatas melakukan sesuatu karena kekurangan yang dimilikinya, Josee tidak putus asa dan mencari cara untuk dapat menggapai mimpinya. Jika kamu penasaran dengan kelanjutan perjalanan kisah Josee dan Tsuneo, kamu dapat menyaksikannya di Netflix.

  1. Flavour of Youth

Film produksi CoMix Wave Films dan Haoliners ini, berjudul asli dengan Bahasa Jepang “Shikioriori” dan kemudian dirilis secara global melalui Netflix dengan judul “Flavour of Youth”. Film yang bergenre anthology ini terdiri dari tiga film pendek berjudul “Hidamari no Choshoku”, “Chiisana Fashion Show”, dan “Shanghai Koi”. Ketiganya mengisahkan 3 pemuda yang pergi untuk menebus dan memperbaiki kesalahannya dimasa lalu dengan latar belakang yang berbeda-beda disetiap karakternya. Tentunya, kamu juga dapat menyaksikan kelengkapan cerita dan perjuangan dalam film “Flavour of Youth”, hanya di Netflix.

  1. Child of Kamiari Month

Dalam Bahasa Jepang, film ini dikenal dengan nama “Kamiarizuki no Kodomo”, yang diproduksi oleh Liden Films dan disutradarai oleh Takana Shirai. Film ini mengisahkan seorang gadis keturunan Dewa bernama Kanna Hayama yang kehilangan ibunya. Kemudian, ia memiliki tugas semacam misi untuk mengirimkan persembahan dari seluruh Jepang ke pertemuan para Dewa di Izumo dengan harapan bisa bertemu ibunya.

Meskipun film ini menceritakan cerita sedih dari seorang gadis yang kehilangan ibunya, namun film ini juga dilengkapi dengan sedikit humor ringan yang menyenangkan sehingga tidak membosankan. Jika kamu penasaran bagaimana perjuangan Kanna dalam menyelesaikan misinya untuk bertemu Ibunya, kamu dapat menyaksikan kisah selengkapnya di Netflix.

Nah Smart Viewers, itulah tadi beberapa rekomendasi film anime dari BINUS TV yang dapat kamu nikmati di Netflix untuk mengisi waktu luangmu. Selain itu, jika kamu wibu newbie  yang tertarik mengetahui tentang hal-hal yang berkaitan dengan Jepang, kamu dapat mencari tahu dengan menikmati keseruan kuis seputar anime dan cosplayer dalam program RELOAD: Games On Review dalam episode “101 Questions With Cosplayer & Wibu” pada link di bawah ini!

Dapatkan juga info-info seputar PC Game, Mobile Game, dan hal-hal menarik lainnya, hanya di program BINUS TV RELOAD: Games On Review yang tayang setiap hari Jum’at pukul 19.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV.

Erlingga Jelita