Serupa Tapi Tak Sama, Apa Saja Perbedaan Kimbab dan Sushi?

Annyeong Smart Viewers! Dimasa kini rasanya kita sudah tidak asing lagi dengan segala hal yang berbau Korea, ya! Korean wave yang kini mewabah dapat membuat siapapun ingin tahu dan mempelajari budaya Korea, mulai dari bahasa, gaya hidup, mode fashion, make-up, selera musik, termasuk makanan khas Korea.

Bicara tentang makanan khas Korea, seringkali kita melihat scenes dalam serial atau film Korea yang memperlihatkan ragam jenis makanan Korea. Salah satu makanan khas Koreayang terkenal yaitu kimbab. Kimbab sendiri merupakan makanan yang serupa dengan sushi.Meski memiliki bentuk yang serupa, namun sushi dan kimbab memiliki perbedaan loh, Smart Viewers! Yuk, sama-sama ketahui apa saja perbedaan nya pada artikel di bawah ini!

  1. Nasi yang digunakan

Walaupun berasal dari negara yang berbeda, kimbab dan sushi memiliki satu kesamaan, yaitu nasi gulung nori. Meski demikian, keduanya tetap memiliki perbedaan pada penggunaan nasinya. Sushi umumnya hanya menggunakan nasi putih biasa, sedangkan kimbab lebih bervariasi dengan menggunakan nasi putih, nasi merah atau quinoa.

  1. Bumbu

Dalam pembuatan kimbab dan sushi, keduanya memiliki bumbu tambahan yang dicampur bersama nasi. Dalam pembuatan kimbab, untuk menguatkan rasa dan aromanya, nasi dicampur dengan tambahan kecap asin dan minyak wijen. Sedangkan dalam pembuatan sushi, nasi biasanya diberi tambahan cuka beras, garam, dan sedikit gula untuk menciptakan rasa yang kompleks.

  1. Isian

Kemudian, perbedaan yang menonjol terdapat pada bahan isian. Biasanya, sushi disajikan dengan isian ikan mentah segar seperti salmon dan tuna. Namun seiring perkembangan zaman, kini isiannya semakin bervariasi dengan mengikuti selera dan cita rasa masyarakat modern. Sedangkan kimbab, umumnya memiliki isian yang matang seperti bulgogi, sayuran rebus, telur dadar, acar lobak, dan kimchi.

  1. Variasi

Dari segi penampilan, sushi memiliki bentuk variasi yang lebih beragam dibandingkan dengan kimbab. Sushi memiliki beragam variasi mulai dari nigiri, maki rolls, gunkan sushi, dan sashimi. Selain itu, bahan yang digunakan pun beragam mulai dari berbagai jenis daging ikan segar, daging mentah, sayuran, hingga buah-buahan. Berbeda dengan kimbab yang hanya menggunakan beragam nasi dan hanya dibuat dengan satu bentuk variasi saja.

  1. Bentuk, Rasa, dan Tekstur

Umumnya, sushi memiliki bentuk yang lebih kecil dan lebar dengan ukuran sekitar 2 sampai 3 centimeter. Sedangkan kimbab memiliki potongan yang lebih tipis dengan ukuran sekitar 1 sampai 2 centimeter.

Dari segi rasa dan tekstur, sushi cenderung memiliki rasa yang asin dan sedikit manis, serta memiliki tekstur yang lebih lunak dibandingkan dengan kimbab. Sementara itu, kimbab memiliki tekstur yang lembut dan renyah, karena didalamnya terdapat beberapa macam isian sayuran. Selain itu, kimbab umumnya memiliki cita rasa asam dan manis dari kimchi dan bulgogi.

  1. Bumbu Pelengkap

Umumnya ketika menyantap sushi, terdapat bumbu pelengkap seperti wasabi agar sushi tetap aman dan nikmat dikonsumsi, karena wasabi berguna untuk membunuh parasit yang mungkin terdapat pada daging ikan segar. Terdapat juga bumbu pelengkap lainnya seperti acar jahe yang digunakan untuk menetralisir rasa setiap selesai menyantap tipe ikan yang berbeda. Sementara itu, bumbu pelengkap lainnya dari sushi yang juga serupa dan umum digunakan sebagai bumbu pelengkap ketika menyantap kimbab adalah kecap asin.

Nah Smart Viewers, itulah tadi perbedaan antara kimbab dan sushi. Setelah membahas ini, pasti Smart Viewers langsung ingin menyantap kimbab atau sushi. Kedua makanan lezat tersebut memang mudah didapatkan di restauran atau tempat-tempat makan. Namun, makanan ini ternyata mudah loh jika dibuat di rumah.

Untuk mengetahui resep dan cara membuatnya, kamu dapat menyaksikan program BINUS TV bertajuk WEEKEND DISH episode “Resep Kimbab Nasi Gulung Ala Korea” pada link di bawah ini!

Temukan berbagai inspirasi resep olahan makanan lainnya di WEEKEND DISH yang tayang setiap hari Sabtu, pukul 10.00 WIB hanya di YouTube Channel BINUS TV!

Erlingga Jelita